- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5034Keywords:
metode pembelajaran proyek, kemampuan berpikir kritis, kreativitas anakAbstract
Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak TK adalah metode pembelajaran, khususnya metode pembelajaran proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap kemampuan berpikir kritis anak TK, dan pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap kreativitas anak TK. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua anak usia 5-6 Tahun yang terdaftar di 8 TK Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Klaten yang berjumlah 284 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu anggota populasi sebanyak 284 anak dijadikan sampel, sehingga hasil penelitian ini memiliki generalisasi yang tinggi untuk diterapkan pada populasinya. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) metode pembelajaran proyek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis anak yang ditunjukkan oleh nilai t hitung 30,430 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) metode pembelajaran proyek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif anak yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 26,632 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Saran untuk guru TK, dapat menggunakan metode pembelajaran proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak.
Downloads
References
Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/383
Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA, 9(1), 57–71. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/5745
Cline, J. E., & Smith, B. A. (2008). Water play. Child Care, 5(1), 32–33. https://doi.org/10.12968/chca.2008.5.1.37643
Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124
Delise, R. (2017). Used Problem Based Learning in The Classroom. USA: Association for Supervision andCurriculum Development. Global School Net.. Introduction to Networked Project-Based Learning. Http://Www.Gsn.Org/Web/Pbl/Whatis.Htm.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Hanita, Suryono, Y., & Fauziah, P. Y. (2023). Manajemen Pembelajaran Berbasis Projek Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 08(01), 99–109. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/warna/article/view/1289
Houser, N. E., Cawley, J., Kolen, A. M., Rainham, D., Rehman, L., Turner, J., Kirk, S. F. L., & Stone, M. R. (2019). A loose parts randomized controlled trial to promote active outdoor play in preschool-aged children: Physical literacy in the early years (pley) project. Methods and Protocols, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.3390/mps2020027
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 5(1), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Kriswidyantari, N. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2016). Penerapan Permainan Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok A1 Tk Negeri Pembina Denpasar. Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 1–6.
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. PEDAGOGIKA, 11(2), 104–115. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.174
Miranda, D. (2016). Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(1), 60–67. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/18990
Natalina M., D. (2018). Menumbuhkan Perilaku Berpikir Kritis Sejak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10508
Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada PAUD. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 512–518. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/352
Nurhalizah, M. E., & Yuwafik, M. H. (2020). Penggunaan Loose Parts dalam pembelajaran dengan Muatan STEAM. Pendidikan Non Formal, 21(2), 19–20.
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672
Prasetyaningrum, J. (2017). Psikologi Perkembangan Anak. Remaja Rosdakarya.
Purnawan, Y. (2007). Deskripsi Model Pembelajaran Berbasis Proyek. https://yudipurnawan.wordpress.com/2007/12/18/deskripsi-model-pbl-pembelajaran-berbasis-proyek
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Saleh, M. (2021). Kemampuan Sains Sederhana Melalui Teknik Bermain Air Pada Anak Kelompok B TK Sinar Jaya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(4), 119. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.4.119-128.2021
Siantajani, Y. (2020). Buku loose part material lepasan otentik stimulalsi PAUD. Sarang Seratus Aksara.
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.
Thomas, J. W. (2020). A Review of Research on Project Based Learning. California. In Procedia-Social and Behavioral Sciences (Vol. 18, pp. 1019–1024).
Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645
Wallace, B. (2012). Book review: Critical Thinking Across the Curriculum: Developing critical thinking, literacy and philosophy in the primary classroom. Gifted Education International, 28(2), 232–232. https://doi.org/10.1177/0261429411435022
Wayka, B. (2019). Pembelajaran Berbasis Konten STEAM dan Looe Part. Gurusiana. https://www.gurusiana.id/read/buhrin/article/pembelajaran-berbasis-konten-steam-dan-loose-part-1729039
Wayuningsih, S. (2020). Pemanfaatan Loose Parts Pembelajaran Steam untuk Anak Usia Dini†Jurnal Studi Islam, gender dan anak. Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2), 1–5. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/1203