- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Perbedaan Kemampuan Motorik Kasar Permainan Tradisional Kucing dan Tikus dengan Permainan Tradisional Menjala Ikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5188Keywords:
permainan tradisional, kemampuan motorik kasar, anak usia diniAbstract
Perkembangan motorik merupakan kegiatan merangsang perkembangan otak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar anak antara kelompok anak yang diajar dengan permainan tradisional kucing dan tikus dan permainan tradisional menjala ikan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini untuk kelompok eksperimen berjumlah 35 dan kelompok kontrol 32. Teknik pengumpulan data metode observasi dan metode dokumentasi.Teknik Analisis menggunakan uji paired t-test dan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan  Terdapat Perbedaan kemampuan motorik kasar anak antara kelompok anak yang diajar dengan permainan tradisional kucing dan tikus dan menjala ikan. Simpulan menyatakan terdapat perbedaan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun Saran menunjukkan permainan tradisional dapat menjadi media untuk membentuk karakter yang baik Maka disarankan anak dapat selalu mengikuti permainan tradisional dengan kesungguhan agar tujuan pembelajaran tercapai secara bersama-sama.
Downloads
References
Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kebiasaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Untirta, 5(2), 134–142.
Asriati, N. (2021). Peningkatkan Kelincahan Siswa Melalui Permainan Menjala Ikan Improve Student Agility Through Fishing Games. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FKIP UNSRI Tahun 2021, 59–62. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/semnaspenjas/article/view/187
Asrima, N., Hasraini Siregar, L., Khadijah, & Khairunisa. (2022). Permainan Tradisional Kucing-Tikus dan Engklek Usia Dini Melalui Kegiatan Outdoor. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 162–172.
Atty, J. C. (2023). Peningkatan Pola Gerak Dasar Menggunakan Model Permainan Menjala Ikan pada Siswa TK Dharwasi Nonbes. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2920–2932. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6189
Briggs, R. D. (2012). The Importance Of Social Emotional Development In Early Childhood. Pediatrics For Parent. Pediatrics For Parent, 28(11). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK534819/
Dewita, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kelincahan dan Kerjasama melalui Permainan Tradisional di Kelas 5 SDN 20 Sitiung. International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 188–193. https://www.ijtvet.com/index.php/ijtvet/article/view/61
Dian Widiastuti, N. M., & Sandra Devindriati Kusuma, P. (2021). Kajian Permainan Tradisional Bali Untuk Membantu Pembentukan Karakter Dan Keterampilan Sosial Anak. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(2), 98–105. https://doi.org/10.31091/sw.v9i2.1740
Dwijawiyata. (2013). Mari Bermain Permainan Kelompok Anak Usia Dini. Kanisius.
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Hadi, S. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Permainan Menjaring Ikan. PALAPA, 9(2), 210–220. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i2.1077
Hakim, A. N. Fi., & Reza, M. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional Jamuran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 4 - 5 Tahun. PAUD Teratai, 4(2), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11688
Hardini, L. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Jaring Ikan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal [UIN Raden Intan]. Full.pdfhttp://repository.radenintan.ac.id/7005/1/Skripsi
Hasmawaty. (2020). Penerapan Permainan tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak TK Sahabat Anugrah Kabupaten Gowa. Jurnal Pendais, 2(1), 1–12. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/762
Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2012). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PAUDIA : JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261
Kusmiran. (2022). Permainan Tradisional Kucing-Kucing untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Anak TK Pelangi. Journal Of Innovation And Knowledge, 1(12), 195–1702. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2022&q=jurnal+pengertian+permainan+kucing+kucingan&hl=id&as_sdt=0,5
Maulana, P. (2017). Bermain Permainan Tradisional Jaring Ikan. STKIP Sebelas April.
Nurhaeni, A. (2021). Upaya Peningkatan Permainan Tradisional Menjala Ikan Melalui Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif …, 4(5), 570–576. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/7961
Perdana, D. F. P. (2019). Perbedaan Pengaruh Latihan Permainan Menjala Ikan Dan Permainan Kucing Tikus Dalam Meningkatkan Kelincahan [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/37121
Permana, H., & Syafrida, R. (2019). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Permainan Kucing Dan Tikus Di Tk Sayang Ibu Tahun 2019. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 9–15. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12399
Putri, O. M., Qalbi, Z., Delrefi, & Putera, R. F. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat TaliTerhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 TahunThe Influence of Traditional Game Jump Rope Towards Gross Motor Skill Development In Children Aged 5-6 Years Old. Jurnal Ilmialh Pesona PAUD, 8(1), 46–55. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Ruswan, A., Iskandar, S., Kasmad, M., & Mujono, M. (2020). Latihan Permainan Menjala Ikan Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogiana, 8(4), 1–14. https://doi.org/10.47601/ajp.21
Schunk, D. H. (2012). Learning theories : an educational perspective (Teori - teori pembelajaran: Perspektif pendidikan). Pustaka Pelajar.
Septimar, Z. M., Rustami, M., & Wibisono, A. Y. . (2020). Jurnal Menara Medika JMM 2020 p-ISSN 2622-657X, e-ISSN 2723-6862. Jurnal Menara Medika, 3(1), 66–73. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/indexhttps://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2199
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sujiono, B. (2012). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka Press.
Suliyah. (2016). Melalui Permainan Menjala Ikan Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita 1 Pojok Kecamatan Campurdarat. Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/12.1.01.11.0310
Yuliana, T., Nugroho, I. H., & Sari, A. T. R. (2020). Strategi pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui tari payung gembira. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 129–145. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/629
Zahroh, H., Marzuki, K., & Susilawati, S. (2022). Meningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Kucing Dan Tikus. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 203. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i4.27245