- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, pendidikan karakter, anak usia diniAbstract
Menstimulasi Pendidikan karakter bagi anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode pembelajaran salah satunya adalah menggunakan project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan project based learning dapat meningkatkan nilai-nilai Pendidikan karakter pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra-pendahuluan, tahap lapangan, dan tahap pengolahan data. Pengambilan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap pengolahan data yaitu reduksi data, display data, analisis data, deskripsi hasil penelitian, dan penyimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Khoir Surakarta dikarenakan TK tersebut merupakan salah satu sekolah penggerak di Surakarta dan telah melaksanakan Kurikulum Merdeka yang kegiatan pembelajarannya berbasis metode proyek serta memiliki kurikulum karakter. Subjek penelitian adalah Guru dan Kepala Sekolah. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa project based learning yang dilaksanakan di TK Al Khoir Surakarta melalui kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat meningkatkan nilai Pendidikan karakter pada siswa antara lain pada nilai toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif, dan tanggungjawab. Oleh karena itu Lembaga-lembaga Pendidikan Anak Usia Dini perlu memperbanyak kegiatan pembelajaran yang menggunakan Project Based Learning.
Downloads
References
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912
Aminullah. (2017). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, 48–51. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Semnas/article/view/193
Apriawan. (2011). Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Dan Toleransi Serta Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Berbagai Pekerjan [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/12823/
Ariyanto, A., Sutama, & Markhamah. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Penguatan Karakter Kemandirian. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 2356–3451. http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2155
Christiawan, P. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Pada Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma N 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 (Vol. 123, Issue 10) [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/17698
Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 126–135. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15184
Eneng, G. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Menggunakan Metode Cerita,Contoh, Biasakan, dan Apresiasi). EDU Publisher.
Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 21–37. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/316
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Hasan, M., Sulman, Ali, H. M., Herman, Batubara, A. K. S., & Anto, R. Po. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Tahta Media Group. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/184
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2018). Character Education in Early Childhood Based on Family. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 1(1), 50–62. https://doi.org/10.23917/ecrj.v1i1.6578
Indah, S. P. (2023). Rapor projek penguatan profil pelajar pancasila. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.
Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua dalam pembentukan karakter anak sejak dini. Jurnal EL HAMRA, 5(1), 32–37. https://ejournal.el-hamra.amertamedia.co.id/index.php/home/article/view/42
Joedanarni, A. (2018). Penerapan Project Based Learning (Pjbl) Berupa Peta Konsep Untuk Meningkatkan Karakter Dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/6659
Jusita, M. L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090
Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 8. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk
Khosiah, S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Farming Gardening Project Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Fikrah : Journal of Islamic Education, 1(2). https://doi.org/10.32507/fikrah.v1i2.241
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Kurniawati, R., & Irsyadillah, I. (2018). Analisis Nilai Karakter Dalam Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Bahasa, 6(2), 103–114. http://jurnal.unsyiah.ac.id/MB/article/view/11600
Muamanah, H., & . S. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 161. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1329
Mujahidin, E., Mufarohah, L., & Alim, A. (2019). Penggunaan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 171. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.395
Nasir, M., Jufri, A. W., & -, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 6–16. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.14
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17493
Novitasari, K. (2018). Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di Tk Nasima Kota [Universitas PGRI Yogyakarta.]. https://repository.upy.ac.id/1828
Nurhidayah, S., & Utami, F. (2023). Stimulasi Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Anak Usia (1-3) Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 527–535. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3499
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric: Media of Teaching Oriented and Children, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Setiono, P., Yuliantini, N., & Dadi, S. (2020). Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 86–92. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.85-92
Supadi, Sumardi, & Samino. (2011). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di SMP Negeri 2 Miri Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wati, R. S. (2019). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Al Azkia Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas (Issue September). Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Widiastuti, S. (2015). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 59–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907