- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Video-Blogging untuk Pengenalan Literasi Budaya Minangkabau Anak Usia Dini 5-6 tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5313Keywords:
video-blogging, literasi budaya minangkabau, anak usia diniAbstract
Pengenalan literasi budaya Minangkabau guru masih banyak mengunakan media gambar dengan metode ceramah dan tanya jawab sehingga kurang menarik yang mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Video-Blogging untuk Pengenalan Literasi Budaya Minangkabau Anak Usia Dini 5-6 tahun yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas dinyatakan valid dan hasil kelayakan media sangat layak dengan nilai validasi ahli materi yaitu 94,28% validasi ahli media dengan persentase 93,33% dan validasi ahli bahasa dengan persentase 96%. Hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis, dengan hasil 92%. Hasil presentase efektivitas yaitu 85%. Dapat disimpulkan media  Video-Blogging untuk Pengenalan Literasi Budaya Minangkabau Anak Usia Dini 5-6 tahun dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Abas, S., Lestari, E. W., Muti’aturrobbani, F., Yusuf, M., Khilmi, M., Maulani, R., Saepudin, & Hardiastuti, S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Blogging. ARJI: Action Research Journal Indonesia, 4(1), 28–41.
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran literasi : strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Affandi, S., & Kosasih, E. (2019). The Form of Culture in Oral Tradition of Traditional Ceremony in the Minangkabau Tribe. 257(Icollite 2018), 254–259. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.56
Aldukhayel, D. (2019). Vlogs in L2 listening : EFL learners ’ and teachers ’ perceptions. Computer Assisted Language Learning, 0(0), 1–20. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1658608
Ananda, Refisa, & Zuve, F. O. (2018). Oral Literature and Development of West Sumatra: Reconstructing the Minangkabau Cultural Values through Role and Position of Women in Kaba at Dendang Pauah Show. Atlantis Press, 263(Iclle), 484–491. https://doi.org/10.2991/iclle-18.2018.82
Ananda, Rizki, & Mardiah, M. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa Sma Kelas XI di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Visipena, 11(2), 217–227. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1195
Andiappan, S., Seng, G. H., & Shing, S. R. (2022). the Use of Vlogging To Enhance Speaking Performance of Esl Students in a Malaysian Secondary School. Teaching English with Technology, 21(1), 23–39.
Andrew, Fernando, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Jurnal The Messenger, 5(1), 16. https://doi.org/10.26623/themessenger.v5i1.218
Arofah, R., & Cahyadi, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Asnur, L., Ambiyar, Ramadhani, D., & Verawardina, U. (2020). Project-based learning uses vlog media on food and beverages products. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 82–85.
Astuti, F. (2011). Makna Simbolis Sumbang Duo Baleh dalam Seni Pertunjukan Wanita Minangkabau. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 12(2), 1–12. https://doi.org/10.24036/komposisi.v12i2.3917
Astuti, F. (2019). The Transformation of Sumbang Duo Baleh Values for Minangkabau Women Dancers (Based on Local Culture). Atlantis Press, 255(Icade 2018), 114–118. https://doi.org/10.2991/icade-18.2019.26
Astuti, F., & Iriani, Z. (2016). Makna Simbolis Sumbang Duo Baleh dalam Karya Tari Koreografer Sumatera Barat: Suatu Tinjauan Gender. Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan Kementrian Riset,Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Sesuai Dengan Surat Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Program Penelitian No: 046/Sp2H/LT/DRPM/II/2016Tanggal 17.
Bahri, S., & Adiansha, A. A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 7E dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 44–51.
Batubara, H, H. (2021). Media Pebelajaran Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer New York Dordrecht Heidelberg London.
Burgess, J. (2009). Youtube Digital Media And Society Series. Malden: Polity Press.
Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Dhieni, Nurbiana, D. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dirajo, I. (2014). TAMBO Alam Minang Kabau. Bukittinggi: Kristal Media.
