- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984Keywords:
budaya tradisional, Pancasila, pendidikan karakter, publish or perish, studi literaturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan penelitian mengenai karakter Pancasila anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish dan Google Scholar sebagai sumber data. Pencarian dilakukan pada publikasi jurnal yang telah terindeks pada Google Scholar dengan kata kunci "karakter Pancasila, pendidikan anak usia dini, kearifan budaya lokal" dari tahun 2013 hingga 2023 dengan menghasilkan sebanyak 994 artikel. Temuan menunjukkan bahwa publikasi pada topik ini mengalami pertumbuhan signifikan sejak tahun 2016 hingga puncaknya di tahun 2021. Hasilnya bahwa Pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal berperan positif dalam meningkatkan karakter anak usia dini yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Dalam konteks Kurikulum Merdeka dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pendekatan ini menjadi solusi alternatif dalam membentuk generasi yang berkarakter, menghargai keanekaragaman budaya, dan memiliki pengetahuan tentang nilai-nilai lokal. Peran pendidik menjadi sentral dalam mengembangkan strategi pembelajaran kreatif dan inovatif.
Downloads
References
Anatasya, E., & Dewi, DA. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133
Ardiyanti, S., Bashiroh, RN., & Anwar, FS. (2021). Peran Nilai Agama, Pancasila dan Budaya dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(1), 102–115. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alathfal/article/view/3472
Arriani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. Journal of Early Childhood Education, 1(2). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/12515
Aulianto, DR., Yusup, PM., & Setiani, Y. (2019). Pemanfaatan aplikasi “publish or perish†sebagai alat analisis sitasi pada jurnal kajian komunikasi Universitas Padjadjaran. Book Chapter Seminar Nasional MACOM III" Communication and Information Beyound Boundaries, 873–880.
Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran pemuda sebagai penerus tradisi sambatan dalam rangka pembentukan karakter gotong royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57–76. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/3670
Budiwibowo, S. (2016). Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/57
Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan kepribadian positif Anak sejak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1619
Diserahkan ; Rahmawati, N., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ejournal.uika-bogor.ac.id, 10(4), 535–550. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673
Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/2
Eliza, D. (2017). Pengembangan model pembelajaran karakter berbasis cerita tradisional Minangkabau untuk anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).
Erviana, Y., & Faisal, V. (2022). Kearifan Lokal Lereng Sindoro-Sumbing dalam Membangun Profil Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6909–6923. https://www.academia.edu/download/97486324/pdf.pdf
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di kota majapahit. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(2), 193–208. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/380
Hapidin, H., & Yenina, Y. (2016). Pengembangan model permainan tradisional dalam membangun karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212.
Hardiani, H., & Suhardjo, S. (2020). Penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran di PAUD untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan sosial anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 219–227.
Harjono, B. (2019). Program pendidikan karakter berbasis budaya lokal sebagai solusi alternatif mengatasi krisis karakter pada generasi muda di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 34–47.
Husaeni, D., & Nandiyanto, A. (2022). Bibliometric computational mapping analysis of publications on mechanical engineering education using vosviewer. Journal of Engineering Science and Technology., 17(2), 1135–1149. http://jestec.taylors.edu.my/Vol%2017%20Issue%202%20April%20%202022/17_2_23.pdf
Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal kajian sastra, 6(1), 26–41. http://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jentera/article/view/334
Istiawati, N. (2016). Pendidikan karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan lokal Adat AMMATOA dalam menumbuhkan karakter konservasi. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1–18. https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/78
Marhayani, D. (2016). Development of character education based on local wisdom in indegenous people Tengahan Sedangagung. Journal of Education, Teaching and Learning, 1. https://www.learntechlib.org/p/209027
Muazimah, A., & Wahyuni, I. (2020). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui permainan tradisional tarik upih dalam meningkatkan motorik kasar anak. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 70–76. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/5505
Nafisah, A., Sobah, A., Yusuf, N., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051.
Nurhayati, R. (2021). Program pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk membentuk generasi berkarakter di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 81–93.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. . . Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3). https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/1145
Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture Di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Humanika, 23(1), 61–79. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/11764
Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6
Qutni, D., Elmubarok, Z., & Muthohar, A. (2022). Local wisdom as a character education in the Era of disruption. Eur. J. Humanit. Educ. Adv.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2140
Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. https://www.academia.edu/download/58187363/document_4.pdf
Saihu, S. (2019). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (studi di jembrana bali). Jurnal Pendidikan Isolam, 8(1), 69–90. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/364
Saihu, S., & Mailana, A. (2019). Teori pendidikan behavioristik pembentukan karakter masyarakat muslim dalam tradisi Ngejot di Bali. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 163–176. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2233
Samani, M., Daryono, S., & Ratnadewi, D. (2018). Developing Character Education Based on Local Wisdom. Conference on Education . http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5173
Siswanta, J. (2017). Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015). INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial, 11(1). https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118
Suhartini, S., Sekarningrum, B., & Sulaeman, M. (2019). Social construction of student behavior through character education based on local wisdom. Journal of Social, 10, 276–291. https://www.learntechlib.org/p/216467
Wijanarti, W., Degeng, I., & Untari, S. (2019). Problematika pengintegrasian penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12161
Wulandari, R., & Hurustyanti, H. (2016). Character building anak usia dini melalui optimalisasi fungsi permainan tradisional berbasis budaya lokal. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 22–31. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/jeill/article/view/988
Wulandari, W., Indah, O., Sary, P., & Prihatiningsih, R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “GEMPURAN.†Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 56–63. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/924