Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak

Sri Wahyuni(1Mail), Sigit Purnama(2),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Sri Wahyuni, Sigit Purnama

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523

Download Full Text:   [File Size  : 747KB]  Language : ID
Received : 2020-04-20  |  Published : 2020-05-11

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan mengenai pengembangan karakter religiusitas pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) ABA Sapen Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B1 yang berusia 5-6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping dan orang tua murid. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi validitas atau keabsahan data yang digunakan adalah dengan mentringulasi data. Analisis data terdiri dari beberapa tahapan mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih dengan mengkoding data, menerapkan proses koding, pendeskripsian, memaknai data. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pelaksanaan, 1) tahap perencanaan, 2) penerapan, 3) evaluasi. Implikasi dari penerapan metode kisah Qur’ani telah memberi pengaruh pada karakter religiusitas anak. Nilai-nilai dari karakter tersebut adalah mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, menghormati (toleransi).


Keywords


karakter religiusitas; anak usia dini; metode kisah Qur’ani

References


Affani, S., Pamekasan, S., Raya, J., & Km, P. (2017). Rekonstruksi Kisah Nabi Musa Dalam Al-Quran: Studi Perbandingan Dengan Perjanjian Lama. Jurnal Al-Ihkam, 12(1). Https://Doi.Org/10.19105/Al-Ihkam.V12i1.1259

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.28

Arif, M. (2014). Model Pembelajaran Sejarah Dengan Mengintegrasikan Nilai Dan Karakter Religius Melalui Teknik Klarifikasi Nilai. Tarbiya, 1(1). Https://Doi.Org/10.1590/S1809-98232013000400007

Aziz, S. Dan H. (2018). Qashashul Qur’an Bekal Utama Juru Kisah. Yogyakarta: Akademi Berkisah.

Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia: Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita. Bandung: Mizan.

Britton, L. (1992). Montessory Play And Learn: A Parents Guide To Perposeful Play From Two To Six. Crown Publishing Grup.

Cahya, Fajar Septian, Bahri, S. (2016). Nilai-Nilai Karakter Dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Karya Syekh Umar Baradja. 12(1), 77–96. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.21009/JSQ.012.1.04

Creswell, J. W. (2010). Reaserch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalimunthe, S. S. (2016). Metode Kisah Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Tarbiyah, 23(2).

Dwi, S. S. (2017). Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Berbasissinnah Rasulullah (Studi Kasus Di STAN -Najah Takengon, Aceh Tengoh). HIJRI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 6(2), 1–13.

Eriani, E. (2019). Story Telling Using Madihin : Learning Methods For Early Childhood Listening Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 303–310. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.172

Gunawan, R., Suyitno, & Supriyadi, S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Religius Dan Cinta Tanah Air Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 331. Https://Doi.Org/10.32332/Akademika.V23i2.1238

Harlock, E. B. (2009). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hasan, S. H. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta.

Hasmalena, M. R. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Impelementasi Cerita Rakyat Melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 81–85. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i2.18

Hildebrandt, K., Lewis, P., Kreuger, C., Naytowhow, J., & Tupper, J. (2016). Digital Storytelling For Historical Understanding : Treaty Education For Reconciliation. 15(1), 17–26. Https://Doi.Org/10.4119/UNIBI/Jsse-V15-I1-1432

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Asti Inawati. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.

Jalaludin. (2012). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

K. D., A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Khadijah. (2017). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kurniasih, I. (2010). Mendidik SQ Anak. Jakarta: Pustaka Marwa.

M. A., M. (2006). Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat.

Manney, P. J. (2008). Empathy In The Time Of Technology: How Storytelling Is The Key To Empathy. Journal Of Evolution And Technology, 19(1).

Masdalipah. (2017). Implementasi Model Tematik Dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Jihad. Ta’dibuna, 6(1), 2.

Mucharomah, M. (2017). Kisah Sebagai Metode Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur`An. Edukasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 146–171. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.28918/Jei.V2i1.1666

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasiruddin. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Nasiruddin. Jurnal Kependidikan, 6(2), 323–333. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V6i2.1933

Nur’aini, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Pegembangan Literasi Dini Anak Kelompok B Di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3).

Pura, D. N. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jip.4.2.131-140

Ridla, M. J. (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif Sosiologis-Filosofis). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Riyadh, S. (2011). Melatih Otak Dan Komunikasi Anak: Meningkatkan Kecerdasan Dan Kemampuan Anak Lewat Cerita. Jakarta: Akbar Media.

Rohinah. (2018). Experiential Learning Dalam Pembelajaran Agama Anak Usia Dini Berbasis Sekolah Alam Di TKIT Nurul Islam Yogyakarta. Islamic Early Childhood Education, 3(1).

Rokim, S. (2015). Ibadah-Ibadah Ilahi Dan Manfaatnya Dalam Pendidikan Jasmani. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 1(4).

Sit, M. (2016). Mengembangkan Sikap Cinta Allah Dan Rasul Melalui Metode Kisah Pada Anak Usia Dini. Raudhah, 4(1).

Sudjana, N. (2017). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Surur, Agus Miftakus, Eka Septiarini, A. Y. T. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa Di Man Kediri 1 Kota Kediri Melalui Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al- Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XV(1). Https://Doi.Org/10.14421/Jpai.2018.151-03

Suyadi. (2018). Kisah (Storytelling) Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 18(1), 52–74.

Suyanta, S. (2013). Membangun Pendidikan Karakter Dalam Masyarakat. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1).

Syahraini, T. (2014). Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tanto, O. D., & Supena, A. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penanaman Karakter Anak Usia Dini Dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. 3(2), 337–345. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.192

Tillman, D. (2004). Living Value Activities For Children Ages. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun Pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.251

Umayah. (2016). Menanamkan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 96–105.

Yasyakur, M. (2017). Model Pembelajaran Berkarakter Dalam Perspektif Al-Quran (Pada Sekolah Islam Terpadu Full Day School) Moch. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30868/Ei.V6i11.96

Zein, A. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Kisah Nabi Musa Dalam Surah Al-Qasas Ayat 1-13). Edu Eriligia, 2(2).

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zurqoni. (2018). Penguatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Syamil, 6(1), 65–86.


Article Metrics

 Abstract Views : 222 times
 PDF Downloaded : 62 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.