- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Core Values Bruder Fratrum Immaculatae Conceptionis Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5355Keywords:
core values bruder, fratrum immaculatae conceptionis, profil pelajar PancasilaAbstract
Melalui internalisasi Core Values Bruder Fratrum Immaculatae Conceptionis  Indonesia dalam Profil Pelajar Pancasila kepada para peserta didik sebagai profil lulusan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikanpemahaman guru dan  implementasi Core Values Bruder Fratrum Immaculatae Conceptionis  Indonesia dalam Profil Pelajar Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian adalah kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah memberikan inspirasi yang baik dalam proses pelaksanaan integrasi Profil Pelajar Pancasila dan Core Values Bruder Fratrum Immaculatae Conceptionis Indonesia. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila karakter Profil Pelajar Pancasila dan Core Values Bruder FIC Indonesia menjadi semakin lengkap, saling mengisi satu sama lain.
Downloads
References
Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode penanaman nilai-nilai pancasila pada anak usia dini di taman kanak-kanak kecamatan pinolosian kabupaten bolaang mongondow selatan. KIDSPEDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 2. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2189
Christoph Stückelberger, and W. F. (2016). Global Ethics for Leadership: Values and Virtues for Life. Globethics.net; 1st edition (June 4, 2016).
Damayanti, I., & Al Ghozali, M. I. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 789–799. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563
Das, S. W. H. (2018). The Character Education of Early Childhood: Brain-Based Teaching Approach. Proceedings of the 5th International Conference on Community Development (AMCA 2018), 231(Amca), 25–28. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.8
Fahmi, R., Sundawa, D., & Ramdhani, H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 218–231. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.19413
Fauzi, F. (2018). Pembentukan Dan Transformasi Core Values Di Sekolah Alam. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 17–27. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.3
Handayani, N. K., Satya, H., Kiawan, H., Wierato, A., & Jatmiko, A. (2020). Satu Jiwa Dalam Saudara.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Cetakan 1). Pustaka Ilmu.
Hidayanto, N. E., Hariyanto, H., & Jayawardana, H. B. . (2023). Strategi Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 246–253. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1226
Hidayat, W., Ahmad, J. Bin, & Hamzah, M. I. Bin. (2018). Nilai keutamaan pengetahuan dan kebijaksanaan dalam konteks pendidikan karakter bangsa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 82–91. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.18103
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447
Jamin, N. S. (2020). Pengembangan Afektif Anak Usia Dini. CV Jejak, anggota IKAPI.
Journal, D., Education, O., Patampang, C., & Palinoan, F. F. (2022). Implementasi Nilai Inti dan Dampaknya pada Lembaga Pendidikan. Research and Development Journal of Education, 8(2), 895–903. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/15737/5276
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen. dan Subeleman, (2022).
Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Lopez, J. H., & Bobroff, K. L. (2019). Rooted Indigenous Core Values: Culturally Appropriate Curriculum and Methods for Civic Education Reflective of Native American Culture and Learning Styles. Multicultural Perspectives, 21(2), 119–126. https://doi.org/10.1080/15210960.2019.1606640
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.
Luhur, Y. P. (2022). Desain Kurikulum Berbasis Budaya dan Nilai-nilai Inti.
Mawardi. (2018). Orientasi Ideal Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah: Analisis Dasar Kebijakan Mutu Pendidikan Islam. Proceeding The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM), 1239-1253.
McRae, C. (2013). Listening, Playing, and Learning. Text and Performance Quarterly, 33(3), 273–275. https://doi.org/10.1080/10462937.2013.787453
Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. In Remaja Rosdakarya.
Nurdaeni, N. M. (2021). Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAIBP di SDN Sukadamai 3 Kota Bogor. Rayah Al-Islam, 5(02), 703–708. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.494
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487.
Pike, M. A. (2011). Reading research on core values, Christian ethos and school transformation at England’s most improved academy: a reply to Bragg, Allington, Simmons and Jones. Oxford Review of Education, 37(4), 567–570. https://doi.org/10.1080/03054985.2011.604954
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.
Purwanto, A. (2017). Efektivitas Output Pendidikan Karakter Kepangudiluhuran di Sekolah. Universitas Sanata Dharma.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., & Widyastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Riyanto, B., & Lestari, P. (2020). Penguatan Perilaku Toleransi Dalam Pembelajaran Ips Di Smp Pangudi Luhur Salatiga. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(2), 84–88. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i2.41892
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197
Sakellariou, M., & Banou, M. (2020). Play within the kindergarten curriculum of Greece: A Comparative study on kindergarten educators and university students. European Journal of Education Studies, 207–231. https://doi.org/10.5281/zenodo.3606895
Sobarna, A., & Hakim, A. (2017). Management Character Education in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 6(2), 65–73. https://doi.org/10.15294/ijeces.v6i2.20188
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Wenz-Gross, M., Yoo, Y., Upshur, C. C., & Gambino, A. J. (2018). Pathways to kindergarten readiness: The roles of second step early learning curriculum and social emotional, executive functioning, preschool academic and task behavior skills. Frontiers in Psychology, 9(OCT), 1–19. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01886