- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Self Control terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5310Keywords:
self control, prokrastinasi akademik siswa, prokrastinasi akademikAbstract
Siswa diwajibkan untuk menyelesaikan tugas akademiknya, namun dalam penyelesaian tugas akademik siswa cenderung mengalami masalah seperti prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self control terhadap prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian adalah kuanititatif korelasional, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 267 siswa yang diambil melalui proportional Stratified Random Sampling dan proses penarikan sampel diawali dengan mengidentifikasikan populasi berdasarkan kelompok kelas menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat prokrastinasi akademik berada pada kategori sedang atau 47%, tingkat self control yang tinggi atau 58%. Berdasarkan uji korelasi terdapat hubungan antara self control dan prokrastinasi akademik sebebesar 36,7%. Temuan penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam penyusunan program BK untuk membantu siswa menghindari prokrastinasi akademik melalui pelayanan BK
Downloads
References
Aisy, D. F., & Sugiyo, S. (2021). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA N 1 Kedungwuni. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,†5(2), 157. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.12068
Dewany, R., Asnah, M. B., & Hariko, R. (2023). Self Control And Parenting Style Of Academic Procrastination In Vocational High School Students. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(1), 1781–1787. https://radjapublika.com/index.php/IJERLAS/article/view/1103
Ghufron, M. N. & R. R. S. (2016). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Hidayati, N., & Aulia, L. A.-A. (2019). Flow akademik dan prokrastinasi akademik. Jurnal Psikologi, 6(2), 128–144. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1832
Junita, E. D., Yuwono, D., & Sugiharto, P. (2014). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 17–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3746
Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orangtua terhadap perilaku prokrastinasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388. https://doi.org/10.29210/30031579000
Khairunnisa, A. (2013). Hubungan Religiusitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Pranikah Remaja di MAN 1 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3322
Maharani, R., S, N., & Effendi, Z. M. (2020). Role Playing in an Effort to Reduce Academic Procrastination for College Students. Psychocentrum Review, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.26539/pcr.22386
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
Rianti, D. F., & Rahardjo, P. (2014). Kontrol Diri Pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kutasari, Purbalingga. Psycho Idea, 12(1), 19–24. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/518
Safiinatunnajah, R., & Fikry, Z. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Pengguna Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2013), 228–233. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/937
Santoso, Imam, and H. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan penelitian dan penelitian gabungan. UNP Press.
Sulistyani, T., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Riset Psikologi, 5(3), 67–76.
Susanti, E. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Unesa. Haracter : Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10995
Syahrin, M. A., & Ardi, Z. (2020). The Contribution of Mobile Game Addiction To Student Academic Procrastination. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(3), 176–180. https://doi.org/10.24036/4.34370
Syahrin, M. A., Yendi, F. M., & Taufik, T. (2019). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 69. https://doi.org/10.23916/08418011
Utaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe Kepribadian Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA †X †Tangerang. Jurnal Psikologi Edukasi, 10(1), 48–57.
Widyastari, D., Atrizka, D., Ramadhani, B., & Damanik, D. S. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(2), 82–91. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i2.25
Zacks, S., & Hen, M. (2018). Academic interventions for academic procrastination: A review of the literature. Journal of Prevention and Intervention in the Community, 46(2), 117–130. https://doi.org/10.1080/10852352.2016.1198154