Dudin, A. (2020). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Pesantren Darussalam Ciamis Jawa Barat. Dialog, 42(2), 209–224. https://doi.org/10.47655/dialog.v42i2.334
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. Pedagogik, 3, 153–163.
Fitri, R., & Rakimahwati, R. (2021). Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Sumbang Duo Baleh untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 239–251. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1220
Gani, E. (2020). Sumbang Duo Baleh : Education-Valued Expression for Minangkabau Women. Atlantis Press, 485(Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020) Sumbang), 142–146. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.024
Giantika, G. G. (2018). Pemanfaatan Vlog Sebagai Komunikasi Interpersonal (Studi Deskriptif Kualitatif ). Jurnal Komunikasi, 9(1), 15–23. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/3539
Hadiyanto, H., & Pransiska, R. (2018). Kindergarten Climate in Padang. Atlantis Press, 169(Icece 2017), 128–130. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.32
Hafizh, A., & Yefterson, R. B. (2019). Jurnal Halaqah Windows Movie Maker Dalam. Halaqah, 1(3), 224–245. https://doi.org/10.5281/zenodo.3361710
Hamidah, H. (n.d.). Mengenal Sumbang Duo Baleh, Kode Etik dalam Kebudayaan Minangkabau. Duo Baleh adalah kode,terjaga dari perbuatan yang janggalhttps://www.gentaandalas.com/mengenal-sumbang-duo-baleh-kode-etik-dalam-kebudayaan-minangkabau/#:~:text=Sumbang
Harjono, S. (2012). Model Pembelajaran Concept Attainment Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2). https://doi.org/10.15294/jrer.v1i2.797
Heinich, R., Molenda, M., Russel, J., & Smaldino, S. (1982). Instructional Media And Technologies For Learning (Fifth Edition). Prentice-Hall Inc.
Helaluddin. (2015). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. vol 1 no.2.
Hidayat, A. A. (2015). Metode Penelitian Paradigma Kuantitatif. Health Books Publishing.
Hidayat, N., Chaidir, E., & Setiadi, E. (2020). Synthetic Analysis of Alam Takombang Manjadi Guru as a Method of Normalizing the Customary Law of Kampar. Atlantis Press, 413(Icolgis 2019), 129–134. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200306.197
Iskandar, S. P., Mardianto, & Putra, Y. Y. (2014). Konsep Sumbang Duo Baleh Dalam Tinjauan Psikologi. Rap Unp, 5(2), 180–191.
Islami, N. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Petuah Sumbang Duo Baleh Bagi Mahasiswi Asal Minangkabau di Kota Purwokerto Tahun 2016. International Conference of Moslem Society, 1(1), 44–59. https://doi.org/10.24090/icms.2016.1828
Jambak, F., & Eliza, D. (2020). The Model Development of Picture Story Books Sumbang Kurenah Through Minangkabau Culture Literacy for Early Childhood Character Building. 44(Icece 2019), 168–169. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.008
Jamil, M. (2017). Pendidikan Adat Berbasis Nagari Sebuah Konsep Meminangkan Orang Minangkabau. Padang Panjang: CV Minang Lestari Padang Panjang.
Juannita, Eka, Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud Kemdikbud No 146 Tahun 2014. ببب, 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf
Knowlage, R. (2010). Vidio Blogging untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kumalasari, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Maharani Putri Kumalasani PGSD Universitas Muhammadiyah Malang Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) Bergerak Secara Dinamis Seiring dengan Perkembangan Zam. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1–11.
Kuncoro, A. M., Putri, A. O., & Pradita, A. (2018). Vlogger Sebagai Saluran Menuju Generasi Milenial Produktif Indonesia. Sinergitas Quadruple Helix: E-Business Dan Fintech Sebagai Daya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal, 193–199. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9164
Kuswanto, C. W., & Pratiwi, D. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. 6(1), 55–68.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. November. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Lestari, I. B., Sudarmin, S., Ellianawati, E., Wiyanto, W., & Sumarni, W. (2021). Review Analysis of Video Blogging, Ethnoscience and Social Media Literacy in the Era of the Industrial Revolution 4.0. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 4(1), 33. https://doi.org/10.21043/thabiea.v4i1.9767
Limarga, D. M. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 86–104.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. jakarta: Kencana.
