- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Video Animasi dalam Kemampuan Bahasa Daerah pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5412Keywords:
video animasi, bahasa daerah, anak usia dini.Abstract
Bahasa merupakan alat penting bagi setiap individu dalam mengembangkan social skill dengan orang lain. Bahasa daerah memiliki urgensi dalam pengenalannya sebelum anak diperkenalkan bahasa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis video animasi pembelajaran bahasa daerah Kutai pada anak usia dini dalam meningkatkan perkembangan bahasa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey. Teknik analisis data menggunakan study deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang berpedoman dengan instrumen penilaian. Teknik sampling yang digunakan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 14 lembaga yang tersebar pada tiga Kota/Kabupaten yang terdiri dari 209 anak TK kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi berpengaruh dalam pembelajaran bahasa daerah pada anak usia dini berdasarkan peningkatan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran bahasa daerah pada anak usia dini tidak terlepas dari beberapa faktor yang berpengaruh yaitu jenis kelamin, usia, suku orang tua dan daerah tempat tinggal anak.
Downloads
References
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Anwar, M., Arifin, S., & Hefni, A. (2018). Campur Kode Bahasa Indonesia Dan Bahasa Kutai Dialeg Tenggarong Kota Di Kantor Desa Separi Kabupaten Kutai Kartanegara. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 1(1), 31–36. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/adjektiva/article/view/835
Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Journal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/st.v13i2.4010
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Journal Of Education Research , 4. https://doi.org/https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Batubara, H. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Kode : Jurnal Bahasa, 10(4), 164–173. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30772
Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951
Chaeratunnisa. (2020). Pengaruh Lingkungan Pada Pemerolehan Bahasa Jawa-Serang Pada Anak Usia 2 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1731
Chairunnisa, C. (2018). Pemerolehan Bahasa Pada Bayi Dan Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 125–137. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.13964
Dash, B. B. (2023). Noam Chomsky’S Language Structure and Language Use: a Critique. Journal of English Language and Literature , 11(1), 12–13. https://doi.org/10.33329/rjelal.11.1.12
Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121
Djou, D. N., & Ntelu, A. (2020). Bahasa Gorontalo dan Bahasa Suwawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1359–1367. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.895
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Hariyati, S. B. (2023). Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. 7(1), 1024–1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4033
Herdina Indrijati, dkk. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini.
Hidayati, N. N. (2016). Bahasa dan Gnder : Kajian Karakteristik Kebahasaan Laki-laki dan Perempuan dalam Film Anak. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/hjsk.v6i1.2796
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Jurnal Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training, 12(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/19256
Juanda, J., & Azis, A. (2023). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 4 Tahun 3 Bulan di Makassar Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1465–1478. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4113
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012
Lestari, R. D., & Astuti, E. Y. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbahasa Jawa Sebagai Media Pendidikan Unggah-Ungguh untuk Balita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2759–2768. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4329
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
Margaretha, L. (2020). Teori-teori Belajar untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. Early Child Research and Practice-ECRP, 2020(1), 8–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ecrp.v1i01.1074
Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308
Miolo, M. I. (2023). Kajian Teoritis: Pemerolehan Bahasa Pertama dan Kedua. Ajamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 12(2). https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.525-542.2023
Muhammad Sarip. (2020). Kajian EtimologisKerajaan (Kutai) Martapuradi Muara Kaman,Kalimantan Timur. Yupa: Historical Studies Journal, 4(2), 50–61. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/yupa/article/view/264
Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/13207
Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600
Peri Syaprizal, M. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Al-Hikmah, 1(2), 75–86. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/213
Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sudarti, D. O. (2019). Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 55–72. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/1173
Warastuti, R. D. (2011). Gender Differences in Children Language. Musawa, 3(2), 221–234.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331