Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran

Authors

  • Susilahati Susilahati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Laily Nurmalia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Hema Widiawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Akbar Mukti Laksana Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Lia Maliadani Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320

Keywords:

transisi paud ke sd, proses pembelajaran, anak usia dini

Abstract

Miskonsepsi tentang transisi PAUD ke SD masih sering dijumpai. Miskonsepsi tersebut dapat berupa tes calistung sebagai alat penerimaan SD sehingga pada masa pendidikan usia dini, anak mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan. Tujuan penelitian untuk menggambarkan penerapan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, FGD. Hasil penelitian ini diketahui bahwa adanya upaya dalam melakukan transisi PAUD-SD yang menyenangkan, dibuktikan dengan (1) PPDB tidak menggunakan tes calistung tetapi menggunakan asesmen. (2) Telah diterapkannya kegiatan MPLS selama 1 minggu. (3) Proses pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan fondasi anak telah dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Hal tersebut dibuktikan dengan setting ruang belajar pada SD yang menyenangkan, lingkungan PAUD dan SD kelas awal berada satu tempat,  menempatkan lulusan PG-PAUD menjadi guru pada SD kelas awal. Selain itu, proses pembelajaran di  SD Lab School FIP UMJ masih menerapkan tes tulis dan lisan dalam mengukur capaian belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Susilahati Susilahati, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PGSD

Laily Nurmalia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PGSD

Hema Widiawati, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Cirebon

PGSD

Akbar Mukti Laksana, Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesejahteraan Sosial

Lia Maliadani, Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesejahteraan Sosial

References

Bidi, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Episode 24 (Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan) di SDN 01 Duhiadaa Pohuwato. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 1(2), 116-120.https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/20

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al-athfaal: jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini, 3(1), 69-82. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/6508

Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781-788. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/2633

Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Research Report. Penerbit Selaras.

Marpaung, J. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/1118

Musfita, R. (2019, May). TRANSISI PAUD KE JENJANG SD: DITINJAU DARI MUATAN KURIKULUM DALAM MEMFASILITASI PROSES KESIAPAN BELAJAR BERSEKOLAH. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 412-420). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5639

Pangestu, S. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Di SMA Negeri Taruna Santri Darussholah Singojuruh Kabupaten Banyuwangi (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/15753/

Poerwanti, E. (2015). Konsep dasar asesmen pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. https://www.academia.edu/download/53502319/1-Konsep-Dasar-Asesmen-Pembelajaran.pdf

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Setyawan, C. F., Sudirman, D. F., Sari, D. P., Nurulita, F. R., & Eva, N. (2021, June). Asesmen Perkembangan Sosio Emosional pada Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp. 58-70). http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1225

Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637-646. https://scholar.archive.org/work/joqkyxdxqvanbfknxhpl2jknxq/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/3632/pdf

Suyadi, S. (2010). Konsep Edutaiment Dalam Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi Keterkejutan Mental Anak Pada Masa Transisi Dari TK/RA ke SD/MI). Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 2(1). http://jurnal.albidayah.id/home/article/view/103

Widayanti, D. T., Onoyi, N. J., Aras, M., Yantri, O., & Saidy, M. (2023). Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (Mpls) Di Sekolah Islam Nabilah, Batam, Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 52-62. http://ojs3.lppm-uis.org/index.php/J-PIS/article/view/411

Winitri, R., & Hapidin, Y. N. (2019). Analisis Pemahaman Guru pada Pembelajaran Transisi terhadap Hasil Belajar Matematika Anak. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 116-121. https://core.ac.uk/download/pdf/287169845.pdf

Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423-432. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/2996

Wulansuci, G. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini: Pembelajaran CALISTUNG vs. Tuntutan Kinerja Guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79-86. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/view/62-03

Zukhrufa, A., Ristiani, A., Pertiwi, D. M., Nabila, F. A., Kamila, S. T., & Kusuma, S. W. D. (2021). Pendampingan Mengajar Pada Kompetensi Membaca, Menulis, Berhitung Pada Masa Transisi Di Sdn Pangulah Selatan Iii. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(16),12-28. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/176

Downloads

Published

19-10-2023

How to Cite

Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320

Issue

Section

Articles