Identifikasi Pola Asuh Penanaman Nilai Keagamaan dan Etika pada Masa Golden Age

Authors

  • Rahmatia Rahmatia Taman Kanak-Kanan Kemala Bhayangkari, Kota Palu, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sita Awalunisah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5259

Keywords:

pola asuh, penanaman nilai keagamaan dan etika, anak usia dini

Abstract

Berdasarkan penagamatan,  penanaman nilai keagamaan dan moral anak dari 4 aspek yang diamati   belum berkembang dengan baik.  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan  parenting terhadap penanaman nilai keagamaan serta etika anak di PAUD Kemala Bhayangkari 01 Palu. Metode penelitian yang digunakan  adalah  kombinasi  pendekatan  kuantitatif  dan  kualitatif (mix methods). Subjeknya  ada 10 anak   serta  melibatkan 20 orang tua yang berkaitan dengan parenting. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mengukur penanaman nilai agama dan moral anak melalui rubrik penilaian. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan 5 orang tua (25%) dengan parenting otoriter, 13 orang tua (65%) parenting demokratis dan 2 orang tua (10%) dengan parenting permisif. Pada aspek sopan santun, persentase tertinggi berkembang sesuai harapan 61,54%, aspek disiplin, persentase tertinggi berkembang sesuai harapan 61,54%, membiasakan diri untuk beribadah, persentase tertinggi mulai berkembang 69,23% serta kebersihan diri dan lingkungan, persentase tertinggi berkembang sangat baik 80%. Dengan demikian parenting orang tua dapat berpengaruh terhadap penanaman nilai 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, F. S., & Masruroh, L. (2020). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Masa Pandemi di TK Al-Hidayah Lumajang. Genius, 1(1), 43–60. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.15

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Aprilia, F., & Wardhani, J. D. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4069

Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Harahap, I. M. S. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. 114. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Isnainia, & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968

Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147

Katmini, & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua dan Hubungannya Terhadap Kemampuan ADL pada Anak Retardasi Mental di SLB Yayasan Putra Asih. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Ilmu Kesehatan Strada, 5, 163–164. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/444

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusumaningrum, R. A., Iranita, & M.Syuzairi. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Pada Usaha Keripik Tempe Sarimas Kota Tanjungpinang. Soj Umrah, 2(2), 1348–1357. http://repositori.umrah.ac.id/2244

Mardi & Na'imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 3 No.1 https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara Perhatian yang Diberikan Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8

Nurhayati, Amrullah, Fitriana, & Awalunisah, S. (2020). The Storytelling Method Based on Local Wisdom on Moral Values of 5-6 Years Old Children. 387(Icei), 393–397. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.92

Nurhayati, Sita Awalunisah, A. (2019). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AKRAB JUARA, 4(2),181–195. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/576

Nurhayati, N., Suwika, I. P., & Saphira, D. (2022). Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Pengenalan Nilai Agama Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4255–4265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2544

Nurhayati, S Wulanda. (2019). Penerapan Nilai Agama Melalui Metode Demonstrasi Di Kelompok B TK Negeri Pembina Sindue Tobata Oti. Jurnal Bungamputi, 5(2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/15887

Permadani, E. D. . (2016). Peningkatan perilaku sopan santun anak melalui metode sosiodrama pada kelompok b tk negeri Pembina kecamatan peringkuku tahun ajaran 2015/2016. Jurnal FKIP UNS, 4910, 1–6. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/7352

Putra, F. Y. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia Prasekolah Di Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3174

Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022

Salasiah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Rutinitas. E-CHIEF Journal, 1(1), 12. https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372

Sari, F. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Moral Anak Di Kelompok B2 TK Al-Iqro Kelurahan Duyu. Universitas Tadulako.

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638

Suwika, I. P., Nurhayati, N., Amrullah, A., & Sindy, S. (2023). Hubungan Parenting dalam Penanaman Karakter Murid Kelompok B pada Masa COVID -19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1575–1586. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4227

Suyadi, Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100

Ulfadhilah, K. (2023). Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berbasis Layanan Holistik Integratif. 7(3), 3314–3322. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4413

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/272/142

Yusmiatinengsih, R. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 18–41. https://doi.org/10.21009/jiv.0701.3

Downloads

Additional Files

Published

28-10-2023

How to Cite

Rahmatia, R., Nurhayati, N., & Awalunisah, S. (2023). Identifikasi Pola Asuh Penanaman Nilai Keagamaan dan Etika pada Masa Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5993–6004. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5259

Issue

Section

Articles