- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kurikulum Merdeka di Sekolah Ramah Anak berbasis Islam dan Bilingual
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5261Keywords:
pendekatan bilingual, kurikulum merdeka, sekolah ramah anak berbasis islamAbstract
Implementasi konsep sekolah yang ramah terhadap anak, dengan dasar kurikulum merdeka, memiliki tujuan lebih dari sekadar menanggapi beberapa masalah pada kualitas individu serta isu-isu dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Lembaga Pendidikan anak usia dini (PAUD). Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif (Interactive Model of Analisys) Miles & Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka di sekolah ramah anak berbasis Islami dan Bilingual masih menuju proses keberhasilan dalam penerapan kurikulum merdeka pada perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Kepala sekolah dan seluruh steakholder tidak menyerah untuk terus berusaha mencapai tujuan utama penerapan kurikulum adalah untuk membentuk SDM yang berkualitas unggul dan berdaya saing tinggi, dan menguatkan Pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila.
Downloads
References
Adisti, A. R., Yuliasri, I., Hartono, R., & Fitriati, S. W. (2022). Pengembangan literasi digital pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini dalam menyambut kurikulum merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 111–119. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Ashfarina, I. N., & Soedjarwo, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/442
Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453
Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596
Herminingsih, D. I. (2013). Types of bilingual education program. Lingua Scientia, 5(2), 207–217.
Jaya, A., Hartono, R., Syafri, F., & Haryanti, R. P. (2023). Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 6(1), 142–147. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Kemdiknas, B. (2006). Kajian Terhadap Keberadaan Dan Pendanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI ). Jurnal Dikbud, 2006, 373–82.
Kemenristekdikti. (2021). Paparan Pembelajaran Paradigma Baru.
KSPSTK. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD Lab School FIP UMJ: Antara Peluang dan Tantangan. https://kspstendik.kemdikbud.go.id/read-news/implementasi-sekolah-ramah-anak-di-sd-lab-school-fip-umj-antara-peluang-dan-tantangan
Mardiah, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Paud. 1–13.
Mujtahid. (2017). Pengembangan madrasah dan sekolah islam unggulan. 50, 274–289.
Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. In Bumi Aksara. Bumi Aksara.
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
Pirman, S. dan. (2015). Bilingual Education Program. Prenadamedia Group.
Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual. 10(2), 167–178.
Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps/article/view/1383
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Susilo, M. (2022). “Best Practice Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kota Yogyakarta,.â€
Wasis, S. (2022). Pentingnyapenerapanmerdekabelajar Pada Pendidikananakusia Dini (PAUD). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078