
Author
Desti Fatin Fauziyyah(1

Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia; Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pasundan, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(3)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(4)

Published : 2023-09-17
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 852 times
PDF Downloaded: 442 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis peran guru dalam pembelajaran berbasis cerita anak realis sebagai pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini. Metode penelitian kualitatif deskriptif melalui data Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian ini, peran guru sangat penting sebagai motivator, inspirator, dan stimulator. Guru menciptakan pengalaman menyenangkan melalui pemilihan cerita anak realis sesuai dengan usia dan minat anak, menciptakan suasana menyenangkan, serta memperkaya cerita dengan kegiatan tambahan. Guru juga menggunakan pertanyaan terbuka dan memberikan umpan balik. Selain itu, peran guru melibatkan memberikan contoh, menanamkan nilai-nilai karakter yang baik, dan berkontribusi dalam pembentukan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif anak-anak. Guru juga membantu anak-anak mencari solusi terbaik dalam masalah sehari-hari mereka. Dengan demikian, guru tidak sebagai pendidik, pengarah dan pemandu anak-anak melakukan proses pembelajaran yang menyenangkan dan berharga sepanjang hidup mereka.
Keywords
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Apriliya, S., Sunendar, D., Mulyati, Y., & Sumiyadi, S. (2019). Holistic and attractive: Children’s story book with STEM for elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 6–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012071
Damaianti, V. S. 2021. Literasi Membaca Hasrat Memahami Makna Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.
Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42–51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Fauziyyah, D. F., & Sumiyadi. (2020). Nilai-Nilai Didaktis dalam Novel Burung-Burung Kecil Karya Kembangmanggis. Semantik, 9(1), 41–50. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1667
Fauziyyah, D. F., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(Volume 10), 61–70. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2800
Fauziyyah, D. F., Sunendar, D., Sumiyadi, & Damaianti, V. S. (2022). Kajian Sosiologi Sastra Cerita Anak Apa Kabar, Rindu? Karya Ahliva Zeyn (pp. 191–196). Bandung: PBI s2 & S3 FPBS UPI. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/2631
Fitri, D., Marhun, M., & Inten, D. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Riyadhul Ulfah. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3545
Hidayah, N., Handayani, A., & Purnamasari, I. (2022). Habituasi Membacakan Buku Cerita Untuk Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 8(1), 13–20. https://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3/article/view/12967/0
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Rosda Karya.
Isnaniah, S., Hasanah, D. U., Rahmawati, E., & Agustina, T. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Wonogiri. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 3(1), 194–203. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.116
Lyesmana, D., Musthafa, B., & Sunendar, D. (2022). The Role of Mother’s Education and Early Skills in Language and Literacy Learning Opportunities. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21 (8), 129-143. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.8.8
Masie, S. R., Malabar, S., & Didipu, H. (2022). Model Growth Mindset dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Anak. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(1), 99. https://doi.org/10.26499/jentera.v11i1.4801
Nuraini, B. T., & Agung, A. A. G. (2022). Video Cerita Bergambar Digital Pada Tema Tumbuhan Sub Tema Sayuran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 173–182. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48754
Nurfaidah, N., & Anhar, A. S. (2021). Upaya Guru Dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Agama Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Delima Desa Kole. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 3(1), 76–96. https://doi.org/10.52266/pelangi.v3i1.648
Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora, 16(2), 107–122. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jh.811
Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252
Oktavia, D. M., & Madya, J. D. (2021). Upaya Penanaman Pendidikan Akhlak Melalui Metode Cerita Bergambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Health Sains, 2(2), 203–217. https://doi.org/10.46799/jhs.v2i2.186
Permana, A. et al. (2023). Strategi dan eksistensi gerakan literasi di tengah pandemi. Diglosia, 7(1), 190–197. Retrieved from https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/4638
Septy, D., Fauziah, M., & Zulfiati, H. M. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Sikap Sosial. Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10, 478–487. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/57205
Solihin, L., Pratiwi, I., Atmadiredja, G., & Utama, B. (2020). Darurat Literasi Membaca di Kelas Awal: Tantangan Membangun SDM Berkualitas. Masyarakat Indonesia, 46(1), 34–48. https://jmi.ipsk.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/view/914
Sriwijayanti, R. P., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Pelatihan Menulis Kreatif dalam Konteks Cerita Anak Melalui Project-based Learning: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(2), 367–372. https://doi.org/10.47679/ib.2022231
Subanindro, S. (2022). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri siswa melalui program CERIA cerita anak di kelas IV. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.123
Sufiati, V., & Paramita, M. V. A. (2021). Bagaimana Literasi Dini dengan Cerita Sebelum Tidur? Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.32837
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Sumiyadi. (2014). Sanggar Sastra (Pengalaman Artistik dan Estetik Sastra). Bandung: Alfabeta.
Sumiyadi. (2021). Kesusastraan Indonesia Teori, Pengkajian, dan Model Pembelajaran. Bandung: Upi Press.
Sunendar, D., Darmawangsa, D., & Sukmayadi, V. (2021). Thriving in Indonesian Academia: French Students’ Intercultural Communication Competence in Studying Abroad. Journal of Intercultural Communication, 21 (1), 80-91. https://doi.org/10.36923/jicc.v21i1.7
Suwarna, & Jatirahayu, W. (2013). Pembelajaran Karakter Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 274–287. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2750https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2750
Yurni. (2015). 225483-Perasaan-Kesepian-Dan-Self-Esteem-Pada-M-4Fb638Eb, 15(4), 123–128. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/134
Refbacks
- There are currently no refbacks.