Digital English-mediated Instruction: Kajian Reflektif Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Virtual bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Mozes Kurniawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5496

Keywords:

bahasa inggris virtual, digital, kosa kata, rencana pembelajaran, anak usia dini

Abstract

Pembelajaran digital yang menawarkan fleksibilitas pembelajaran direspon baik oleh bidang pendidikan salah satunya pembelajaran bahasa Inggris. Praktisi pembelajaran bahasa Inggris yang masih dinilai sukar untuk dipelajari mengintegrasikan teknologi untuk menambah peluang kemudahan dipelajarinya subyek tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan refleksi hasil pengajaran di kelas bahasa Inggris virtual di PHMS School jenjang TK yang melibatkkan 5 siswa dalam sekali pertamuan yang terancang untuk 4 kali pertemuan. Responden yang terlibat sejumlah 9 orang pengajar pada 4 pertemuan belajar bahasa Inggris virtual. Adanya persiapan dan pelaksanaan yang baik pada sisi kolaborasi pengajar, kelengkapan rencana pembelajaran dan antisipasi penggunaan bahasa Inggris mendukung pembelajaran bahasa Inggris virtual. Tersaji pula berbagai komponen bahasa Inggris yang dinilai mudah hingga sukar diajarkan secara virtual legkap dengan strategi penuntasan aktivitas pembelajaran saat itu. Akhirnya, pembelajaran bahasa Inggris virtual untuk anak-anak TK pada rentang usia 4 – 6 tahun di TK tersebut dinilai berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, R., Romlah, L., & Budi, F. (2022). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Kegiatan Program Belajar Bersama pada Anak Desa Khepong Jaya. Journal of Social Outreach, 1(2), 40-50. doi: https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.4468

Angraini, M. N., Yani, D. F., Andika, W. D. & Suningsih, T. (2023). Peran Media Berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 23-30. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.5

Erfiyansyah, I., & fitri, N. kamilah. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pendidikan Homeschooling Al – Achsan Cilegon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/50

Fitriati , S. W., Adisti, A. R., Tri Hapsari, C., & Farida, A. N. (2023). Peningkatan Kompetensi Mengajar Bahasa Inggris Guru-Guru PAUD Melalui Pelatihan Pembelajaran dan Sumber Belajar Interaktif. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 224–237. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.31239

Kurniawan, M. & Tanone, R. (2018). Mobile learning in TESOL: A golden bridge for enhancement of grammar awareness and vocabulary mastery. The Asian ESP Journal, 14 (5). https://www.asian-esp-journal.com/esp-october-2018-5/

Kurniawan, M., Putri, Y. A., & Alianti, G. C. (2024). Learning Fun English through Pop-Up QR Book: An Audio-Visual Aid for Early Childhood Foreign Language Development. European Journal of Education and Pedagogy, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.24018/ejedu.2024.5.1.788

Nurkamilah, S., Putri, D.I. & Muthmainnah, R.I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Kawasan Pengembangan dalam Membuat Media Pembelajaran. Journal of Education and Instruction, 3(2). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/1768

Pustikayasa, I.M., et al. (2023). Transformasi Pendidikan: Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sari, D. N. (2020). An Analysis of the Impact of the Use of Gadget on Children’s Language and Social Development. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019). Advances in Social Science, Education and Humanities Research. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-19/125941864

Septiyaningrum, A. (2024). Minat Belajar dan Wawasan Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Bilingual. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 292–304. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i2.915

Susanty, L., Sholihah, H. I., Pramesworo, I. S., Telaumbanua, S., & Basir, A. (2021). Promoting English learning from home to Indonesian families: an alternative approach to learning foreign languages at an early age. Linguistics and Culture Review, 5(1), 203-216. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5n1.1310

Tapung, M. (2022). Menyoal Sentimen Disruptif Transformasi Digital pada Tata Kelola Pembelajaran. Transformasi Iman, Budaya dan Pendidikan: Pemberdayaan Manusia di Era New Normal.Malang: CV. Seribu Bintang, pp. 348-387. https://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1217/

Tohet, M. & Alfaini, F.Z. (2023). Pembelajaran Hybrid: Integrasi Pembelajaran Berbasis Teknologi dengan Konvensional untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tajwid. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2). https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/3005

Viora Budiman, J., & Kurniawan, M. (2022). Ivocard Development as a Media for Learning English Vocabulary for Children Aged 4-5 Years. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(3), 133–142. https://doi.org/10.14421/jga.2022.73-03

Widiastuti, A. A., Wijayaningsih, L., Kurniawan, M., Rahardjo, M. M., Listyaningrum, E. M., & Wijayanti, T. D. (2023). Virtual Storytelling Sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Belajar di Rumah Anak Usia Dini Kota Salatiga. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 341–352. https://doi.org/10.24246/jms.v3i22022p342-352

Wijayanti, T. D., Wijayaningsih, L., Kurniawan, M., Rahardjo, M. M., Widiastuti, A. A., & Listyaningrum, E. M. (2023). Pengembangan Keterampilan Dasar TIK Berbasis Google Suite for Education bagi Guru PAUD di Kota Salatiga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1580-1588. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/515

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Kurniawan, M. (2023). Digital English-mediated Instruction: Kajian Reflektif Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Virtual bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7940–7952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5496

Issue

Section

Articles