- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kebersyukuran Siswa Etnis Minangkabau
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5363Keywords:
layanan informasi, kebersyukuran remaja, etnis minangkabau.Abstract
Kebersyukuran remaja bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah budaya. Keterkaitan kebersyukuran dengan budaya berhubungan dengan filososfi hidup yang ada pada masyarakat tersebut. Masyarakat Minangkabau menganut sistem kekerabatan matrilineal dimana perempuan lebih dihargai dari laki-laki. Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas layanan informasi dalam meningkatkan kebersyukuran siswa yang berlatar belakang etnis Minangkabau. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan rancangan penelitian one group design. Teknik pemilihan subjek menggunakan stratified random sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 93 orang terdiri dari 35 pria dan 58 wanita. Instrumen yang digunakan berupa Daftar Isian Kebersyukuran dengan model likert. Penelitian ini menggunakan uji statistik t-test (independent sample t-test dan paired sampel t-test). Menemukan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kebersyukuran pria dan wanita sebelum dan sesudah diberikan perlakukan menggunakan layanan informasi yang telah dikembangkan sebelumnya. Oleh karena itu, layanan informasi yang telah dikembangkan efektif digunakan oleh guru BK/Konselor untuk meningkatkatkan kebersyukuran siswa Minangkabau.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Diener, E. (2001). Psychology of well-being (subjective). International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences, 16451–16454.
Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2012). The Psychology of Gratitude. In The Psychology of Gratitude. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195150100.001.0001
Erniwati, S., & Zaeniah, Z. (2020). Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra. EXPLORE, 10(1), 70. https://doi.org/10.35200/explore.v10i1.365
Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media.
Firman, F., Nirwana, H., Karneli, Y., Hariko, R., & Syahniar, S. (2019). The Effectiveness of Information Service in Improving Students’ Self Control Against Sexual Harassment in Vocational School in Padang. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 668–671. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.162
Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2250
Froh, J. J., Emmons, R. A., Card, N. A., Bono, G., & Wilson, J. A. (2011). Gratitude and the Reduced Costs of Materialism in Adolescents. Journal of Happiness Studies, 12(2), 289–302. https://doi.org/10.1007/s10902-010-9195-9
Kristanto, E. (2016). Perbedaan Tingkat Kebersyukuran Pada Laki-Laki Dan Perempuan. Psychology & Humanity, 1(1), 128–134.
McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. A. (2002). The grateful disposition: A conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology, 82(1), 112–127. https://doi.org/10.1037/0022-3514.82.1.112
Natsir, M. (2012). Peranan Surau Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Tradisional Di Padang Pariaman Sumatera Barat (Surau Syaikh Burhanuddin). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 39. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v12i2.2206
Patnani, M. (2012). Kebahagiaan Pada Perempuan. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 56–64.
Pitaloka, D. A., & Ediati, A. (2015). Rasa syukur dan kecenderungan perilaku prososial pada mahasiswa fakultas psikologi universitas diponegoro. Jurnal EMPATI, 4(2), 43–50. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14890
Ramadani, I. R., & Nirwana, H. (2021). Subjective Well-Being Analysis of Minang Adolescents Based on Parents’ Socio-Economic Status and Gender. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(2), 154–160. https://doi.org/10.24036/005436ijaccs
Ramadhani, E. (2017). Efektivitas layanan informasi dalam meningkatkan aspirasi karier siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 57–66.
Salam, B. (2002). Pengantar Pedagogik. In book section (p. 4). PT. Rineka Cipta.
Sukatno, S. (2019). Konsep diri remaja ditinjau dari latar belakang budaya Mandailing dan budaya Minangkabau serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 3(1), 30–34. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n1.p30-34
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937
Ulfasari, R. (2018). Hubungan antara kebersyukuran dan kebahagiaan pada guru pendidikan anak usia dini. Universitas Islam Indonesia.