- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Minangkabau
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5312Keywords:
Video Edukasi Gizi, Makanan Tradisional, Budaya MinangkabauAbstract
Pembelajaran mengenal budaya cendrung terlupakan oleh guru sehingga pembelajaran mengenai budaya belum terlaksana. Hal tersebut terlihat dari RPPH bahkan kurikulum yang tidak memuat budaya. Selain itu belum adanya media untuk mengenalkan budaya Minangkabau seperti tentang makanan tradisional, sehingga pengetahuan anak tentang budayanya sendiri masih rendah. Hal ini terlihat dari anak yang belum mengenal nama makanan tradisional Minangkabau bahkan lebih mengenal nama makanan cepat saji dan snack instan.. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Minangkabau Anak Usia Dini yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemention, dan Evaluation). Hasil validitas Pengembangan Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Minangkabau Anak Usia Dini dinyatakan valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai rata-rata Aiken’s V  oleh  ahli materi yaitu 0,83 dan  hasil nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 0,84. Hasil praktikalitas Pengembangan Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Minangkabau Anak Usia Dini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata persentase praktikalitas yaitu 93%. Hasil presentase efektivitas yaitu 96% dan Pengembangan Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Minangkabau Anak Usia Dini dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan media Video Edukasi Gizi Berbasis Makanan Tradisional dalam Pengenalan Budaya Minangkabau Anak Usia Dini dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Adila, A., & Tantoro, S. (2017). Industri Rumahan Makanan Tradisional Dakak-Dakak di Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp
Afrizon, R., & Dwiridal, L. (2017). Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan Lokal Budaya Sumatera Barat. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 9. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.60
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3
Andrasili, J., & Saraswati, M. R. (2018). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Gizi terhadap Terjadinya Obesitas pada Anak SMA di Denpasar. Jurnal Medika, 7(7), 1–7.
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Anwar, S., Aziz, I., & Susanti, D. (2020). Preserving the Value of Minangkabau Culture Through Local Wisdom-Based Education. Atlantis Press: 4th Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2019) Preserving, 124(2), 495–500. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.110
Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi, 3(1), 13–69.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1
Batuwael, E., Lumenta, A. S. ., & Tulenan, V. (2016). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Kebersihan Mulut Pada Anak Umur 5-10 Tahun Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.7.1.2016.10771
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University Of Georgia.
Diem, A. F. (2012). Wisdom of the locality (sebuah kajian: kearifan lokal dalam arsitektur tradisional Palembang). Berkala Teknik, 2(4), 299–305.
Eliza, D. (2019). Wordless and Picture Books Model Development based on Minangkabau Folklore to Build Early Childhood Character and Literacy. Atlantis Press, 178(ICoIE 2018), 498–504. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.107
Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta :Ar-Ruzz Fadlillah.
Falahudin, I., Wigati, I., & Pujiastuti, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan Di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1133
Fallis, A. . (2017). Bentuk-Bentuk Kearifan Lokal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hidayah, M., & Sopiyandi. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Edukasi Buku Saku dan Leaflet terhadap Pengetahuan dan Kepatuhan Diet Pasien Rawat Jalan Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 1(2), 66–69.
Hinga, I. A. T. (2019). Efektifitas Metode Gardening Class sebagai Media Edukasi Gizi bagi Anak Usia Dini pada PAUD di Kota Kupang. CHM-K Applied Scientific Journal, 2(2), 57–62.
Latif, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Lipoeto, N. I., Agus, Z., Oenzil, F., Masrul, M., Wattanapenpaiboon, N., & Wahlqvist, M. L. (2001). Contemporary minangkabau food culture in West Sumatra, Indonesia. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, 10(1), 10–16. https://doi.org/10.1046/j.1440-6047.2001.00201.x
Lyana, V., & Ardoni. (2018). Pembuatan Paket Informasi Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 155–159.
Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.
Mahmud, Y. S. (2019). the Representation of Local Culture in Indonesian Efl Textbooks: Rationales and Implications. Indonesian EFL Journal, 5(2), 61. https://doi.org/10.25134/ieflj.v5i2.1727
Mahyudin, M. (2020). Peran Media Pembelajaran Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 60. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.869
Marliza, R., & Eliza, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Belajar Tanaman Di Taman Kanak-Kanak Aba Air Bangis. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 4(1), 59–63.
Mokhtar, M. K., Mohamed, F., Siang, C. V., & Jumaat, N. F. (2020). Tangible Edutainment Games for Kids using Play-Beyond the Screen Concept. Fusion, 25–29.
Muh. Fahrurrozi, Kharisma, L. P. I., & Khairunnazi, K. (2020). Media Pembelajaran M3 (Membaca, Menulis, Menghitung) Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini. TEKNIMEDIA: Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v1i1.14
Muslim, K. L. (2017). Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Dan Kearifan Lokal. Fuaduna, 1(1), 48–57.
Nurajizah, S. (2017). Media Edukasi Interaktif sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar pada MI Al-Khairiyah Bekasi. Jurnal Teknik Komputer, 3(2), 83–89.
Nurhafizah, N. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang. PEDAGOGI Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).
