Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak

Authors

  • Suci Cahyaningsih Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Harun Harun Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5034

Keywords:

metode pembelajaran proyek, kemampuan berpikir kritis, kreativitas anak

Abstract

Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak TK adalah metode pembelajaran, khususnya metode pembelajaran proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap kemampuan berpikir kritis anak TK, dan pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap kreativitas anak TK. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua anak usia 5-6 Tahun yang terdaftar di 8 TK Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Klaten yang berjumlah 284 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu anggota populasi sebanyak 284 anak dijadikan sampel, sehingga hasil penelitian ini memiliki generalisasi yang tinggi untuk diterapkan pada populasinya. Teknik pengumpulan data  menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) metode pembelajaran proyek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis anak yang ditunjukkan oleh nilai t hitung 30,430 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) metode pembelajaran proyek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif anak yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 26,632 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Saran untuk guru TK, dapat menggunakan metode pembelajaran proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suci Cahyaningsih, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta

sukses selalu

References

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/383

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA, 9(1), 57–71. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/5745

Cline, J. E., & Smith, B. A. (2008). Water play. Child Care, 5(1), 32–33. https://doi.org/10.12968/chca.2008.5.1.37643

Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124

Delise, R. (2017). Used Problem Based Learning in The Classroom. USA: Association for Supervision andCurriculum Development. Global School Net.. Introduction to Networked Project-Based Learning. Http://Www.Gsn.Org/Web/Pbl/Whatis.Htm.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Hanita, Suryono, Y., & Fauziah, P. Y. (2023). Manajemen Pembelajaran Berbasis Projek Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 08(01), 99–109. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/warna/article/view/1289

Houser, N. E., Cawley, J., Kolen, A. M., Rainham, D., Rehman, L., Turner, J., Kirk, S. F. L., & Stone, M. R. (2019). A loose parts randomized controlled trial to promote active outdoor play in preschool-aged children: Physical literacy in the early years (pley) project. Methods and Protocols, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.3390/mps2020027

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 5(1), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Kriswidyantari, N. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2016). Penerapan Permainan Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok A1 Tk Negeri Pembina Denpasar. Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 1–6.

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. PEDAGOGIKA, 11(2), 104–115. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.174

Miranda, D. (2016). Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(1), 60–67. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/18990

Natalina M., D. (2018). Menumbuhkan Perilaku Berpikir Kritis Sejak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10508

Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada PAUD. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 512–518. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/352

Nurhalizah, M. E., & Yuwafik, M. H. (2020). Penggunaan Loose Parts dalam pembelajaran dengan Muatan STEAM. Pendidikan Non Formal, 21(2), 19–20.

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672

Prasetyaningrum, J. (2017). Psikologi Perkembangan Anak. Remaja Rosdakarya.

Purnawan, Y. (2007). Deskripsi Model Pembelajaran Berbasis Proyek. https://yudipurnawan.wordpress.com/2007/12/18/deskripsi-model-pbl-pembelajaran-berbasis-proyek

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170

Saleh, M. (2021). Kemampuan Sains Sederhana Melalui Teknik Bermain Air Pada Anak Kelompok B TK Sinar Jaya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(4), 119. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.4.119-128.2021

Siantajani, Y. (2020). Buku loose part material lepasan otentik stimulalsi PAUD. Sarang Seratus Aksara.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.

Thomas, J. W. (2020). A Review of Research on Project Based Learning. California. In Procedia-Social and Behavioral Sciences (Vol. 18, pp. 1019–1024).

Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645

Wallace, B. (2012). Book review: Critical Thinking Across the Curriculum: Developing critical thinking, literacy and philosophy in the primary classroom. Gifted Education International, 28(2), 232–232. https://doi.org/10.1177/0261429411435022

Wayka, B. (2019). Pembelajaran Berbasis Konten STEAM dan Looe Part. Gurusiana. https://www.gurusiana.id/read/buhrin/article/pembelajaran-berbasis-konten-steam-dan-loose-part-1729039

Wayuningsih, S. (2020). Pemanfaatan Loose Parts Pembelajaran Steam untuk Anak Usia Dini†Jurnal Studi Islam, gender dan anak. Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2), 1–5. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/1203

Downloads

Published

11-10-2023

How to Cite

Cahyaningsih, S., & Harun, H. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5481–5494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5034

Issue

Section

Articles