Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur

Authors

  • Feri Devina Pendidikan Umum dan Karakter, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Encep Syarief Nurdin Pendidikan Umum dan Karakter, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yadi Ruyadi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Enceng Kosasih Pendidikan Umum dan Karakter, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Restu Adi Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984

Keywords:

budaya tradisional, Pancasila, pendidikan karakter, publish or perish, studi literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan penelitian mengenai karakter Pancasila anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish dan Google Scholar sebagai sumber data. Pencarian dilakukan pada publikasi jurnal yang telah terindeks pada Google Scholar dengan kata kunci "karakter Pancasila, pendidikan anak usia dini, kearifan budaya lokal" dari tahun 2013 hingga 2023 dengan menghasilkan sebanyak 994 artikel. Temuan menunjukkan bahwa publikasi pada topik ini mengalami pertumbuhan signifikan sejak tahun 2016 hingga puncaknya di tahun 2021. Hasilnya bahwa Pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal berperan positif dalam meningkatkan karakter anak usia dini yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Dalam konteks Kurikulum Merdeka dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pendekatan ini menjadi solusi alternatif dalam membentuk generasi yang berkarakter, menghargai keanekaragaman budaya, dan memiliki pengetahuan tentang nilai-nilai lokal. Peran pendidik menjadi sentral dalam mengembangkan strategi pembelajaran kreatif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anatasya, E., & Dewi, DA. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Ardiyanti, S., Bashiroh, RN., & Anwar, FS. (2021). Peran Nilai Agama, Pancasila dan Budaya dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(1), 102–115. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alathfal/article/view/3472

Arriani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. Journal of Early Childhood Education, 1(2). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/12515

Aulianto, DR., Yusup, PM., & Setiani, Y. (2019). Pemanfaatan aplikasi “publish or perish†sebagai alat analisis sitasi pada jurnal kajian komunikasi Universitas Padjadjaran. Book Chapter Seminar Nasional MACOM III" Communication and Information Beyound Boundaries, 873–880.

Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran pemuda sebagai penerus tradisi sambatan dalam rangka pembentukan karakter gotong royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57–76. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/3670

Budiwibowo, S. (2016). Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/57

Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan kepribadian positif Anak sejak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1619

Diserahkan ; Rahmawati, N., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ejournal.uika-bogor.ac.id, 10(4), 535–550. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/2

Eliza, D. (2017). Pengembangan model pembelajaran karakter berbasis cerita tradisional Minangkabau untuk anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).

Erviana, Y., & Faisal, V. (2022). Kearifan Lokal Lereng Sindoro-Sumbing dalam Membangun Profil Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6909–6923. https://www.academia.edu/download/97486324/pdf.pdf

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di kota majapahit. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(2), 193–208. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/380

Hapidin, H., & Yenina, Y. (2016). Pengembangan model permainan tradisional dalam membangun karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212.

Hardiani, H., & Suhardjo, S. (2020). Penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran di PAUD untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan sosial anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 219–227.

Harjono, B. (2019). Program pendidikan karakter berbasis budaya lokal sebagai solusi alternatif mengatasi krisis karakter pada generasi muda di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 34–47.

Husaeni, D., & Nandiyanto, A. (2022). Bibliometric computational mapping analysis of publications on mechanical engineering education using vosviewer. Journal of Engineering Science and Technology., 17(2), 1135–1149. http://jestec.taylors.edu.my/Vol%2017%20Issue%202%20April%20%202022/17_2_23.pdf

Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal kajian sastra, 6(1), 26–41. http://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jentera/article/view/334

Istiawati, N. (2016). Pendidikan karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan lokal Adat AMMATOA dalam menumbuhkan karakter konservasi. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1–18. https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/78

Marhayani, D. (2016). Development of character education based on local wisdom in indegenous people Tengahan Sedangagung. Journal of Education, Teaching and Learning, 1. https://www.learntechlib.org/p/209027

Muazimah, A., & Wahyuni, I. (2020). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui permainan tradisional tarik upih dalam meningkatkan motorik kasar anak. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 70–76. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/5505

Nafisah, A., Sobah, A., Yusuf, N., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051.

Nurhayati, R. (2021). Program pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk membentuk generasi berkarakter di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 81–93.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. . . Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3). https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/1145

Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture Di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Humanika, 23(1), 61–79. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/11764

Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6

Qutni, D., Elmubarok, Z., & Muthohar, A. (2022). Local wisdom as a character education in the Era of disruption. Eur. J. Humanit. Educ. Adv.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2140

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. https://www.academia.edu/download/58187363/document_4.pdf

Saihu, S. (2019). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (studi di jembrana bali). Jurnal Pendidikan Isolam, 8(1), 69–90. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/364

Saihu, S., & Mailana, A. (2019). Teori pendidikan behavioristik pembentukan karakter masyarakat muslim dalam tradisi Ngejot di Bali. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 163–176. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2233

Samani, M., Daryono, S., & Ratnadewi, D. (2018). Developing Character Education Based on Local Wisdom. Conference on Education . http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5173

Siswanta, J. (2017). Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015). INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial, 11(1). https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118

Suhartini, S., Sekarningrum, B., & Sulaeman, M. (2019). Social construction of student behavior through character education based on local wisdom. Journal of Social, 10, 276–291. https://www.learntechlib.org/p/216467

Wijanarti, W., Degeng, I., & Untari, S. (2019). Problematika pengintegrasian penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12161

Wulandari, R., & Hurustyanti, H. (2016). Character building anak usia dini melalui optimalisasi fungsi permainan tradisional berbasis budaya lokal. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 22–31. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/jeill/article/view/988

Wulandari, W., Indah, O., Sary, P., & Prihatiningsih, R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “GEMPURAN.†Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 56–63. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/924

Downloads

Published

05-11-2023

How to Cite

Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, E., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259–6272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984

Issue

Section

Articles