Penerapan Media Permainan Ular Tangga Edukasi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata

Authors

  • Linda Winarni Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rachma Hasibuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Umi Anugerah Izzati Psikologi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4977

Keywords:

media permainan, mengenal kata, ular tangga edukasi, anak usia 4-5 tahun, pendidikan anak usia dini

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang penting bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Pengenalan bahasa kepada anak harus diperluas dengan mengenal berbagai kata pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal kata pada anak usia prasekolah melalui media permainan Ular Tangga Edukasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian meliputi anak-anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Jombang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan Ular Tangga Edukasi efektif meningkatkan kemampuan mengenal kata pada anak usia prasekolah. Kesimpulannya, penggunaan media permainan Ular Tangga Edukasi memiliki potensi yang besar sebagai alat pembelajaran yang efektif dan menarik dalam mengembangkan kemampuan mengenal kata pada anak usia prasekolah. Hasil penelitian ini memberikan wawasan baru dalam pendidikan anak usia dini dan memberikan kontribusi yang berharga dalam mengenali metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambara, D. P. (2014). Asesmen Anak Usia Dini. In Asesmen Anak Usia Dini (pp. 1–131). Graha Ilmu.

Anggito, A., Setiawan, J., & Lestari, E. D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Brodin, J., & Renblad, K. (2020). Improvement of preschool children’s speech and language skills. Early Child Development and Care, 190(14), 2205–2213. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1564917

Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951

Cahyono, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Belajar Ular Tangga Di Taman Kanak–Kanak Dharma Wanita 2 Jragan Tembarak Temanggung. In Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.01

Christianti, M. (2015). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042

Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. Seling, 3(1), 99–114. https://doi.org/10.29062/seling.v

Fadlullah, F. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 308–320. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195

Handayani, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3), 1–14. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1659

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran. Luxima Metro Media.

Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388

Ikhwani, L. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode permainan ular tangga. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56165

Indianto, A. (2015). Kiat-kiat Mempertajam Daya Ingat Hafalan Pelajaran - Aji Indianto - Google Books. DIVA Press.

Izzati, U. A., Lolita, Y., & Prabandini, O. (2022). Komitmen Profesional pada Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6746–6755. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3580

Kahar, A. (2021). Merdeka Belajar Bagi Pendidikan Nonformal: Teori, Praktik, Dan Penilaian Portofolio. Pusat Layanan Pembiayaan Kementrian Pendidikan.

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520

Kurniawati, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dengan Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Tk Yunior Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 24–25.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Ningtyas, D. P. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 247–256. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/75

Nurrahman, A. (2019). Peran serta media pembelajaran dalam memfasilitasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453

Porter, B. de, Nilandari, A., Readon, M., & Singer - Nourie, S. (2010). Quantum teaching. Kaifa.

Putri, S. N. A. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Kata Besar Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Khaira Ummah Padang. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 60. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.2758

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Alim | Journal of Islamic Education, 2(1), 1–30. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.157

Suharsimi, A. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 194–204. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/1216

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Syamsiyah, L., & Diana, D. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700–2710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1421

Wati, I., Yusuf, H., & Surahman, S. (2021). Pengaruh Aktivitas Media Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Kosa Kata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 228–240. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8532

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta. In Ke-10. PT Gramedia.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yuvitasari, I. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Metode Permainan Ular Tangga Kata Pada Anak Kelompok A. Pendidikan Guru PAUD S-1, 4(2). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/121

Downloads

Additional Files

Published

25-08-2023

How to Cite

Winarni, L., Hasibuan, R., & Izzati, U. A. (2023). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Edukasi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4543–4553. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4977

Issue

Section

Articles