Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak

Herminayu Herminayu(1Mail), Bambang Suteng Sulasmono(2),
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Herminayu Herminayu

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-04-06
Published : 2020-04-15

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pendidikan dan pelatihan model pembelajaran BCCT dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional Guru dan Kepala TK Yayasan PESAT. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian 26 orang, terdiri 13 orang  kelas  eksperimen dan 13 orang kelas kontrol. Penelitian menggunakan model pengembangan Sugiyono, yaitu potensi dan masaah, pengumpulan data, rancangan produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, dan revisi produk. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Analisis data dengan metode campuran. Data divalidasi dengan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian menghasilkan, yaitu : 1) pelatihan model pembelajaran BCCT selama ini telah dilakukan oleh Yayasan PESAT 2 kali dalam setahun; 2)  Kelemahan pelatihan, yaitu: tidak adanya buku/ sumber belajar, materi disampaikan dalam bentuk  power poin,  peserta hanya 1 kali mengikuti pelatihan, dan keterbatasan pelatih; 3) validasi modul oleh ahli nilai rata-rata sebesar 85,6%, kategori sangat  baik. Adanya perbedaan pengaruh penggunaan modul, lebih meningkatkan kompetensi peserta pelatihan dibanding pelatihan tanpa menggunakan modul yang dihitung dari nilai pre test dan post test peserta.

 


Keywords


guru dan kepala tk; model pembelajaran bcct; modul pelatihan

References


Ametembun. 2015. Supervisi Pendidikan – Penuntun Bagi Penilik. Pengawas. Kepala Sekolah Dan Guru-Guru. 9th ed. Bandung: Suri Bandung.

Bano, Vidriana Oktoviana. 2018. “Pengembangan Modul Pelatihan Pengelolaan Penilaian Autentik Guru IPA SMP.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 5 (2): 139–51. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p139-151.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instruction Design: The ADDIE Approach. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Erawati. 2015. “Metode Pelatihan Guru Dinilai Tidak Efektif.” https://doi.org/http://helmaherawati.blogspot.com/2015/09/contoh-berbagai-jenis-diklatfungsional.html.

Giarti, S. 2016. “Pengembangan Modul Karya Tulis Ilmiah Hasil PTK Berbasis Andragogi Berbantuan CMS Moodle Untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD.” Kelola: Jurnal Magister Manajemen Pendidikan FKIP. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Ismail, Dkk. 2009. “Competency Based Teacher Education (CBTE): A Training Module for Improving Knowledge Competencies for Resource Room Teachers in Jordan.” European Journal of Social Sciences 10 (2): 166–78.

Jackson, J. H., & Marthis, R. L. 2006. Human Resource Management (Edisi 10). 4th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Ngaba, Anggriati Ledu. 2018. “Pengembangan Modul Pelatihan Ptk Berbasis Andragogi Menggunakan Model Addie Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Smp.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan.

P4TK, Seni dan Budaya. 2009. “Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Seni Dan Budaya.” P4TK, Seni Dan Budaya. 2009. https://doi.org/https://p4tksb.kemdikbud.go.id/index.php/berita-pendidikan/78-p4tksb.

Perdana, dkk. 2017. “Development of E-Module Combining Science Process Skills and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thinking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School.” International Journal of Science and Applied Science: Conference Series 1 (1): 45. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112.

Petriella. 2019. “Pemerintah Segera Bereskan 1,62 Juta Sertifikasi Guru.” Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20190314/12/899813/Pemerintah-Segera-Bereskan-162-Juta-Sertifikasi-Guru. 2019. https://doi.org/https://ekonomi.bisnis.com/read/20190314/12/899813/pemerintah-segera-bereskan-162-juta-sertifikasi-guru.

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang RI Nomor, 14 Tahun 2005, Pasal 8 Dan 9, Tentang Kompetensi Guru Dan Dosen.

Rindaningsih, Ida. 2012. “Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond Center and Circle Time) BCCT Pada PAUD.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1 (2): 213. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.42.

Sadimin. dkk. 2017. “The Journal of Educational Development Developing an E-Module-Based Classroom Action Research Training Model.” The Journal of Educational Development 5 (77): 353–64.

Samsudin, S. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Revisi. Bandung: Pustaka Setia.

Sarbeng, I. B. 2013. “Training and Development Interventions and Teaching Performance: Application of Structural Equation Modeling.” International Journal of Human Resource Studies. 3: 159–76. https://doi.org/10.5296/ijhrs.v3i4.4705.

Sari, Nina Permata. 2017. “Pengembangan Modul Pelatihan Konseling Teman Sebaya Untuk Anggota Pmr di Smp Negeri 1 Banjarmasin.” Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis Kkni, 4–6.

Sathya. 2017. “Development of Problem Based Learning Training Module in Nursing Education.” International Journal of Research in Medical Sciences 5 (5): 1986. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20171830.

Sitepu. 2013. “Peningkatan Kualitas Guru Menuju Profesionalisme.” Https://Www.Beritasatu.Com/Nasional/119109/Metode-Pelatihan-Guru-Dinilai-Tidak-Efektif. 21 Juni. 2013. https://doi.org/https://www.beritasatu.com/nasional/119109/metode-pelatihan-guru-dinilai-tidak-efektif.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

Sumarah, Dkk. 2017. “Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran Van Hiele Dalam Konteks Pendidikan Karakter Untuk Guru SD.” Jurnal Penelitian 21 (1): 38–47.

Suradji. 2009. Modul Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan Golongan III (Edisi Revisi III): Manajemen Kepegawaian Negara. Cetakan ke. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara 2009.

Suryana, and Fathurrohman. 2015. Supervisi Pendidikan Dalam Pengembangan Proses Pembelajaran. 2nd ed. Bandung: Refika Aditama.

Triananda. 2013. “Metode Pelatihan Guru Dinilai Tidak Efektif.” Https://Www.Beritasatu.Com/Nasional/119109/Metode-Pelatihan-Guru-Dinilai-Tidak-Efektif. 2013. https://doi.org/www.beritasatu.com/nasional/119109/metode-pelatihan-guru-dinilai-tidak-efektif.

Wulandari, Mega Retno, and Ade Iriani. 2018. “Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 5 (2): 177–89. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p177-189.


Article Metrics

 Abstract Views : 65 times
 PDF Downloaded : 19 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.