Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango

Rusmin Husain(1Mail), Anton Kaharu(2),
(1) Pendidikan Guru Dasar , Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
(2) Teknil Sipil Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Rusmin Husain

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Download Full Text:   [File Size  : 603KB]  Language : ID
Received : 2020-05-01  |  Published : 2020-05-08

Abstract


Menghadapi era global yang diperkirakan ketat dengan persaingan disegala bidang kehidupan, khususnya dunia kerja yang semakin kompetitif, tidak ada alternatif lain selain berupaya meningkatkan kulaitas sumber daya manusia melalui upaya peningkatan mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikan. Pada abad 21 nanti tantangan guru pendidikan anak usia dini tidak ringan, akan tetapi semakin berat. Di sisi lain tugas guru pendidikan anak usia dini tidak sederhana tetepi semakin kompleks. Untuk menghadapi tantangan yang semakin berat dan tugas yang semakin kompleks itulah maka profesionalisme guru PAUD harus dapat ditingkatkan dari yang sudah ada selama ini. Guru pendidikan anak usia dini pada abad 21 ini dan abad selanjutnya ditantang untuk melakukan ekseletasi terhadap perkembangan informasi dan komunikasi. Pembelajaran di kelas dan pengelolaan kelas, pada abad ini haruslah disesuaikan dengan standar kemajuan ilmu, teknologi, dan komunikasi.


Keywords


abad-21; pendidikan anak usia dini; anak usia dini

References


Aasen, W., & Sadownik, A. R. (2019). Does the New Kindergarten Teacher Education Program in Norway Provide Good Conditions for Professional Kindergarten Teachers ? 7, 1–7. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071301

Anagün, Ş. S. (2018). Teachers’ perceptions about the relationship between 21st century skills and managing constructivist learning environments. International Journal of Instruction, 11(4), 825–840. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11452a

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Motodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). “Kebun Buah” Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

B Boholano, H. (2017). Smart Social Networking: 21st Century Teaching andLearning Skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Garba, S. A., Byabazaire, Y., & Busthami, A. H. (2015). Toward the use of 21st century teaching-learning approaches: The trend of development in Malaysian schools within the context of Asia Pacific. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 10(4), 72–79. https://doi.org/10.3991/ijet.v10i4.4717

Göksün, D. O., & Kurt, A. A. (2017). The relationship between pre-service teachers’ use of 21st century learner skills and 21st century teacher skills. Egitim ve Bilim, 42(190), 107–130. https://doi.org/10.15390/EB.2017.7089

Ibrahim, B. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 234. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99–117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Lemley, J. B., Schumacher, G., & Vesey, W. (2014). What Learning Environments Best Address 21st-Century Students’ Perceived Needs at the Secondary Level of Instruction? NASSP Bulletin, 98(2), 101–125. https://doi.org/10.1177/0192636514528748

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. 1–8.

Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis (Terjemah). UI Press.

Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru : Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665

Nessipbayeva, O. (2019). The competencies of the modern teacher. International Perspectives on Education, 148–154. http://bit.ly/2fRwNoY

Peterson, T., Veisson, M., Hujala, E., Härkönen, U., Johansson, I., Bakosi, E. K., Peterson, T., Veisson, M., Hujala, E., & Härkönen, U. (2016). Professionalism of preschool teachers in Estonia ,. European Eraly Childhood Education Research Journal, 24(1), 136–156. https://doi.org/10.1080/1350293X.2015.1120529

Prayogi, R. D., Estetika, R., Pascasarjana, S., & Surakarta, U. M. (2019). Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa. 14(2), 144–151.

Roza, D., Nurhafzah, & Yaswinda. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 267–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Seidman, E., Kim, S., Raza, M., Ishihara, M., & Halpin, P. F. (2018). Assessment of pedagogical practices and processes in low and middle income countries: Findings from secondary school classrooms in Uganda. Teaching and Teacher Education, 71, 283–296. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.017

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1), 52. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.48

Tanang, H., & Abu, B. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi , Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, 3(2), 25–42. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25

Zubaidi, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Profesionalisme Guru dan Efektivitas Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 1060–1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505


Article Metrics

 Abstract Views : 282 times
 PDF Downloaded : 87 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.