- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Identifikasi Pola Asuh Penanaman Nilai Keagamaan dan Etika pada Masa Golden Age
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5259Keywords:
pola asuh, penanaman nilai keagamaan dan etika, anak usia diniAbstract
Berdasarkan penagamatan, penanaman nilai keagamaan dan moral anak dari 4 aspek yang diamati  belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan  parenting terhadap penanaman nilai keagamaan serta etika anak di PAUD Kemala Bhayangkari 01 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix methods). Subjeknya ada 10 anak  serta melibatkan 20 orang tua yang berkaitan dengan parenting. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mengukur penanaman nilai agama dan moral anak melalui rubrik penilaian. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan 5 orang tua (25%) dengan parenting otoriter, 13 orang tua (65%) parenting demokratis dan 2 orang tua (10%) dengan parenting permisif. Pada aspek sopan santun, persentase tertinggi berkembang sesuai harapan 61,54%, aspek disiplin, persentase tertinggi berkembang sesuai harapan 61,54%, membiasakan diri untuk beribadah, persentase tertinggi mulai berkembang 69,23% serta kebersihan diri dan lingkungan, persentase tertinggi berkembang sangat baik 80%. Dengan demikian parenting orang tua dapat berpengaruh terhadap penanaman nilaiÂ
Downloads
References
Alawiyah, F. S., & Masruroh, L. (2020). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Masa Pandemi di TK Al-Hidayah Lumajang. Genius, 1(1), 43–60. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.15
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Aprilia, F., & Wardhani, J. D. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4069
Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959
Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441.
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Harahap, I. M. S. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. 114. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456
Isnainia, & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968
Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147
Katmini, & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua dan Hubungannya Terhadap Kemampuan ADL pada Anak Retardasi Mental di SLB Yayasan Putra Asih. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Ilmu Kesehatan Strada, 5, 163–164. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/444
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Kusumaningrum, R. A., Iranita, & M.Syuzairi. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Pada Usaha Keripik Tempe Sarimas Kota Tanjungpinang. Soj Umrah, 2(2), 1348–1357. http://repositori.umrah.ac.id/2244
Mardi & Na'imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 3 No.1 https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara Perhatian yang Diberikan Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8
Nurhayati, Amrullah, Fitriana, & Awalunisah, S. (2020). The Storytelling Method Based on Local Wisdom on Moral Values of 5-6 Years Old Children. 387(Icei), 393–397. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.92
Nurhayati, Sita Awalunisah, A. (2019). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AKRAB JUARA, 4(2),181–195. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/576
Nurhayati, N., Suwika, I. P., & Saphira, D. (2022). Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Pengenalan Nilai Agama Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4255–4265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2544
Nurhayati, S Wulanda. (2019). Penerapan Nilai Agama Melalui Metode Demonstrasi Di Kelompok B TK Negeri Pembina Sindue Tobata Oti. Jurnal Bungamputi, 5(2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/15887
Permadani, E. D. . (2016). Peningkatan perilaku sopan santun anak melalui metode sosiodrama pada kelompok b tk negeri Pembina kecamatan peringkuku tahun ajaran 2015/2016. Jurnal FKIP UNS, 4910, 1–6. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/7352
Putra, F. Y. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia Prasekolah Di Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3174
Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022
Salasiah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Rutinitas. E-CHIEF Journal, 1(1), 12. https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372
Sari, F. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Moral Anak Di Kelompok B2 TK Al-Iqro Kelurahan Duyu. Universitas Tadulako.
Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638
Suwika, I. P., Nurhayati, N., Amrullah, A., & Sindy, S. (2023). Hubungan Parenting dalam Penanaman Karakter Murid Kelompok B pada Masa COVID -19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1575–1586. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4227
Suyadi, Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Ulfadhilah, K. (2023). Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berbasis Layanan Holistik Integratif. 7(3), 3314–3322. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4413
Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/272/142
Yusmiatinengsih, R. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 18–41. https://doi.org/10.21009/jiv.0701.3