- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Video Animasi Putri Tujuh untuk Penanaman Nilai Karakter di Taman Kanak-Kanak Melati
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5308Keywords:
video animasi putri tujuh, penanaman nilai karakter, anak usia diniAbstract
Penanaman karakter sejak dini sangat menentukan pembentukan kepribadian anak. Pengenalan Budaya Melayu Riau sebagai jati diri dan karakter anak budaya melayu riau sangat penting bagi anak dalam mewarisi budaya yang ada di lingkungan masyarakatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk Pengembangan Video Animasi Putri Tujuh untuk Penanaman Nilai Karakter di Taman Kanak-Kanak Melati. Produk ini dikembangkan sesuai dengan tahapan perkembangan anak dengan tema dan sub tema serta indikator yang dilaksanakan menurut kurikulum 2013 PAUD. Penelitian ini menggunakan Metode research and development dari ADDIE dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba dilakukan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas produk Pengembangan Video Animasi Putri Tujuh untuk Penanaman Nilai Karakter di Taman Kanak-Kanak Melati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Video Animasi Putri Tujuh dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk Penanaman Nilai Karakter di Taman Kanak-Kanak Melati.
Downloads
References
Ealthy:Erupean Association of Language Teacher for Healthcaremn8i, 6.
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3
Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi, 3(1), 13–69.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943
Arkas, N., & Suryana, D. (2022). Pengenalan Budaya Melayu Riau Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1–5.
Asril, A. (2022). Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda Melalui Kearifan Lokal Budaya Melayu Riau. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 4(1), 11–17.
Atmojo, S. A., Yani, A. R., & Widyasari. (2021). Video Animasi Kisah Atlantis Land untuk Meningkatkan Daya Tarik Diorama Atlantis Land. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 6(1), 10–21.
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University Of Georgia.
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Dewi, L. M. I., & Rimpiati, N. L. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini. Jepun: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyama Putra, 1(1), 31–46.
Elmayanti, E., & Ferawati, F. (2021). Nilai-Nilai Budaya Melayu Dalam Sistem Pemerintahan Kepenghuluan Pada Masyarakat Adat Kampung Kuala Gasib di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Journal of Education and …, 1(2), 18–25. https://www.jurnalindrainstitute.com/index.php/jec/article/view/88
Fallis, A. . (2017). Bentuk-Bentuk Kearifan Lokal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Finoza, W., & Erlinda, E. (2017). Tari Putri Tujuh Karya Elya Zusra sebagai Transformasi Legenda Kota Dumai. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 1(1), 1–11. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/article/view/30
Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa IV SD Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489
Hasyim, R. (2017). Dari Mitos Tujuh Putri Hingga Legitimasi Agama: Sumber Kekuasaan Sultan Ternate. Sasdaya: Gadjah Mada Journal of Humanities, 1(2), 144–163. https://doi.org/10.22146/sasdayajournal.27777
Hidayah, W. N., Nashoih, A. K., & Ami, M. S. (2020). Pengaruh Video Animasi Virus Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Eduscope, 06(02), 24–29.
Impronah, I., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Zepeto untuk Materi Metamorfosis Kupu-Kupu untuk SD/MI. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.392
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756
Irawan, F., & Rahardjo, W. D. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Memelihara Komponen Sistem Karburator Menggunakan Video Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(2), 63–66.
Kurniawan, D. candra, Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Laith Younus, L., & Ra’aoof Kareem, N. (2021). Agency as Rhetorical Device in the Discourse of kids Animated Learning Videos on Covid- 19 Virus. Arab World English Journal, 12(3), 486–506. https://doi.org/10.24093/awej/vol12no3.33
Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.
Maharani, P. A., Azizah, E. N. N., & Susdarwati, S. (2021). Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 159. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.505
Mahyuddin, N., Fitria, Y., Siti, D., Herfita, R., Anggraini, W., & Azhari, L. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Pembelajaran Sains melalui Metode Demonstrasi Pengolahan Pisang di Taman Kanak-Kanak Firdausi Nuzula Kecamatan Lubuk Alung. FIP UNP.
