- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Keuangan Syariah pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5263Keywords:
literasi keuangan syariah, anak usia 5-6 tahun, pendidikan anak usia diniAbstract
Pendidikan literasi keuangan sejak dini dapat mengembangkan keterampilan yang baik dalam mengelola keuangan di masa dewasa, sehingga penting untuk menanamkan nilai-nilai literasi keuangan syariah pada anak PAUD. Penelitian ini dimaksudkan dengan tujuan menciptakan kerangka pembelajaran literasi keuangan syariah bagi anak berusia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak. Model pengembangannya ialah ADDIE dengan dua tahap uji coba skala terbatas 2 guru dan 15 anak dan skala besar dan uji efektivitas kepada 55 anak dan 6 guru. Teknik pengumpulan dengan wawancara, angket validasi dari ahli materi, ahli media, ahli instrumen, angket respon pengguna, dan daftar cek penilaian. Teknik analisis data dan uji efektivitas dengan uji Paired T Test dengan taraf sig 0,05. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwasannya pengembangan model pembelajaran literasi keuangan syariah dengan pendekatan inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pemahaman literasi keuangan syariah anak usia 5-6 tahun mengalami perubahan signifikan terhadap pemahaman literasi keuangan syariah anak pada setiap series.
Downloads
References
Ahmad, S., Ch, H. A., Batool, A., Sittar, K., & Malik, M. (2016). Play and Cognitive Development : Formal Operational Perspective of Piaget ’ s Theory. Journal of Education and Practice, 7(28), 72–79. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1118552.pdf
Amagir, A., Groot, W., & Wischut, A. (2018). A review of financial-literacy education programs for children and adolescents. Citizenship, Social and Economics Education, 17(1), 56–80. https://doi.org/10.1177/2047173417719555
Amelia, Z., & Rahmadani, A. (2023). Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) untuk Meningkatkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 7(5), 5143–5154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4066
Arianti, S., Syamsuddin, M. M., & Jumiatmiko. (2022). Hubungan pengajaran pendidikan keuangan dengan kemampuan literasi keuangan anak usia 4-5 tahun. Kumara Cendekia, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.57223
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.
Ariyani, D. (2018). Pendidikan literasi keuangan pada anak usia dini di tk khalifah purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100
Asyhad, M., & Handono, W. A. (2019). Urgensi Literasi Keuangan Syariah Pada Pendidikan Dasar. MIYAH: Jurnal Studi Islam. https://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/124
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department Of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9). https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikislamica/article/view/1204
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Kemendikbud. (2015). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.
Keuangan, O. J. (2022a). Literasi keuangan bagi anak usia dini: Apa pentingnya? https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20629
Keuangan, O. J. (2022b). Siara pers: Survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2022. pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspxhttps://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial Literacy around the World: an overview. Journal of Pension Economics & Finance, 10, 497–508. https://www.nber.org/papers/w17107
Masnan, A. H., & M.curugan, A. A. (2016). Financial Education Program For Early Childhood Education. International Journal of Academic in Business and Social Sciences, 6(12), 113–120. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v6-i12/2477
Mukhlisin, M., Nurzaman, M., Samidi, S., Nasution, A., Permata, A. (2019). Strategi Nasional Pengembangan Materi Edukasi Untuk Peningkatan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah. Direktorat Pendiidkan dan Riset Keuangan Syariah, komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).
Nabila, A., Devi, A., & Indriya, I. (2021). Konseptualisasi peran strategis pada pendidikan literasi keuangan syariah anak melalui pendekatan systematic review di tk ra al-mu’min gunung putri. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 79–95. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.481
Nasution, A., & Fatira, M. (2020). Analisis Faktor Kesadaran Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Keuangan Dan Perbakan Syariah. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 40-63. http://dx.doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4258
Raihana. (2018). Urgensi sekolah paud untuk tumbuh kembang anak usia dini. Generasi Emas, 1(1), 17. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251
Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(12). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom (Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer), 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Sari, R. C., Ilyana, S., & Widyawati. (2013). Model Pembelajaran Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini. Google Books, 1–83.
Skinner, B. F. (1965). Science and human behavior. Free Press.
Sosin, K., Dick, J., & Reiser, L. M. (1997). Determinants of Achievement of Economics Consepts by Elementary School Students. The Journal of Economic Education, 28(2), 100–121. https://www.jstor.org/stable/1182906
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wartomo. (2017). Membangun Budaya Literasi Sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 1–17. http://repository.upy.ac.id/1815