- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Teknologi terhadap Pendidikan Anak Usia 7 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5347Keywords:
computer tablet, child education, tablet, tab A, technology,Abstract
Semakin maraknya penggunaan teknologi pada komputer tablet A pada anak usia 7 tahun memberikan dampak bagi anak. Riset ini bertujuan mengukur pengaruh penggunaan teknologi komputer tablet A pada anak usia 7 tahun yang berada pada kelas 1 sekolah dasar. Metode kuasi eksperimen diaplikasikan pada riset ini. Populasi berjumlah 300 siswa. Sampel riset berjumlah 60 siswa dan merupakan siswa kelas 1 sekolah dasar yang rata-rata berusia 7 tahun. Â Penggunaan teknologi komputer tablet A berpengaruh signifikan terhadap pendidikan anak usia 7 tahun. Penggunaan komputer tablet A harus didampingi oleh guru dan orang tua di rumah. Beberapa aplikasi pada komputer tablet A harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia 7 tahun. Guru dan orang tua harus memproteksi komputer tablet A agar tidak terkoneksi dengan aplikasi-aplikasi yang tidak pantas. Peneliti lanjutan bisa meriset tentang efisiensi penggunaan komputer tablet A per hari agar penggunaan komputer tablet AÂ
Downloads
References
Ananda, R., A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Arsaf, N., P., & Juanda. (2022). Pemerolehan Sintaksis Anak Usia 7 Tahun 4 Bulan di Benteng Kepulauan Selayar. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 154–162. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2501
Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Cahyani, A., A., H., I., Sutama, I., M., & Dewantara, I., P., M. (2022). Pengaruh Teknologi terhadap Pemerolehan dan Perkembangan Semantik Serta Sintaksis Kanak-Kanak Usia 2-3 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 24–32. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.964
Fajariyah, S., N., Suryawan, A., & Atika. (2018). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Sari Pediatri, 20(2), 101–105. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5
Irsyadillah, N., S., Putri, R., I., Amori, M., R., B., Wati, S., Afrianti, S., A., Haidlor, M., & Afandi, A. (2022). Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood Education And Research, 3(1), 10–16.
Khairiah, F., Eliza, D., Erma, & Darma, I., P. (2023). Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi untuk Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(01), 77–83. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia/article/view/6628
Listiana, A., & Guswanti, N. (2020). Dampak Positif Penggunaan Smartphone pada Anak Usia 2-3 Tahun dengan Peran Aktif Pengawasan Orang Tua. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 97–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/21089
Lutfiputri, N., F. (2022). Kajian Perkembangan Industri Buku Cerita Anak Bergambar di Indonesia pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6271–6285. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3330
Maiziani, F., & Amilia, W. (2020). Pemanfaatan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Digital Native dalam Rangka Pemerolehan Bahasa Inggris. E-Tech Journal, 08(02), 1–4. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/110997
Maritsa, A., Salsabila, U., H., Wafiq, M., Anindya, P., R., & Ma’shum, M., A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maulidi, A., R., & Shalilah, A. (2021). Pendidikan Anak di Zaman Modern: Upaya Menghadapi Perkembangan Teknologi. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–11. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/537
Mita, D., D., Milawati, Cahyani, R., D., & Fardilah, Y. (2021). Edukasi Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia 7-12 Tahun di Tempat Pendidikan Agama Nur-Izzah, Cilangkap Bogor. Jurnal Dedikasi, 1(2), 536–543. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PD/article/view/16558
Munafiah, N., & Latif, M., A. (2022). Peran Orang Tua pada Kegiatan Screen Time Anak Usia Dini. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 23–28. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/915
Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Panca Budi Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 102–114. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/896
Nasution, I., Dahmul, & Nasution, F. (2022). Pengaruh Handphone terhadap Aktivitas Anak Usia 5-12 Tahun di Kecamatan Panai Tengah, Khususnya di Desa Selat Beting, Desa Sei Pelancang, dan Desa Sei Rakyat Kecamatan Panai Tengah. Journal Ability: Journal of Education and Sosial Analysis, 3(4), 84–98. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/973
Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Nurjanah, N., E., & Mukarromah, T., T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. 66-77https://doi.org/10.33369/jip.6.1.
Palupi, I., D., R. (2020). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Journal Edukasi Nonformal, 1(1), 127–134. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/426
Retmayanti, P., Y., Anadhi, I., M., G., & Putra, I., B., K., S. (2023). Pengaruh Game Mobile terhadap Kepribadian Sosial Anak Usia Dini pada Taman Kanak Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3291–3300. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4552
Salsabila, U., H., Hanifan, M., L., N., Mahmuda, M., I., Tajuddin, M., A., N., & Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(02), 3268–3275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.995
Sawitri, Y., Yannaty, I., A., Widyastika, S., I., Harumsih, T., D., & Musyarofah, H., F. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal, 691–697. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/108
Solfiah, Y., Hukmi, & Febrialismanto. (2022). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910
Subarkah, M., A. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–144. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Sufa, F., F. (2015). Mengembangkan Kognisi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Komputer. Jurnal Widya Wacana, 10(1), 62–74.
Susanti, S., S. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Azzahra, II(1), 65–76. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/231
Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Tumbuh Kembang Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 139–143. https://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/552
Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan TIK terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42–52. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017
Ulya, H., & Saridewi. (2022). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Emosional pada Anak Usia 6-7 Tahun di Ujung Gading Jalan Jawa Jorong Brastagi Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12730–12737. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3981
Windari, S., Reski, S., M., Nasution, Y., A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Siswa SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 260–264. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939
Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369