Analisis Pola Asuh Keluarga terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini

Authors

  • Berliana Ramadhanti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Cholimah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Muthmainah Muthmainah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5244

Keywords:

anak usia dini, disiplin, pola asuh keluarga

Abstract

Jenis pengasuhan yang diterima anak dari rumah mempengaruhi kedisiplinan anak, namun usaha preventif keluarga untuk mengembangkan disiplin ke anak usia dini di rasa masih minim. Penelitian dimaksud guna mengkaji atau mengungkap keterkaitan antara nilai-nilai orang tua (keluarga) dengan pendidikan anak. Proses pengumpulan data menggunakan proses kajian pustaka yang meliputi artikel, esai, skripsi, tesis, disertasi, maupaun sumber-sumber data lainnya yang relevan dengan permasalahan dalam penelitian, menggabungkan semua temuan, menganalisis semuanya, kemudian mengkritisi dan memberikan pendapat. Penelitian ini menyimpulkan ada keterkaitan pola asuh keluarga dalam menunjang kedisiplinan pada anak usia dini. Kedisiplinan pada anak usia dini didapatkan dari pola asuh keluarga. Adanya perbedaan gaya pola asuhan memiliki efek berbeda pada anak-anak. Gaya pengasuhan seperti pengasuhan yang permisif, demokratik, maupun otoriter, pasti akan mempengaruhi perkembangan anak di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., Nawawi, M. A., Ruslan, A., & Erlangga, G. (2022). Edukasi Terhadap Orang Tua dalam Mendampingi Anak Memasuki Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1353–1358. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11242

Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i1.824

Anami, Bila, Rachmawati, Olifiya, & Minsih. (2022). Penerapan Bimbingan Belajar Mendisplinkan Siswa Sekolah Dasar. 4(1), 22–31. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.244

Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction, 4. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3084

Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565

Bibi. (2013). Contribution of Parenting Style in Life Domain of Children. IOSR Journal of Humanities and Social Science. https://doi.org/10.9790/0837-1229195

Elom, S. N. S., & Adi, P. (2019). Peran Orangtua dalam Menamkan Kedisiplinan Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 220–227. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/view/218

Hardianti, F., & Adawiyah, R. (2023). Dampak pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 7(1), 171–177. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.17444

Irma. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Invatia.

Juharta, Y. N. F., Tjalla, A., & Hidayat, D. R. (2015). Perbedaan Regulasi Diri Siswa Dalam Belajar Dilihat Dari Pola Asuh Authoritative, Authoritarian Dan Permisif. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 120. https://doi.org/10.21009/insight.041.18

Karmakar, R. (2015). Does Parenting Style Influence the Internalization of Moral Values in Childreen and Adolescents? Psycological Studies. Psycological Studies. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s12646-015-0338-2

Kolomera, D. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Tk Stella Maris Nangahure Kecamatan Alok Barat. E-Jurnal Mitra Pendidikan. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/748http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/748

Lasota, A. (2015). What do Children Learn from their Parents and what from their Grandparents? Changes in the Perception of Gender and Family Roles as Seen from the Developmental Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2467–2472. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.918

Lestari, L. (2023). Peran Mahasiswa dalam Mendukung Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.30743/jetcivil.v3i2.6970

Lubis, & Nurwati, R. N. (2021). Pengaruh Pernikahan Usia Dini Terhadap Pola Asuh Orang Tua. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 459. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.28200

Lubis, S. (2018). Pola Komunikasi Personal Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Islami Dalam Upaya Pencegahan Terhadap Perilaku Transgender. Konsep Dasar Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar, 224, 1–16. https://doi.org/10.46576/jnm.v1i2.359

Mardhiah, Asfaruddin, & Nasution. (2021). Gambaran Luka Pengasuhan Pada Orang Tua. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syah Kuala, 61–67. https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/view/25525

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 355. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329

Nauli, V. A., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). 3(1), 241–253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Riasih, T. (2018). Pola Dan Strategi Pengasuhan Anak Oleh Pekerja Migran Migran Di Kota Bandung. Pekerjaan Sosial, 17(1), 104–121. https://doi.org/10.31595/peksos.v17i1.132

Rika, Suci, & Indra. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. 03(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Romadhon, K., Maemonah, Malahati, F., Atin, S., Irfan, I., & Nurjanna, U. A. (2023). Pandangan Eksistensialisme terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 13(1), 19–27. https://doi.org/10.21067/jip.vxix.xxxx

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2017). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01

Safira, Budiyanti, Darmawan, Salsabil, & Alfiatunnisa. (2023). Dampak westernisasi budaya asing terhadap gaya hidup generasi z berdasarkan perspektif islam. 29(01), 34–54. https://doi.org/10.30631/nazharat.v29i1.100

Surya. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Tabi’in. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581

Tabi’in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989

Untariana, A. F., & Sugito, S. (2022). Pola Pengasuhan Bagi Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6940–6950. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2359

Utami. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 1(1), 39. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2258

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Waluyati, I. (2019). Edu Sociata Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisipilan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima). Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 2(2), 43–49. https://doi.org/10.33627/es.v2i2.203

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Yusiyaka, & Nuryadi. (2018). Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Disiplin Anak. Jurnal Obor, 1, 21–30. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111

Zaini, M. (2018). Pendidikan Remaja dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 99–117. https://doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.99-117

Downloads

Additional Files

Published

17-10-2023

How to Cite

Ramadhanti, B., Cholimah, N., & Muthmainah, M. (2023). Analisis Pola Asuh Keluarga terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5698–5706. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5244

Issue

Section

Articles