- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional pada AUD di SIKL
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5453Keywords:
permainan tradisional, permainan engklek, anak usia diniAbstract
Kemampuan motorik kasar anak usia dini sangat penting untuk ditingkatkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan permainan tradisional pada anak usia dini di TK SIKL. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian 15 anak kelas 1 SD dengan rentang usia 6-7 tahun. Kegiatan penilaian atau asesmen dilakukan menggunakan metode rating scale dengan total 5 kemampuan yang dinilai. Hasil penilaian menunjukkan bahwa semua anak yang terlibat dalam kegiatan pelatihan memiliki kemampuan motorik kasar yang sangat baik dan sesuai dengan target capaian usia perkembangannya dengan rata-rata kemampuan motoric kasar 3,85. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah permainan tradisional dapat meningkatkan kemampuan motoric kasar pada anak usia dini di TK SIKL. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar menggunakan permainan tradisional sebagai sarana meningkatkan kemampuan motoric kasar anak.
Downloads
References
Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Adpriyadi, A. (2017). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional Engklek pada anak kelompok B. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 187–198. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016
Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Anggraeni, D., & Na’imah, N. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103
Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516
Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487
Fadjariyanti, F., & Fathiyah, K. N. (2022). Analisis Permainan Tradisional Cakbikak untuk Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6594–6601. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754
Kamaruddin, I., Tannady, H., Aina, M., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Multimedia Nusantara, U., Scientia Boulevard, J., Sangereng, C., Klp Dua, K., Tangerang, K., Jambi, U., Jambi -Muara Bulian NoKM, J., Darat, M., Jambi Luar Kota, K., & Muaro Jambi, K. (2023). The Efforts to Improve Children’s Motoric Ability By Utilizing The Role of Traditional Games. Journal on Education, 05(03), 9736–9740.
Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64.
Robinson, L. E., Webster, E. K., Logan, S. W., Lucas, W. A., & Barber, L. T. (2012). Teaching Practices that Promote Motor Skills in Early Childhood Settings. Early Childhood Education Journal, 40(2), 79–86. https://doi.org/10.1007/s10643-011-0496-3
Septiani, F. I., Purnama, W., & Sumitra, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kreatifitas Seni. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 74. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p74-83
Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10.
Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496
Williams, H. G., Pfeiffer, K. A., O’Neill, J. R., Dowda, M., McIver, K. L., Brown, W. H., & Pate, R. R. (2008). Motor skill performance and physical activity in preschool children. In Obesity (Vol. 16, Issue 6, pp. 1421–1426). https://doi.org/10.1038/oby.2008.214