Nurhaini, & Eliza, D. (2020). Character Module Development Through Minangkabau Traditional Story Based Literacy by Using Role Playing Method at Kindergarten in Padang. Atlantis Press, 449(Icece 2019), 137–141. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.028
Oka, D. N., Adi, N. N. S., & Marhaeni, I. G. A. N. D. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbantuan Video Edukasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Suluh Pendidikan, 16(2), 113—119.
Pahenra, P., Salma, S., Nurlina, N., Said, H., & Asriana. (2021). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16
Pangestu, L. R. (2018). Perancangan Resep Makanan Tradisional Khas Minangkabau. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(2), 1–12.
Peirce, N. (2013). Digital Game-based Learning for Early Childhood. Learnovate Centre.
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165–179. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Priyanto, S., Pribadi, P., & Hamdi, A. (2014). Game Edukasi “Matching Three†Untuk Anak Usia Dini. Game Edukasi “Matching Three†Untuk Anak Usia Dini, 7(2), 32.
Purwaningsih, K. A., Weta, I. W., & Aryani, P. (2019). Asupan Zat Giza dan Status Gizi Anak Vegetarian dan Non Vegetarian Kelas 3-6 Sekolah Dasar di Bhaktivedanta Dharma School. Jurnal Medika, 8(1), 23–26.
Putri, C. R., Hasmunir, & Harun, M. Y. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Murder untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi dengan Menggunakan Metode Game Edukasi Permainan Miskin pada Siswa Kelas X IPS 2 di MAN Banda Aceh 1. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, I(1), 26–37.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649–657. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Putri, S. E., & Eliza, D. (2019). Peningkatan Kerjasama Anak melalui Cerita Minangkabau di Taman Kanak-kanak Nurul Haq Sasak. Inovtech, 1(2), 1–9.
Rinayati, R., Mulyono, M., & Wahyuning, S. (2016). Keefektifan Game Edukasi Gizi sebagai Media Promosi Gizi Anak Sekolah di MI Nurul Islam. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2), 69–147.
Rokhima, R., Khotijah, S., & Sumartiningsih, I. (2019). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar. Junal Pendidikan Matematika, 2(1), 48–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.194
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277–283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741–754.
Sentausa, T. C., Kadaryati, & Setyorini, N. (2018). Analisis Kearifan Lokal Novel Kalamata Karya Ni Made Purnama Sari dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMK. Jurnal Surya Bahtera, 6(53), 525–533.
Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24–34.
Soraya, D., Sukandar, D., & Sinaga, T. (2017). Hubungan pengetahuan gizi, tingkat kecukupan zat gizi, dan aktivitas fisik dengan status gizi pada guru SMP. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 29–36. https://doi.org/10.14710/jgi.6.1.29-36
Steenbergen, L., Sellaro, R., Stock, A., & Beste, C. (2015). Action Video Gaming and Cognitive Control : Playing First Person Shooter Games Is Associated with Improved Action Cascading but Not Inhibition. Plos One, 10(12), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0144364
Sudarmanto, B. A., & Salim, A. (2019). Makanan Tradisional, Bahasa dan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 120–131.
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.
Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100–106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.
Susanti, A. Z. (2018). Jenis-jenis Media dalam Pembelajaran. Artikel Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–16.
Susilana. (2017). Media Pembelajaran. CV Wahana Prima.
Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345
Syamsuarni, & Eliza, D. (2020). The Development of Kato Nan Ampek Picture Storybook Models Through Literacy of Minangkabau Culture to Develop the Character During Early Childhood. Atlantis Press, 449(Icece 2019), 31–35. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.007
Syuhardi, Y. I. (2018). Analisis Strategi Bersaing Industri Makanan Tradisional Khas Sumatera Barat. Journal of Applied Bussiness and Economis, 4(4), 350–359.
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alamâ€. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Trisa, Y., Suprijono, A., & Jacky, M. (2019). Implementation of Local Wisdom of Minang Culture (Studies Of The Minang Diaspora in Surabaya). The Indonesian Journal of Social Studies, 2(1), 27–36.
Wahyuni, S., Tanjung, H. B., & Arif, E. (2019). Hubungan Karakteristik Inovasi dan Kearifan Lokal Terhadap Keberlanjutan Penerapan Teknologi Padi Salibu di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jurnal Penyuluhan, 15(1), 134–143. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v15i1.21237
Waspodo, M. (2012). Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Guru PAUD. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), 77–81.
Wijnker, W., Bakker, A., Gog, T. Van, & Drijvers, P. (2019). Educational Videos from a Film Theory Perspective:Relating Teacher Aims to Video Characteristics. British Journal of Educational Technology, 50(6), 3175–3197.
Wulandari, M., Asmawi, M., & Karnadi, K. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965
Yaswinda, Y., Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi untuk Meningkatkan Kognitif Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 100–109.
Zares, N. M., & Simanungkalit, S. F. (2021). Effect of Nutrition Education Based on Video and Leaflet Towards Nutritional Knowledge of 14th Junior High School Bekasi Student. Indonesian Journal of Nutritional Science, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.52023/ijns.v1i1.2519
Zr, Z., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896