- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penerapan Media Permainan Ular Tangga Edukasi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4977Keywords:
media permainan, mengenal kata, ular tangga edukasi, anak usia 4-5 tahun, pendidikan anak usia diniAbstract
Bahasa adalah alat komunikasi yang penting bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Pengenalan bahasa kepada anak harus diperluas dengan mengenal berbagai kata pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal kata pada anak usia prasekolah melalui media permainan Ular Tangga Edukasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian meliputi anak-anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Jombang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan Ular Tangga Edukasi efektif meningkatkan kemampuan mengenal kata pada anak usia prasekolah. Kesimpulannya, penggunaan media permainan Ular Tangga Edukasi memiliki potensi yang besar sebagai alat pembelajaran yang efektif dan menarik dalam mengembangkan kemampuan mengenal kata pada anak usia prasekolah. Hasil penelitian ini memberikan wawasan baru dalam pendidikan anak usia dini dan memberikan kontribusi yang berharga dalam mengenali metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.
Downloads
References
Ambara, D. P. (2014). Asesmen Anak Usia Dini. In Asesmen Anak Usia Dini (pp. 1–131). Graha Ilmu.
Anggito, A., Setiawan, J., & Lestari, E. D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Brodin, J., & Renblad, K. (2020). Improvement of preschool children’s speech and language skills. Early Child Development and Care, 190(14), 2205–2213. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1564917
Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951
Cahyono, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Belajar Ular Tangga Di Taman Kanak–Kanak Dharma Wanita 2 Jragan Tembarak Temanggung. In Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.01
Christianti, M. (2015). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. Seling, 3(1), 99–114. https://doi.org/10.29062/seling.v
Fadlullah, F. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 308–320. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195
Handayani, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3), 1–14. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1659
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran. Luxima Metro Media.
Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388
Ikhwani, L. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode permainan ular tangga. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56165
Indianto, A. (2015). Kiat-kiat Mempertajam Daya Ingat Hafalan Pelajaran - Aji Indianto - Google Books. DIVA Press.
Izzati, U. A., Lolita, Y., & Prabandini, O. (2022). Komitmen Profesional pada Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6746–6755. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3580
Kahar, A. (2021). Merdeka Belajar Bagi Pendidikan Nonformal: Teori, Praktik, Dan Penilaian Portofolio. Pusat Layanan Pembiayaan Kementrian Pendidikan.
Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520
Kurniawati, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dengan Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Tk Yunior Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 24–25.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Ningtyas, D. P. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 247–256. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/75
Nurrahman, A. (2019). Peran serta media pembelajaran dalam memfasilitasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453
Porter, B. de, Nilandari, A., Readon, M., & Singer - Nourie, S. (2010). Quantum teaching. Kaifa.
Putri, S. N. A. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Kata Besar Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Khaira Ummah Padang. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 60. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.2758
Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Alim | Journal of Islamic Education, 2(1), 1–30. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.157
Suharsimi, A. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 194–204. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/1216
Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332
Syamsiyah, L., & Diana, D. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700–2710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1421
Wati, I., Yusuf, H., & Surahman, S. (2021). Pengaruh Aktivitas Media Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Kosa Kata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 228–240. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8532
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta. In Ke-10. PT Gramedia.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yuvitasari, I. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Metode Permainan Ular Tangga Kata Pada Anak Kelompok A. Pendidikan Guru PAUD S-1, 4(2). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/121