Pengaruh Teknologi terhadap Pendidikan Anak Usia 7 Tahun

Author


Ari Gunardi(1Mail), Ika Evitasari Aris(2), Sastra Wijaya(3),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Primagraha, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Primagraha, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Primagraha, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 294KB]

Published : 2023-12-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 227 times PDF Downloaded: 64 times

Abstract


Semakin maraknya penggunaan teknologi pada komputer tablet A pada anak usia 7 tahun memberikan dampak bagi anak. Riset ini bertujuan mengukur pengaruh penggunaan teknologi komputer tablet A pada anak usia 7 tahun yang berada pada kelas 1 sekolah dasar. Metode kuasi eksperimen diaplikasikan pada riset ini. Populasi berjumlah 300 siswa. Sampel riset berjumlah 60 siswa dan merupakan siswa kelas 1 sekolah dasar yang rata-rata berusia 7 tahun.  Penggunaan teknologi komputer tablet A berpengaruh signifikan terhadap pendidikan anak usia 7 tahun. Penggunaan komputer tablet A harus didampingi oleh guru dan orang tua di rumah. Beberapa aplikasi pada komputer tablet A harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia 7 tahun. Guru dan orang tua harus memproteksi komputer tablet A agar tidak terkoneksi dengan aplikasi-aplikasi yang tidak pantas. Peneliti lanjutan bisa meriset tentang efisiensi penggunaan komputer tablet A per hari agar penggunaan komputer tablet A 


Keywords


computer tablet; child education; tablet; tab A; technology;

References


Ananda, R., A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Arsaf, N., P., & Juanda. (2022). Pemerolehan Sintaksis Anak Usia 7 Tahun 4 Bulan di Benteng Kepulauan Selayar. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 154–162. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2501

Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Cahyani, A., A., H., I., Sutama, I., M., & Dewantara, I., P., M. (2022). Pengaruh Teknologi terhadap Pemerolehan dan Perkembangan Semantik Serta Sintaksis Kanak-Kanak Usia 2-3 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 24–32. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.964

Fajariyah, S., N., Suryawan, A., & Atika. (2018). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Sari Pediatri, 20(2), 101–105. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5

Irsyadillah, N., S., Putri, R., I., Amori, M., R., B., Wati, S., Afrianti, S., A., Haidlor, M., & Afandi, A. (2022). Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood Education And Research, 3(1), 10–16.

Khairiah, F., Eliza, D., Erma, & Darma, I., P. (2023). Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi untuk Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(01), 77–83. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia/article/view/6628

Listiana, A., & Guswanti, N. (2020). Dampak Positif Penggunaan Smartphone pada Anak Usia 2-3 Tahun dengan Peran Aktif Pengawasan Orang Tua. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 97–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/21089

Lutfiputri, N., F. (2022). Kajian Perkembangan Industri Buku Cerita Anak Bergambar di Indonesia pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6271–6285. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3330

Maiziani, F., & Amilia, W. (2020). Pemanfaatan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Digital Native dalam Rangka Pemerolehan Bahasa Inggris. E-Tech Journal, 08(02), 1–4. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/110997

Maritsa, A., Salsabila, U., H., Wafiq, M., Anindya, P., R., & Ma’shum, M., A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Maulidi, A., R., & Shalilah, A. (2021). Pendidikan Anak di Zaman Modern: Upaya Menghadapi Perkembangan Teknologi. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–11. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/537

Mita, D., D., Milawati, Cahyani, R., D., & Fardilah, Y. (2021). Edukasi Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia 7-12 Tahun di Tempat Pendidikan Agama Nur-Izzah, Cilangkap Bogor. Jurnal Dedikasi, 1(2), 536–543. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PD/article/view/16558

Munafiah, N., & Latif, M., A. (2022). Peran Orang Tua pada Kegiatan Screen Time Anak Usia Dini. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 23–28. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/915

Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Panca Budi Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 102–114. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/896

Nasution, I., Dahmul, & Nasution, F. (2022). Pengaruh Handphone terhadap Aktivitas Anak Usia 5-12 Tahun di Kecamatan Panai Tengah, Khususnya di Desa Selat Beting, Desa Sei Pelancang, dan Desa Sei Rakyat Kecamatan Panai Tengah. Journal Ability: Journal of Education and Sosial Analysis, 3(4), 84–98. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/973

Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Nurjanah, N., E., & Mukarromah, T., T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. 66-77https://doi.org/10.33369/jip.6.1.

Palupi, I., D., R. (2020). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Journal Edukasi Nonformal, 1(1), 127–134. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/426

Retmayanti, P., Y., Anadhi, I., M., G., & Putra, I., B., K., S. (2023). Pengaruh Game Mobile terhadap Kepribadian Sosial Anak Usia Dini pada Taman Kanak Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3291–3300. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4552

Salsabila, U., H., Hanifan, M., L., N., Mahmuda, M., I., Tajuddin, M., A., N., & Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(02), 3268–3275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.995

Sawitri, Y., Yannaty, I., A., Widyastika, S., I., Harumsih, T., D., & Musyarofah, H., F. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal, 691–697. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/108

Solfiah, Y., Hukmi, & Febrialismanto. (2022). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910

Subarkah, M., A. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–144. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Sufa, F., F. (2015). Mengembangkan Kognisi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Komputer. Jurnal Widya Wacana, 10(1), 62–74.

Susanti, S., S. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Azzahra, II(1), 65–76. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/231

Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Tumbuh Kembang Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 139–143. https://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/552

Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan TIK terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42–52. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017

Ulya, H., & Saridewi. (2022). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Emosional pada Anak Usia 6-7 Tahun di Ujung Gading Jalan Jawa Jorong Brastagi Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12730–12737. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3981

Windari, S., Reski, S., M., Nasution, Y., A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Siswa SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 260–264. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369


Refbacks

  • There are currently no refbacks.