- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Nilai Karakter Disiplin pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5213Keywords:
anak usia dini, disiplin anak, ekstrakurikuler drumbandAbstract
Melalui disiplin, anak dapat mengenali perbedaan perlaku yang benar dan salah sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan disiplin pada kegiatan drumband. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa penerapan karakter kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler drumband antara lain: 1) disiplin waktu, seperti pelatih drumband memberikan teladan kepada siswa dengan datang ke tempat latihan sebelum sesi latihan dan siswa datang tepat waktu ke tempat latihan 2) disiplin menaati aturan berupa guru dan siswa membuat dan menyepakati aturan bersama dan siswa dapat mengatur diri sendiri seperti dapat mengambil dan mengembalikan peralatan drumband pada tempatnya dan duduk di posisi yang telah ditentukan oleh pelatih, 3) disiplin sikap, berupa siswa mendengarkan dan mengikuti arahan dari pelatih dan pelatih menegur siswa yang tidak serius pada saat latihan drumband dilakukan. Saran penelitian ditujukan kepada sekolah agar selalu melakukan inovasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menekankan nilai-nilai karakter pada setiap kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
Downloads
References
Agustin, N., Syukri, M., & Sutarmanto. (2015). Faktor-faktor dominan yang memengaruhi kedisiplinan anak pada usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8607
Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33143/jes.v5i2.467
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter disiplin pada siswa sekolah dasar: Inserting of discipline character education values in basic school students. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Apriyanti, M. E., & Syahid, S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346
Ariyanti, T. (2016). The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943
Asmani, J. M. (2013). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Asriliyanti, A., Permanasari, A. T., & Rosidah, L. (2019). Pengaruh Bermain Alat Musik Drum Band Terhadap Keterampilan Sosial. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7367
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Durrant, J. E., & Stewart-Tufescu, A. (2017). What is “discipline†in the Age of Children’s Rights? International Journal of Children’s Rights, 25, 359–379. https://doi.org/10.1163/15718182-02502007
Hilna, A., Ali, M., & Yuniarni, D. (2022). Strategi Penanaman Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Sai Ceria Sejuah Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(7), 588. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i7.56079
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Aṣ-Ṣibyan: Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Khairunisa, Z., Hasanah, U., & Nugraheni, P. L. (2021). Pengaruh keterlibatan orangtua dalam keluarga terhadap sikap disiplin di era digital. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(01), 22–34. https://doi.org/10.21009/jkkp.081.03
Kurniati, R. R. (2018). Meningkatkan disiplin anak usia dini melalui kegiatan parenting di kelompok bermain al aqwam kecamatan pameungpeuk. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 54. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2108
Kurniati, Widodo, R., & Budiono. (2018). Peranan guru pkn dalam pembentukan kedisiplinan siswa di man malang 1. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 163. https://doi.org/10.22219/jch.v3i2.8657
La Jaga, R., & Arifin, A. A. (2019). Peningkatan perilaku disiplin anak melalui metode pembiasaan di taman kanak-kanak islam terpadu insan kamil kelompok b1 usia 5-6 tahun. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 93–104. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5317
Lisa, D. R., Aswandi, & Yuniarni, D. (2016). Penggunaan hukuman yang edukatif dalam membentuk perilaku disiplin anak di ra babussalam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15721
Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67
Munastiwi, E. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–380. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09
Nikmatussaidah. (2021). Supervisi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Nurul Hidayah Kota jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 9–24. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.225
Nuryeti, & Aryani, R. (2021). Pengaruh sistem punishment terhadap kedisiplinan anak usia 5-7 tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 59–72. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7181
Putri, W. P. (2016). Pembelajaran Keterampilan Bermusik Drum Band Pada Anak Usia Dini Kelompok B Taman Kanak-Kanak Mujahidin 1 Pontianak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 82–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rochimi, I. F., & Suismanto. (2018). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231–246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02
Saputri, A. I., & Widyasari, C. (2022). Application of Reward and Punishment to Develop Disciplinary Behavior of Early Childhood. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(1), 1–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i1.11784
Sugito, M. W. N., & Noordiana, N. (2021). Metode Pembelajaran Ekstrakurikuler Drumband Di Tk Lukmanul Hakim Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 109–119. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p109-119
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta.
Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7311
Tu’u, T. (2020). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi belajar siswa. In Pendidikan Islam. PT Grasindo.
Tussubha, N., & Hadiyanto. (2020). Integrated Character Education Model in Early Childhood Education Based on Minangkabau Local Culture: Randai. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 449, 5–12. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.002
Uce, L. (2015). The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 205–221. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1322
Wiyani, Novan, & Ardi. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini (Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia dini). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Yaswinda, & Erlina, B. (2022). Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Peran Orang Tua Berpartisipasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Pengembangan Diri Anak Di TK An-Nadzir Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2523–2534. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1087
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118–134. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656