Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Alfian Yogi Saputra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5114

Keywords:

gaya kepemimpinan, kepala sekolah, kurikulum merdeka belajar

Abstract

Kurikulum Merdeka secara tiba-tiba menjadi menu wajib pada organisasi pendidikan, yang mana realita dalam implementasinya kurangnya sosialisasi, pelatihan, dan buku. Hal tersebut berimbas pada tuntutan terhadap kepala sekolah, yang harus berperan aktif dan kreatif yang menggali informasi dan belajar melaksanakan. Sebagai nahkoda oraganisasi pendidikan khususnya Sekolah Dasar (SD), kepala sekolah tentunya menjadi faktor penting pada pelaksanaan kurikulum ini. Hal tersebut yang mendasari penelitian ini, dengan cara menganalisis gaya kepemimpinannya dalam proses pelaksanaan kurikukum baru ini. Metode penelitian ini yaitu inkuiri naturalistik yang mana melibatkan kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar yang telah melaksanakan kurikulum merdeka belajar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian melakukan kegiatan analisis melalui pengumpulan data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan, adalah gaya kepemimpinan demokratis, dengannya tercipta model hubungan interpersonal yang baik, dan pimpinan lebih berorientasi pada tugas dan bawahan. Hal tersebut berpengaruh pada implementasi bawahanya, yang berimbas pada terlaksaksananya dengan baik kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd ) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. In Bumi Aksara (Vol. 4, Issue 3).

Arjunaita, A., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Disiplin Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.631

Elpisah, E., & Hartini, H. (2019). Principal Leadership Style And Its Effect On Teachers Performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(3), 506–514. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.03.15

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

hattarina. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Prosiding Senassdra Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Dan HUmaniora, 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2332

Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70

Indriani, N., Indrianis, S., & Mukaromah, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di Sekokah Dasar. Jurnal Khazanah Pendidikan, 1(17), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In R. Z. Bahar (Ed.), Nucl. Phys. (Cetakan I, Vol. 13, Issue 1). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307

Lusia, W., & Indrajit, E. R. (2022). Merdeka Belajar. Andi Offset.

Marisa, M. (2021). Curriculum innovation “INDEPENDENT LEARNING†in the era of society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.695

Mattayang, B. (2019). TIPE DAN GAYA KEPEMIMPINAN: SUATU TINJAUAN TEORITIS. JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting, 2(2), 45. https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.247

Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146–1156. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624

Nani, S., & Munipah, H. (2020). Kinerja Kepala Sekolah di SD untuk Mewujudkan “Merdeka Belajar.†Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(03), 214–224. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i3.29124

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurzaima. (2018). Identifikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. DIDAKTIS Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 3(18), 210–225. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1847

Pratiwi, D. H. R., Ulum, B., & Regina, D. B. (2022). Analisis Keterampilan Apresiasi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Peserta Didik Kelas 5. In Journal on Teacher Education (Vol. 4, Issue 2, pp. 1491–1497). https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10624

Qarasyi, Q. A., Habibah, S., & Mus, S. (2021). Implementasi Rencana Kerja Tahunan Sekolah Dasar di Era New Normal. Kelola-Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 110–116. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p110-116

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rizkiani, F., & Salahuddin. (2020). Fungsi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Guru pada Sekolah Menengah Kelautan Negeri 10 Di Kabupaten Bima. Fungsi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Guru Pada Sekolah Menengah Kelautan Negeri 10 Di Kabupaten Bima, 47(3), 29–36. https://komunikasistisip.ejournal.web.id/index.php/komunikasistisip/article/view/252

Romadhon, M., & MS, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 479–489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.711

Rosita, R., & Iskandar, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6005–6011. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3127

Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034

Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783

Sari, R. M. (2019). Analisis Keijakan Merdeka Belajar sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sunaengsih, C., Anggarani, M., Amalia, M., Nurfatmala, S., & Naelin, S. D. (2019). Principal Leadership in the Implementation of Effective School Management. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 79–91. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i1.15200

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. UNIB Press.

Sutino, Sowiyah, & Tristiana, E. N. (2021). Principal’s Leadership in Realizing Character Education. International. IJEMI - Journal of Educational Management and Innovation, 2(3), 322–329. https://doi.org/10.12928/ijemi.v2i3.4146

Ulya, W. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.31219/osf.io/zsxm2

Ustafiano, B., Rukun, K., & Giatman, M. (2021). Pengaruh Adana Gaya dalam Kepemimpinan Kepada Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 16(1), 57–63. https://doi.org/10.23917/jmp.v16i1.11348

Downloads

Published

03-08-2023

How to Cite

Saputra, A. Y., & Ramadan, Z. H. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3946–3954. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5114

Issue

Section

Articles