Model Multilidi sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Muhammad Japar Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Heni Rita Susila Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja, Indonesia
  • Hendra Alfani Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja,
  • Siti Muyaroah Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja, Indonesia
  • Hermanto Hermanto Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Bagas May Sangaji Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja, Indonesia
  • Shandy Fajar Ilhamsyah Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5331

Keywords:

model pendidikan multicultural, profil pelajar pancasila, model multilidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengembangkan Model Pendidikan Multikultural berbasis Digital Literasi untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa. Pendekatan penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Ada tiga tahapan dalam penelitian ini: Tahapan pertama, pra pengembangan meliputi: 1) tinjauan literatur mencakup analisis kebutuhan, 2) perencanaan produk. Tahapan kedua, pengembangan draft dengan melakukan uji coba produk, dan perbaikan melalui: (a) uji validasi pakar, (b) uji uji terbatas dan (c) uji lapangan.  Tahapan ketiga implementasi uji Model multilidi sebagai penguatan profil pelajar pancasila. Pada proses pengembangan model, peneitian ini menghasilkan model multilidi dengan sintaks lesson instruction, organize learning, eksploration, closure dan evaluation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, A., Qorib, M., Naimi, N., & Deliati, D. (2022). The role of inductive learning models on the students self-regulated learning in math journaling. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2428–2446. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i7.7680

Astuti, Y. D. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Identitas Nasional Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 133–141. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.221

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Gustian, K., Rusmawaty, D., Mulawarman, U., Kuaro, J., Kelua, G., Samarinda Ulu, K., Samarinda, K., & Timur, K. (2023). The Benefits of Flipped Classroom Model for Efl Learners. Journal on Education, 05(04), 13918–13935. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2411

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Junaidi, J. (2018). Model Pendidikan Multikultural. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i1.3332

M. Haviz. (2013). Research and Development; Penelitian di Bidangn Kependidikan Yang Inovatif dan Bermakan. Ta’dib, 16(1), 29–43. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/235

Meliasari, R., Ngadiso, N., & Marmanto, S. (2018). The Picture Word Inductive Model: Its Effectiveness to Teach Writing Viewed from Students’ Interest. International Journal of Language Teaching and Education, 2(3), 248–258. https://doi.org/10.22437/ijolte.v2i3.5697

Mulyana, D., Cahyono, C., Sukarliana, L., & Munggaran, E. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Berkembangnya Paham Radikalisme Di Kalangan Peserta Didik. Civic edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1). https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/civicedu/article/view/4273

Mupita, J., Abdullah, A. G., & Bünning, F. (2020). Flipping the Technical and Vocational Classroom for Increased Instructional Outcomes. Innovation of Vocational Technology Education, 16(1), 11–31. https://doi.org/10.17509/invotec.v16i1.23510

Rahmadonna, F. H. dan S. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Multikultural Di Sekolah Dasar Propinsidaerahisttmewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 3(1), 124440. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4629

Sharma, G., Bosch, C., & Obelleiro, G. (2023). Exploring Pedagogical Practices to Cultivate Wisdom, Courage, and Compassion as Key Tenets of Global Citizenship : A Qualitative Study. International Journal of Multicultural Education, 25(2), 45–65. https://doi.org/10.18251/ijme.v25i2.3403

Sihombing, L. N., Hajar, I., Hidayat, & Sinaga, B. (2022). Development of Character-Based Problem-Based Learning Model For Improving Creative Thinking Ability Thematic Learning of Elementary School Students. Journal of Positive School …, 6(9), 261–276. https://doi.org/10.5281/zenodo.6773092

Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.444

Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1526

Warsiman, W. (2015). The Development of Inductive Model in Learning Poetry Appreciation. International Journal of Social and Local Economic Governance, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.21776/ub.ijleg.2015.001.01.10

Wijayanti, D. N., & Muthali, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 18(1), 172–184. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518

Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2370

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Japar, M., Susila, H. R., Alfani, H., Muyaroah, S., Hermanto, H., Sangaji, B. M., & Ilhamsyah, S. F. (2023). Model Multilidi sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6101–6106. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5331

Issue

Section

Articles