Rotating Alfabet untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini

Authors

  • Restu Nabila Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Dian Tri Utami Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Alucyana Alucyana Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Yenni Yunita Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Popi Ramadani Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Nelti Rizka STKIP Aisyiyah Riau, Indonesia
  • Yesi Novitasari Universitas Lancang Kuning, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5454

Keywords:

alat permainan edukatif, rotating alfabet, membaca permulaan

Abstract

Bermain untuk mengekspresikan diri tanpa paksaan dengan perasaan senang, bagi anak usia dini hal tersebut merupakan wadah belajar banyak hal, seperti memahami aturan, bersosialisasi, menempatkan diri, menata emosi, toleransi, serta kerja sama. Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat permainan edukatif Rotating Alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yakni Research and Development dimana peneliti menghasilkan sebuah produk sekaligus menguji kelayakan dan keefektifan produk tersebut. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data untuk kelayakan produk menggunakan penilaian hasil yang didapat dari ahli desain produk dan ahli materi berupa instrument kuesioner (angket), pengembangan produk yang dihasilkan berupa APE rotating alfabet terbuat dari bahan kayu dan stiker bergambar dan digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Melalui proses validasi dan uji coba produk, disimpulkan bahwa rotating alfabet layak dan efektif diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Sebagai tindak lanjut rotating alfabet ini dapat pula diubah sesuai tema sebagai APE untuk melejitkan perkembangan anak pada bidang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 Di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58–69. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0A

Hariati, R. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pohon Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hendri, H. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik Di SDN-5 Panarung. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 54–59. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1040

Herlina, S. E. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5, 332–342.

Lige, R. J. B. S., Audia Sianipar, Marshanda Octavia Fatma Yuslia, Meyliana Nursihab, Miftahul Jannah, & Rr. Deni Widjayatri. (2022). Efektivitas Ape Maze Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 210–223. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.559

Pane, E. S. (2018). Implementasi Alat Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurul Amal Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144

Purnawati, S., Ariyanto, F. L. T., & Nazarullail, F. (2022). Pemanfaat Ape Wire Game Sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 102–112. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3755

Ranti, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Rotating Alfabet Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Di Desa Taba Padang R Kabupaten Bengkulu Utara. IAIN Bengkulu.

Rismandani, F., Satria, D., & Kurnia, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 51–64. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/8646

Rivai, A. N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Paud Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Kartu Gambar. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 109–118. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/article/view/7984

Sari, R. P., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermain Flash Card Subaca. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 36–55. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3741

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suyadi, & Ulfah. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.

Yanuarsi, R., Octrianty, E., & Afgani, S. N. Al. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Papan Flanel. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, September, 55–60. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/349

Downloads

Published

12-11-2023

How to Cite

Nabila, R., Utami, D. T., Alucyana, A., Yunita, Y., Ramadani, P., Rizka, N., & Novitasari, Y. (2023). Rotating Alfabet untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6453–6462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5454

Issue

Section

Articles