- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Faktor Ekologi dalam Kegiatan Menyimak Cerita pada Anak Usia Dini : Studi Kasus Bimbingan Belajar Nathania
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5219Keywords:
anak usia dini, cerita, faktor ekologi, kegiatan menyimakAbstract
Penelitian ini berfokus pada analisis faktor ekologi dalam kegiatan menyimak cerita pada anak usia dini. Alasan penelitian tersebut karena faktor ekologi juga menjadi bagian penting dalam kegiatan menyimak anak usia dini. Kegiata menyimak dilakukan secara privat karena objek dalam penelitian ini adalah anak yang mengikuti bimbingan belajar ngaji dan agama dasar pada bimbingan belajar Nathania bimbel yang berlokasi di Malang raya meliputi kota Malang, kota Batu dan kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena peneliti terlibat secara langsung. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara yang sudah divalidasi alhi dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi dan klasifikasi, dan penyajian data. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teori. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor ekologi memiliki peran terhadap efektivitas menyimak anak usia dini, hal ini didasarkan terhadap 3 faktor ekologi yaitu 1) Faktor ruangan belajar, 2) Faktor lingkungan keluarga, 3) Faktor lingkungan sekolah. Implikasi pada penelitian selanjutnya yaitu bagaiman perbedaan lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berperan terhadap sikap anak dalam kegiatan belajarnya.
Downloads
References
Ariani, D., Swasta, J., & Adyana, B. (2019). Studi Tentang Keanekaragaman Dan Kemelimpahan Mollusca Bentik Serta Faktor-Faktor Ekologis Yang Mempengaruhinya Di Pantai Mengening, Kabupaten Badung, Bali. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6 Nomor 3. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2
Arikarani, Y., Yanti, H., ngimadudin, N., & Mukmin, T. (2023). Kontrol Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Perilaku Penyimpangan Akhlak Siswa Di SMP Negeri Muara Beliti. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 5(2), 183-198. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.420
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif : Journal of Education Research, 4, 1. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Boiliu, F. M. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 247–255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464
Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646–2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737
Elfira, R. (2020). Pola Hubungan Sosial Anak Berprestasi. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 15–24. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol1.Iss2.26
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.654. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.654.
Fuadah, M., Rizki Tiara, D., & Pratiwi, E. (2022). Pengaruh Dongeng Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5 – 6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 301–309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1974
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Hasanah, D. U., Alfi, A., & Kurniasih, D. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.780
Iruka, I. U. (2012). Chapter 6 Development and Sustainability of High-Quality Early Childhood Education Programs in Zambia. In Advances in Early Education And Day Care (Vol. 16, pp. 127–158). Emerald Group Publishing. https://doi.org/10.1108/S0270-4021(2012)0000016009
Istiqomah, E. N., Sulistyarini, A., & Khusniyah, T. W. (2023). Model Ruang Kelas Dan Implikasinya Pada Motivasi Belajar Siswa SD: Literature Review. Renaja Pendidikan Dasar. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/358
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2246
K, N., & Jannah, M. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Sekaligus Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak-Anak Di Desa Sukosari. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6723
Larasati, M. M. B., & Manut, A. M. (2022). Kajian Ekokritik Sastra: Representasi Lingkungan dan Alam dalam 50 Cerpen Tani Karya E. Rokajat Asura dkk. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(2), 715–725. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1967
Luluk sri agus Prasetyoningsih, Arief, H. N. F., & Muttaqin, K. (2021). KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara. Literasi Nusantara.
Mufarikha Mufarikha & Susi Darihastining. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 30–53. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.106
Nafi’ah, Q. N., & Pd, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Untuk Anak Usia Dini Era Pandemi. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/view/879
Ohi, R. (2023). Ekologi Polopalo dalam Lihuta lo Polopalo di Bone Bolango. Selonding, 19(1). https://journal.isi.ac.id/index.php/selonding/article/view/9293
Praja, K. D., & Prastiwi, M. S. (2021). Analisis Faktor Pengaruh Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi Sekolah Menengah Atas pada Masa Pandemi Covid-19. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 39–48. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p39-48
Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(4), 212. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.53280
Putri, D. U., Melliani, D., & Niman, F. M. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/536
Rahman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/408
Safaruddin, S., Mardiyah, A., Dewi, R. S., & Almanawara, A. (2020). Pengaruh Penataan Posisi Tempat Duduk Terhadap Ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 125–130. https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.17345
Setiawan, H. (2021). Creating A Conduusive Learning Environment For Elementary School Level Students. https://www.ntu.edu.sg/education/teaching-learning/teaching-and-learning-resources/engaging-your-students/conducive-learning-environment
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 3(1). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291
Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177
Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak: Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53
Zega, B. K. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 3(1). https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/101/40
Zubaidah, S. (2022). Strategi Komunikasi Instruksional Guru Privat Alquran pada Anak Usia Dini di Alifiqra Medan. Journal of Legal and Cultural Analytics, 1(3), 171–182. https://doi.org/10.55927/jlca.v1i3.1187