Pengaruh Self Control terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa

Authors

  • Rahayu Dewany Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurfarhanah Nurfarhanah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rezki Hariko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Megaiswari Biran Asnah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Azmi Ade Karina Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5310

Keywords:

self control, prokrastinasi akademik siswa, prokrastinasi akademik

Abstract

Siswa diwajibkan untuk menyelesaikan tugas akademiknya, namun dalam penyelesaian tugas akademik siswa cenderung mengalami masalah seperti prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self control terhadap prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian adalah kuanititatif korelasional, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 267 siswa yang diambil melalui proportional Stratified Random Sampling dan proses penarikan sampel diawali dengan mengidentifikasikan populasi berdasarkan kelompok kelas menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat prokrastinasi akademik berada pada kategori sedang atau 47%, tingkat self control yang tinggi atau 58%. Berdasarkan uji korelasi terdapat hubungan antara self control dan prokrastinasi akademik sebebesar 36,7%. Temuan penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam penyusunan program BK untuk membantu siswa menghindari prokrastinasi akademik melalui pelayanan BK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, D. F., & Sugiyo, S. (2021). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA N 1 Kedungwuni. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,†5(2), 157. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.12068

Dewany, R., Asnah, M. B., & Hariko, R. (2023). Self Control And Parenting Style Of Academic Procrastination In Vocational High School Students. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(1), 1781–1787. https://radjapublika.com/index.php/IJERLAS/article/view/1103

Ghufron, M. N. & R. R. S. (2016). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hidayati, N., & Aulia, L. A.-A. (2019). Flow akademik dan prokrastinasi akademik. Jurnal Psikologi, 6(2), 128–144. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1832

Junita, E. D., Yuwono, D., & Sugiharto, P. (2014). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 17–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3746

Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orangtua terhadap perilaku prokrastinasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388. https://doi.org/10.29210/30031579000

Khairunnisa, A. (2013). Hubungan Religiusitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Pranikah Remaja di MAN 1 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3322

Maharani, R., S, N., & Effendi, Z. M. (2020). Role Playing in an Effort to Reduce Academic Procrastination for College Students. Psychocentrum Review, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.26539/pcr.22386

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Rianti, D. F., & Rahardjo, P. (2014). Kontrol Diri Pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kutasari, Purbalingga. Psycho Idea, 12(1), 19–24. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/518

Safiinatunnajah, R., & Fikry, Z. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Pengguna Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2013), 228–233. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/937

Santoso, Imam, and H. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan penelitian dan penelitian gabungan. UNP Press.

Sulistyani, T., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Riset Psikologi, 5(3), 67–76.

Susanti, E. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Unesa. Haracter : Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10995

Syahrin, M. A., & Ardi, Z. (2020). The Contribution of Mobile Game Addiction To Student Academic Procrastination. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(3), 176–180. https://doi.org/10.24036/4.34370

Syahrin, M. A., Yendi, F. M., & Taufik, T. (2019). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 69. https://doi.org/10.23916/08418011

Utaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe Kepribadian Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA †X †Tangerang. Jurnal Psikologi Edukasi, 10(1), 48–57.

Widyastari, D., Atrizka, D., Ramadhani, B., & Damanik, D. S. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(2), 82–91. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i2.25

Zacks, S., & Hen, M. (2018). Academic interventions for academic procrastination: A review of the literature. Journal of Prevention and Intervention in the Community, 46(2), 117–130. https://doi.org/10.1080/10852352.2016.1198154

Downloads

Published

28-09-2023

How to Cite

Dewany, R., Nurfarhanah, N., Hariko, R., Asnah, M. B., & Karina, A. A. (2023). Pengaruh Self Control terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5283–5288. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5310

Issue

Section

Articles