- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320Keywords:
transisi paud ke sd, proses pembelajaran, anak usia diniAbstract
Miskonsepsi tentang transisi PAUD ke SD masih sering dijumpai. Miskonsepsi tersebut dapat berupa tes calistung sebagai alat penerimaan SD sehingga pada masa pendidikan usia dini, anak mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan. Tujuan penelitian untuk menggambarkan penerapan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, FGD. Hasil penelitian ini diketahui bahwa adanya upaya dalam melakukan transisi PAUD-SD yang menyenangkan, dibuktikan dengan (1) PPDB tidak menggunakan tes calistung tetapi menggunakan asesmen. (2) Telah diterapkannya kegiatan MPLS selama 1 minggu. (3) Proses pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan fondasi anak telah dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Hal tersebut dibuktikan dengan setting ruang belajar pada SD yang menyenangkan, lingkungan PAUD dan SD kelas awal berada satu tempat, menempatkan lulusan PG-PAUD menjadi guru pada SD kelas awal. Selain itu, proses pembelajaran di SD Lab School FIP UMJ masih menerapkan tes tulis dan lisan dalam mengukur capaian belajar siswa.
Downloads
References
Bidi, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Episode 24 (Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan) di SDN 01 Duhiadaa Pohuwato. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 1(2), 116-120.https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/20
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al-athfaal: jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini, 3(1), 69-82. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/6508
Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781-788. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/2633
Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Research Report. Penerbit Selaras.
Marpaung, J. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/1118
Musfita, R. (2019, May). TRANSISI PAUD KE JENJANG SD: DITINJAU DARI MUATAN KURIKULUM DALAM MEMFASILITASI PROSES KESIAPAN BELAJAR BERSEKOLAH. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 412-420). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5639
Pangestu, S. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Di SMA Negeri Taruna Santri Darussholah Singojuruh Kabupaten Banyuwangi (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/15753/
Poerwanti, E. (2015). Konsep dasar asesmen pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. https://www.academia.edu/download/53502319/1-Konsep-Dasar-Asesmen-Pembelajaran.pdf
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
Setyawan, C. F., Sudirman, D. F., Sari, D. P., Nurulita, F. R., & Eva, N. (2021, June). Asesmen Perkembangan Sosio Emosional pada Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp. 58-70). http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1225
Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637-646. https://scholar.archive.org/work/joqkyxdxqvanbfknxhpl2jknxq/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/3632/pdf
Suyadi, S. (2010). Konsep Edutaiment Dalam Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi Keterkejutan Mental Anak Pada Masa Transisi Dari TK/RA ke SD/MI). Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 2(1). http://jurnal.albidayah.id/home/article/view/103
Widayanti, D. T., Onoyi, N. J., Aras, M., Yantri, O., & Saidy, M. (2023). Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (Mpls) Di Sekolah Islam Nabilah, Batam, Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 52-62. http://ojs3.lppm-uis.org/index.php/J-PIS/article/view/411
Winitri, R., & Hapidin, Y. N. (2019). Analisis Pemahaman Guru pada Pembelajaran Transisi terhadap Hasil Belajar Matematika Anak. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 116-121. https://core.ac.uk/download/pdf/287169845.pdf
Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423-432. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/2996
Wulansuci, G. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini: Pembelajaran CALISTUNG vs. Tuntutan Kinerja Guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79-86. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/view/62-03
Zukhrufa, A., Ristiani, A., Pertiwi, D. M., Nabila, F. A., Kamila, S. T., & Kusuma, S. W. D. (2021). Pendampingan Mengajar Pada Kompetensi Membaca, Menulis, Berhitung Pada Masa Transisi Di Sdn Pangulah Selatan Iii. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(16),12-28. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/176