- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Pola Asuh Keluarga terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5244Keywords:
anak usia dini, disiplin, pola asuh keluargaAbstract
Jenis pengasuhan yang diterima anak dari rumah mempengaruhi kedisiplinan anak, namun usaha preventif keluarga untuk mengembangkan disiplin ke anak usia dini di rasa masih minim. Penelitian dimaksud guna mengkaji atau mengungkap keterkaitan antara nilai-nilai orang tua (keluarga) dengan pendidikan anak. Proses pengumpulan data menggunakan proses kajian pustaka yang meliputi artikel, esai, skripsi, tesis, disertasi, maupaun sumber-sumber data lainnya yang relevan dengan permasalahan dalam penelitian, menggabungkan semua temuan, menganalisis semuanya, kemudian mengkritisi dan memberikan pendapat. Penelitian ini menyimpulkan ada keterkaitan pola asuh keluarga dalam menunjang kedisiplinan pada anak usia dini. Kedisiplinan pada anak usia dini didapatkan dari pola asuh keluarga. Adanya perbedaan gaya pola asuhan memiliki efek berbeda pada anak-anak. Gaya pengasuhan seperti pengasuhan yang permisif, demokratik, maupun otoriter, pasti akan mempengaruhi perkembangan anak di masa mendatang.
Downloads
References
Ahmad, M., Nawawi, M. A., Ruslan, A., & Erlangga, G. (2022). Edukasi Terhadap Orang Tua dalam Mendampingi Anak Memasuki Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1353–1358. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11242
Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i1.824
Anami, Bila, Rachmawati, Olifiya, & Minsih. (2022). Penerapan Bimbingan Belajar Mendisplinkan Siswa Sekolah Dasar. 4(1), 22–31. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.244
Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction, 4. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3084
Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565
Bibi. (2013). Contribution of Parenting Style in Life Domain of Children. IOSR Journal of Humanities and Social Science. https://doi.org/10.9790/0837-1229195
Elom, S. N. S., & Adi, P. (2019). Peran Orangtua dalam Menamkan Kedisiplinan Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 220–227. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/view/218
Hardianti, F., & Adawiyah, R. (2023). Dampak pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 7(1), 171–177. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.17444
Irma. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Invatia.
Juharta, Y. N. F., Tjalla, A., & Hidayat, D. R. (2015). Perbedaan Regulasi Diri Siswa Dalam Belajar Dilihat Dari Pola Asuh Authoritative, Authoritarian Dan Permisif. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 120. https://doi.org/10.21009/insight.041.18
Karmakar, R. (2015). Does Parenting Style Influence the Internalization of Moral Values in Childreen and Adolescents? Psycological Studies. Psycological Studies. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s12646-015-0338-2
Kolomera, D. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Tk Stella Maris Nangahure Kecamatan Alok Barat. E-Jurnal Mitra Pendidikan. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/748http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/748
Lasota, A. (2015). What do Children Learn from their Parents and what from their Grandparents? Changes in the Perception of Gender and Family Roles as Seen from the Developmental Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2467–2472. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.918
Lestari, L. (2023). Peran Mahasiswa dalam Mendukung Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i2.6970
Lubis, & Nurwati, R. N. (2021). Pengaruh Pernikahan Usia Dini Terhadap Pola Asuh Orang Tua. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 459. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.28200
Lubis, S. (2018). Pola Komunikasi Personal Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Islami Dalam Upaya Pencegahan Terhadap Perilaku Transgender. Konsep Dasar Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar, 224, 1–16. https://doi.org/10.46576/jnm.v1i2.359
Mardhiah, Asfaruddin, & Nasution. (2021). Gambaran Luka Pengasuhan Pada Orang Tua. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syah Kuala, 61–67. https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/view/25525
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 355. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329
Nauli, V. A., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). 3(1), 241–253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179
Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Riasih, T. (2018). Pola Dan Strategi Pengasuhan Anak Oleh Pekerja Migran Migran Di Kota Bandung. Pekerjaan Sosial, 17(1), 104–121. https://doi.org/10.31595/peksos.v17i1.132
Rika, Suci, & Indra. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. 03(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361
Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708
Romadhon, K., Maemonah, Malahati, F., Atin, S., Irfan, I., & Nurjanna, U. A. (2023). Pandangan Eksistensialisme terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 13(1), 19–27. https://doi.org/10.21067/jip.vxix.xxxx
Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2017). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01
Safira, Budiyanti, Darmawan, Salsabil, & Alfiatunnisa. (2023). Dampak westernisasi budaya asing terhadap gaya hidup generasi z berdasarkan perspektif islam. 29(01), 34–54. https://doi.org/10.30631/nazharat.v29i1.100
Surya. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30
Tabi’in. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581
Tabi’in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989
Untariana, A. F., & Sugito, S. (2022). Pola Pengasuhan Bagi Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6940–6950. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2359
Utami. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 1(1), 39. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2258
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Waluyati, I. (2019). Edu Sociata Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisipilan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima). Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 2(2), 43–49. https://doi.org/10.33627/es.v2i2.203
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Yusiyaka, & Nuryadi. (2018). Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Disiplin Anak. Jurnal Obor, 1, 21–30. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111
Zaini, M. (2018). Pendidikan Remaja dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 99–117. https://doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.99-117