Mahameruaji, J. N., Puspitasari, L., Rosfiantika, E., & Rahmawan, D. (2018). Bisnis Vlogging dalam Industri Media Digital di Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 61–74. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1007
Mahyuddin, N., Yarmis, S., & Hidayati, A. (2016). Efektifitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03
Masrizal. (2019). Sumbang Duo Baleh, Antara Realitas dan Romantisme Masa Lalu. Dinas Kebudayaan. https://disbud.sumbarprov.go.id/details/news/143
Motessori, M. (2013). Metode Montessori : panduan wajib untuk guru dan orangtua didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhiyatul Huliyah. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini jalur pendidikan informal. Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 61–62.
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1). https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Muslim, K. L. (2017). Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Dan Kearifan Lokal. Fuaduna, 1(1), 48–57.
Mustami, M. K., Suyuti, M., & Maryam. (2017). Validasi, Kepraktisan, dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam. In Jurnal Al-Qalam (Vol. 23, Issue 1, pp. 70–77).
Nafiah, Kharirrotun, Suhadi, & Sari, Murni, S. (2019). Validitas dan Kepraktisan Bahan Ajar Pengelolaan Spesies Asing Invasif Acacia Nilotica untuk Matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 654–659.
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217
Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Nurhafizah. (2019). Melatih Komunikasi Efektif di Guru PAUD. Jurnal Internasional Inovasi, Kreativitas Dan Perubahan, 139–149.
Nurkholis, M. A., & Badawi. (2019). Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Madiun 12 Januari 2019, 491–498.
Olofsson, A. D., Lindberg, J. O., & Stödberg, U. (2011). Shared Video Media and Blogging Online Educational Technologies for Enhancing. Campus-Wide Information Systems, 28(1), 41–55. https://doi.org/10.1108/10650741111097287
Pahenra, P., Salma, S., Nurlina, N., Said, H., & Asriana. (2021). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16
Paramitha, D., & Fernandes, R. (2021). Pengembangan Video Blogging Dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Dinda. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–37.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Piliang, E. (2016). Tambo Minangkabau Budaya dan Hukum Adat di Minangkabau. Bukittinggii: Kristal Multimedia.
Polina, I. (2018). Development of Speaking Lessson Plan Using Complex Procedure on Sma Negeri 14 Samarinda 10Th Grade Students ’ Vlogs. Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesustraan, 13(1), 15–26.
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Priana, R. Y. S. (2017). Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 313–316.
Putra, N. (2012). Research & Development Penelitian Pengembangan: Suatu Pengantar (1st–2nd ed.). Rajawali Pers.
Putri, P. D. A. S., Tirtayani, L. A., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Metode Proyek Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Tk Gugus I Sukawati Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18732
Rahmawan, Eris, Fahmi, Sumaryanto, T. & S. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Bernyanyi Berbasis Android. Journal Of Educational Research And Evaluation, 5(1), 81–89.
Rakhmanina, L., & Kusumaningrum, D. (2017). the Effectiveness of Video Blogging in Teaching Speaking Viewed From Students’ Learning Motivation. Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang, 5(0), 2017.
Rakimahwati. (2012). Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Anak Usia Dini. UNP Press.
Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1–11. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292
Rangkuti, A. N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Reinhardt, M. J.; Moses, T.; Arkansas, K.; Ormson, B.; Ward, G. K. (2020). Culture and Language.
Riady, Y. (2013). Literasi Informasi Sejak Dini: Pengetahuan Baru Bagi Anak Usia Dini. Jiv, 8(2), 159–165. https://doi.org/10.21009/jiv.0802.10
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel -variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1).
Rosalia, N. (2018). Tinjauan Validitas, Kepraktisan dan Keefektifan Booklet Sains Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Ejournal Pensa, 06, 32–37.
