Keteladanan Orang Tua dalam Mengembangkan Moralitas Anak Usia Dini

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5191

Keywords:

keteladanan orang tua, moralitas anak, anak usia dini

Abstract

Keteladanan orang tua dalam kehiduapan sehari-hari memiliki pengaruh yang sangat besar delam pengembangan moralitas anak. Sikap dan perilaku baik dan benar yang dinampakan oleh orang tua akan terekam dalam diri anak dan kemudian akan dicerminkan oleh anak. Sebaliknya, sikap dan perilaku yang tidak benar yang dilakukan oleh orang tua akan terkam dalam diri anak sehingga anak mencerminkan perilaku yang tidak benar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis, ketelanan orang tua dalam kehidupan sehari-hari dan perilaku yang dicerminkan oleh anak melalui perilakunya sebagai pengembangkan moralitas anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka yakni merujuk pada jurnal internasional dan nasional. Objek dan subyek dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak namun akan di kaji secara literatu bukan studi lapangan. Perolehan data dalam penelitian dilakukan secara literatur. Analisis data dalam penelitian adalah menganalisis sumber secara literatur dengan menarik kesimpulan dan implikasi.  Hasil penelitian menujukkan bahwa keteladanan orang tua memiliki pengaruh yang tinggi dalam mengembangkan moralitas anak melalui kehidupan sehari-hari. Selain itu, keladanan orang tua merupakan role model yang ampuh untuk mengembangkan moral anak sejak dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, N. (2020). Problematika Pendidikan Moral Di Sekolah Dan Upaya Pemecahannya. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(1), 58–67. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i1.68

Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Apriloka, D. V., & Fitri, M. (2021). Peran Orang Tua Mempersiapkan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Perubahan di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1), 64. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/11293

Ardini, P. P. (2015). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905

Arianti, D. (2022). Keteladanan Orang Tua Dalam Mendidik Akhlak Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad (Issue 8.5.2017). UIN Raden Intan Lampung.

Boiliu, F. M. (2020a). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(1), 107–119. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.17

Boiliu, F. M. (2020b). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Junal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119. https://ojs.sttsappi.ac.id/index.php/tedeum/article/view/17

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 271. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/260

Diana, R. (2019). Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang tua terhadap Anak di Era Revolusi Industri 4.0. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.79

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/6500

Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. JIPSINDO, 6(2), 131–145. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28400

Julaeha, I. S. (2018). Keteladanan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menurut Abdullah Nasih ‘Ulwan [UIN Sunan Syarif Hidayatulloh]. full ina.pdfhttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33751/1/skripsi

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Khoirun Nida, F. L. (2013). Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 271–290. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.754

Kusdani, K. (2022). Pendidikan Karakter Anak Melalui Keteladanan Orang Tua. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(2), 97–110. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v10i2.404

Lanu, Y. (2023). Signifikansi Keteladanan Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(3). https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jutipa/article/download/119/121

Latipah, E., Adi Kistoro, H. C., Hasanah, F. F., & Putranta, H. (2020). Elaborating motive and psychological impact of sharenting in millennial parents. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4807–4817. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081052

Latipah, E., Kistoro, H. C. A., & Khairunnisa, I. (2020). Scientific Attitudes in Islamic Education Learning: Relationship and the Role of Self-Efficacy and Social Support. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 37. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.7364

Ligan, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.89

Loukatari, P., Matsouka, O., Papadimitriou, K., Nani, S., & Grammatikopoulos, V. (2019). The effect of a structured playfulness program on social skills in kindergarten children. International Journal of Instruction, 12(3), 237–252. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12315a

Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93–98. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1483

Misda, R. (2021). Konsep Keteladanan Orangtua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan [UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21342/

Mulyati, D. S., & Choiriyah. (2020). The Effectiveness of Rewarding Through The Economic Token Method to Improve Discipline Early Children Indonesian. Journal of Early Childhood Education Studies, 11(2), 99–110. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/57758

Munir, M. (2017). Tahapan Operasional Konkret Jean Piaget dalam Internalisasi Moral Religius Anak Usia Sekolah Dasar 7-12 Tahun. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 46–57. https://news.detik.com/,

Nggebu, S., & Chung, Y. (2022). Ayah Teladan Sebagai Peletak Dasar Iman Anak. Manna Rafflesia, 8(2), 616–641. https://doi.org/10.38091/man_raf.v8i2.243

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 9–46. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3721

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.

Rusli. (2021). Pengaruh Teknologi Terhadap Dekadensi Moral Anak. Syattar, 2(1), 63–76. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/1685

Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.483

Sianturi, E. (2019). Teladan orang tua terhadap pertumbuhan iman anak remaja. Jurnal Shanan, 8, 1–14. https://ejournal.sttpk-medan.ac.id/index.php/pondokdaud/article/view/48

Siregar, N. (2021). Penerapan Metode Keteladanan Melatih Salat Anak Dalam Keluarga Di Lingkungan Kampung Banjar I Kelurahan Kota Pinang Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Situmeang, R. G., Silitonga, M., Nababan, M., Sirait, M., & Naibaho, D. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11576–11584. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Situmorang, E. L. (2018). Pendidikan Agama Kristen, Gereja dan Keteladanan Orangtua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu. Real Didache, 3(1), 59–86. https://doi.org/10.31219/osf.io/6gqt5

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Suhono, S., & Utama, F. (2017). Keteladanan Orang Tua Dan Guru Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 107. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.833

Sunaryo, A., Hesti, Fauziati, E., & Harsono. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Enterpreneur Bagi Siswa Sekolah Menengah Dalam Perspektif Thomas Lickona. Home of Management and Bussiness Journal, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.26753/hombis.v2i1.000

Suryady, R. (2023). Peran Keteladanan Orang Tua Kristen dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 6-12 Tahun di Gereja Bethel Indonesia Tabgha. Jurnal Tabgha, 4(1). https://ejournal.st3b.ac.id/index.php/tabgha-batam/article/view/66%0Ahttps://ejournal.st3b.ac.id/index.php/tabgha-batam/article/download/66/50

Wahyuni, Y. (2021). Problematika Moralitas Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Immanuel Kant: Studi Kasus Di Kampung Cikaso Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(3), 240–259. https://doi.org/10.15575/jpiu.12792

Wiguna, I. B. A. A., & Sunariyadi, N. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 328–341. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/ijpai/article/view/8551

Wijayanti, D. (2010). Analisis Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPS. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An., 1(2), 83–92. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/829

Wuryaningsih, W., & Prasetyo, I. (2022). Hubungan Keteladanan Orang Tua dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3180–3192. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2330

Yamin, A. (2015). Urgensi Keteladanan Orang Tua Dalam Rumah Tangga [Dengan Pendekatan Studi Kasus]Didesa Babang Tobemba Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Yunita, K. S., & Afrinaldi, A. (2022). Peran Orang Tua Mendidik Anak Usia Dini di Jorong Sungai Kalang 2 Tiumang Dharmasraya. JOBIKOPS : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 66. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/167

Zen, E., & Hermanto, Y. P. (2021). Membangun Iman Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Ditinjau Dari Persfektif Alkitab dan Perkembangan Anak. Davar : Jurnal Teologi, 2(1), 30–42. https://doi.org/10.55807/davar.v2i1.21

Downloads

Published

06-10-2023

How to Cite

Harti, S. D. (2023). Keteladanan Orang Tua dalam Mengembangkan Moralitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5369–5379. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5191

Issue

Section

Articles