Analisis Kesiapan Mental Anak Usia Dini Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Reski Yulina Widiastuti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jember, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-7847-8141
  • Nanik Yuliati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5177

Keywords:

anak usia dini, kesiapan mental, revolusi industri

Abstract

Perkembangan informasi dan teknologi yang kian pesat tidak dapat dihindari sekalipun pada anak usia dini. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesiapan mental anak usia dini menghadapi era revolusi industri 4.0. Metode penelitian menggunakan penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan pada anak usia 4-6 tahun yang berada di masyarakat Pandalungan Kabupaten Jember. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa anak usia 4-6 telah siap untuk menghadapi kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0. Anak dapat secara mandiri menggunakan media digital sehingga dalam anak dapat tumbuh dan berkembang menyesuaikan kemajuan zaman. Namun seringkali penggunaan media digital menjadi tidak tepat karena tidak adanya pendampingan dari orang tua. Penggunaan media digital diharapkan dapat memberikan manfaat pada penambahan pengetahuan dan keterampilan anak. Untuk menghindari dampak buruk dari penggunaan teknologi, orang tua bekerjasama dengan guru memberikan aturan penggunaan media digital secara jelas, memberikan pendampingan dan mengontrol histori setelah selesai digunakan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19. Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120

Arrovia, Z. I. (2021). Nilai-Nilai Multikultural dalam Kebudayaan Pendalungan di Kabupaten Jember. AL MA’ ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 66–84. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2278

Asbi, S. A. (2022). Imitasi Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun dalam Tayangan Channel Youtube Nussa Official. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/64423/1/11180184000045_Sherllyn%20Azzaharra%20Asbi%20%28PT%29.pdf

Atmadji, E. S. J., Widiastuti, R. Y., & Wandani, W. C. (2023). The Development of The Tetris Game to Improve the Fine Motor of 5 Years Old Children. AIP Conference Proceedings, 2679, 1–6. https://doi.org/10.1063/5.0111250

Azzahra, I. M., Yustina, H., & Ibrahim. (2023). Sarana Belajar Anak Usia Dini: Bagaimana Persepsi Orangtua pada Penggunaan Gadget? AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 29–44. https://doi.org/10.24235/awlady.v9i1.9614

Chikmah, A. M., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Tegal. Jurnal SIKLUS, 07(02), 295–299. https://doi.org/10.30591/siklus.v7i2.896

Febriati, L. D., & Fauziah, A. (2019). Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak Usia Pra Sekolah. Seminar Nasional UNRIYO, 488–469. https://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/242

Fitriyah, N. (2015). Iklan Televisi dan Perilaku Konsumtif Anak-Anak (Studi Kasus Pada Siswa SdN 13 Serang). CommLine, VI(1), 11–23. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/commline/article/view/602

Handayani, I. N. (2022). Peran Orang Tua pada Pengenalan Literasi Digital untuk Anak Usia Dini di Era Teknologi Digital. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 6, 101–110. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece

Hasanah, M. (2017). Pengaruh Gadget terhadap Kesehatan Mental Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 2017–2214. https://doi.org/10.51529/ijiece.v2i2.86

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98

Janah, A. I., & Diana, R. (2023). Dampak Negatif Gadget pada Perilaku Agresif Anak Usia Dini. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 21–28. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2023.vol6(1).9365

Keya, F. D., Rahman, M. M., Nur, M. T., & Pasa, M. K. (2020). Parenting and child’s (five years to eighteen years) digital game addiction: A qualitative study in North-Western part of Bangladesh. Computers in Human Behavior Reports, 2. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2020.100031

Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 87–91. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25401

Kusumawati, E., Fathurrahman, T., & Tizar, E. Su. (2020). Hubungan antara Kebiasaan Makan Fast Food, Durasi Penggunaan Gadget dan Riwayat Keluarga dengan Obesitas pada Anak Usia Sekolah (Studi di SDN 84 Kendari). Tunas Medika Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 6(2), 87–92. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/tumed/article/view/3725

Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Persepsi Orang Tua dalam Memanfaatkan Durasi Penggunaan Gadget untuk Anak Usia Dini Saat Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 63–82. https://doi.org/10.24952/gender.v4i1.2834

Maisari, S., & Purnama, S. (2019). Peran Digital Parenting terhadap Perkembangan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bunayya Giwangan. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 41–55. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.4012

Mulyono, Y. (2019). 5 Anak di Jember Jalani Perawatan Jiwa Akibat Kecanduan Game Online. DetikNews. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4493052/5-anak-di-jember-jalani-perawatan-jiwa-akibat-kecanduan-game-online

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal, 4(1), 31–47. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/48

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Prasetyo, A. F., & Hamidah, N. (2022). Kemampuan Penggunaan Media Pembelajaram Digital Oleh Orang Tua Sebagai Sarana Pendukung Belajar Anak Tingkat PAUD di Desa Bektiharjo Tahun 2022. Alzam-Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.51675/alzam.v2i2.328

Prasetyo, T. F., Bastian, A., & Sifana, T. (2020). Game Edukasi Pengenalan Gangguan Psikologis Remaja Menggunakan Metode DGBL-ID. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 3(2), 121–131. https://doi.org/10.32672/jnkti.v3i2.2030

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin, 2(1), 47–59. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Sari, L. G. M. P., & Ardani, I. I. (2014). Prevalensi Masalah Emosi dan Prilaku Pada Anak Prasekolah di Dusun Pande, Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Medika Udayana, 3(11), 1–9. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/11943

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Suardipa, I. P. (2020). Sociocultural-Revolution Ala Vygotsky dalam Konteks Pembelajaran. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 48–58. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i2.931

Tuna, Y. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 388–397. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1084

Warni, W. E., & Purwono, U. (2019). Mengasuh dan Mendidik Anak di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Temilnas XI IPPI, 713–726. https://psychologyforum.umm.ac.id/files/file/Prosiding%20IPPI%202019/75_%20Naskah%20%20713-726.pdf

Widaningsih, T., Widyawati, P. N., Shodiq, A., & Zayadi, A. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Generasi Alfa: Sebuah Telaah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 315–323. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5620

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6456

Yuliana, Y. (2022). Pentingnya Kewaspadaan Berinternet untuk Kesehatan Mental Anak dan Remaja. Jurnal Ilmu Medis Indonesia, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.35912/jimi.v2i1.1218

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Downloads

Published

13-10-2023

How to Cite

Widiastuti, R. Y., & Yuliati, N. (2023). Analisis Kesiapan Mental Anak Usia Dini Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5564–5574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5177

Issue

Section

Articles