Mahyuddin, N., Mela, Y. R., & Pransiska, R. (2016). Learning Model of Polite Language By CD Interactive Learning At Kindergarten Throughout West Sumatera. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 4(1), 38–50. https://doi.org/10.24269/jin.v4n1.2019.pp38-50
Majid, A. S., & Ramadan, Z. H. (2021). Etnopedagogi Pada Mata Pembelajaran Budaya Melayu Riau (BMR) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Marliza, R., & Eliza, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Belajar Tanaman Di Taman Kanak-Kanak Aba Air Bangis. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 4(1), 59–63.
Maruliana, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dengan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Video Interaktif. Jurnal Padegogik Matematika, 2(2), 110–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v2i2.975
Matsuri, Joko Daryanto, K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, 3(2), 59–65.
Muslimah, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Room Service Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK N 1 Sewon. In Skripsi. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Nurhafizah, N. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang. PEDAGOGI Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 118–139. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Oktavia, M., Heldi, H., & Pebriyeni, E. (2018). Visualisasi Buku Cerita Bergambar Putri Tujuh Provinsi Riau Pelestarian Nilai-nilai Tradisional. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2), 1–17.
Olvido, M. M. J. (2021). Developing research culture: An outcomes perspective. Journal of Research Administration, 52(1), 15–37.
Putri, S. E., & Eliza, D. (2019). Peningkatan Kerjasama Anak melalui Cerita Minangkabau di Taman Kanak-kanak Nurul Haq Sasak. Inovtech, 1(2), 1–9.
Rahmi, E., & Cerya, E. (2019). Pelatihan Perancangan Kuis dan Video Pembelajaran Interaktif, Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SLTPN 7 Kota Payakumbuh. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/sb.0430
Rakimahwati, R., & Roza, D. (2020). Developing of Interactive Game Based on Role Play Game to Improve the Reading Abilities. Journal of Nonformal Education, 6(2), 193–201. https://doi.org/10.15294/jne.v6i2.25574https://doi.org/10.15294/jne.v6i2.25574
Ramadhani, A. S., Siregar, S. N., & Saragih, S. (2021). Pengembangan Soal HOTS Berkonteks Budaya Melayu Riau pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP / MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 277–292.
Ramdhani, W., & Ahmal, A. (2021). Televisi Lokal Riau Televisi (Rtv) dan Kontribusinya dalam Pelestarian Budaya Melayu di Provinsi Riau (2001-2020). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9324–9330. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2472
Reinhardt, M. J.; Moses, T.; Arkansas, K.; Ormson, B.; Ward, G. K. (2020). Culture and Language.
Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700
Rosmaya, I., Sulaeman, S., & Purwati, N. H. (2019). Pengaruh Video Interaktif dan Media Gambar terhadap Kemampuan Merawat Diri pada Anak Tunagrahita. Journal of Telenursing, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.31539/joting.v1i1.494
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277–283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741–754.
Semara, I. P. T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99–107. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.
Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100–106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.
Susilo, A., & Mareta, W. (2021). Video Animasi Sebagai Sarana Meningkatkan Semangat Belajar Mata Kuliah Media Pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. JES:Jurnal Eduscience, 8(1), 30–38.
Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Trisa, Y., Suprijono, A., & Jacky, M. (2019). Implementation of Local Wisdom of Minang Culture (Studies Of The Minang Diaspora in Surabaya). The Indonesian Journal of Social Studies, 2(1), 27–36.
Waspodo, M. (2012). Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Guru PAUD. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), 77–81.
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 262–279. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Yasri, R. A., Ambiyar, A., & Mulianti, M. (2019). Penerapan Video Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i1.4923
Yaswinda, Y., Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi untuk Meningkatkan Kognitif Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 100–109.