Rosalia, N., & Isnawati. (2018). Tinjauan Validitas, Kepraktisan, Dan Keefektifan Booklet Sains Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Smp. Ejournal-Pensa, 06(01), 32–37.
Rusdi. (2018a). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok:Rajawali Pers.
Rusdi, M. (2018b). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Raja Grafindo Persada.
Saepudin, E., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2018). Model literasi budaya masyarakat Tatar Karang di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.33315
Sampono, M. J. L. (2018a). Sumbang 12. Bukittinggi, Cinta Buku Agency.
Sampono, M. J. L. (2018b). Sumbang 12. Cinta Buku agency.
Sari, S. L., Widyanto, A., & Kamal, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Smartphone pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biotik, 4(1), 476–485.
Sayuti, M. (2020). “ Alam Takambang Jadikan Guru †( AJTG ) Learning Model of Budaya Alam Minangkabau (BAM). Atlantis Press, 485(Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020) “Alam), 261–267.
Simamora, A. M., & Mukhtar, . (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kalimat Efektif Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 201–214. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3296
Staley, E. (2017). Digital And Information Literacy: Vloggers And Vlogging (First Edition). Rosen Publising.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Sugiono, S., & Irwansyah, I. (2019). Vlog Sebagai Media Storytelling Digital Bagi Tokoh Publik Pemerintahan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(2), 115. https://doi.org/10.31445/jskm.2019.2101
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V., W. (2020). Metodologi Penelitian. Jakarta: Pustaka Baru Press.
Sujarweni, V., & Wiratna. (2022). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.
Sujiono, Y. N. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sukmadinata. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriyadi. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript. Jurnal Komunikasi, 11(1), 9–16.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Padang: UNP Press.
Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Suryana, D. (2020). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. jakarta: Prenadamedia Grup.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Susanti, E. D. (2019). Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadget. Sejarah Dan Budaya Jurnal Sejarah Budaya Dan Pengajarannya, 13(1), 84–96. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p084
Susanty, M., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4493–4506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2622
Susiana, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Drama terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Mutiara Kenjeran Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 109–116.
Suwandi, S. (2019). Pendidikan Literasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160.
Syamsuarni, & Eliza, D. (2020). The Development of Kato Nan Ampek Picture Storybook Models Through Literacy of Minangkabau Culture to Develop the Character During Early Childhood. 449(Icece 2019), 31–35. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.007
Syima, S. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. In Early Childhood : Jurnal Pendidikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 79–90). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.63
Taylor, E. B. (2010). Primitive Culture. New York: Cambridge Univercity Press.
Trisa, Y., Suprijono, A., & Jacky, M. (2019). Implementation of Local Wisdom of Minang Culture (Studies Of The Minang Diaspora in Surabaya). The Indonesian Journal of Social Studies, 2(1), 27–36.
W.S., H., & Emidar, E. (2018). Social Functions of Traditional Minangkabau Expression: Local Knowledge and Wisdom in Speech. Atlantis Press, 148(Icla 2017), 195–199. https://doi.org/10.2991/icla-17.2018.34
Walujo, D. A. dan A. L. (2017). Kependiaman PAUD (Memahami PAUD Secara Singkat). Depok: Prenadamedia Grup.
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya Kuswanto, C., & Dinda Pratiwi, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68.
Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Yamin, M. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP. Press Grup.
Yaswinda. (2019a). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi (Psb Mugi) Bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Yaswinda. (2019b). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: EDU Publisher.
Yulianti, Y., SM, A. A., & Lestari, F. (2020). Undang-Undang Sumatera Barat (Minangkabau) Tahun 1837-1862. Historia Madania, 4(1), 31–60.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.
Zr, Z., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896
Zulfa, Z. Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis Video Blogging ( Vlog ). EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 16–29.
Zulfa., Nusi, A., Ananda, A., Efi, A., Pernantah, P. S. (2022). Using Simulation on Project Based Learning in Minangkabau Culture Subject. International Journal of Instruction, 15(1), 311-326. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15118ahttps://doi.org/10.29333/iji.2022.15118a