Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini

Novianty Djafri(1Mail),
(1) Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Novianty Djafri

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.494

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-03-05
Published : 2020-03-10

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD di Kota Gorontalo. Metode penelitian yang menggunakan metode survey untuk menguji gaya kepemimpinan kepala sekolah di Kota Gorontalo, diuji menggunakan teknik path analisis, dengan pendekatan penelitian kuantitatif  yang datanya disajikan secara deskriptif, melalui data primer, adapun teknik pengumpulan data digunakan melalui observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif Budaya Kerja terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah,  artinya dengan Budaya Kerja yang baik dari kepala sekolah akan meningkatkan gaya Kepemimpinan kepala sekolah PAUD bersama bawahan dan anggota serta unsur sekolah (guru, orangtua, siswa/wi dan masyarakat sekitar sekolah PAUD serta pemerintah yang membidangi pengelolaan sekolah PAUD).


Keywords


budaya kerja; kepemimpinan; kepala sekolah

References


Amanda, R. S., & Suryono, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Satuan Paud Dan Self-Efficacy Guru Dengan Kinerja Guru Di Kecamatan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi. 2(November), 1998. https://doi.org//DOI: http://dx.doi.org/10.21831/amp.v6i2.20335

Astianto, S. A., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sarana Dan Prasarana Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 744–760.

Carrasco-Embuena, V., & Suárez-Llorca, C. (2010). Successful school management in contexts with challenges (some lessons from practice). Journal of Human Sport and Exercise, 5(3), 418–429. https://doi.org/10.4100/jhse.2010.53.12

Fatimah, D. F., & Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Suowono Jawa Tengah: Tahun Pelajaran 2015-2016. Manageria : Jurnal Manajemen Pendidikan ISlam, 1(2), 247–273. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/manageria/article/view/12-05

Firmansyah, E. A., & Wardhana. (2016). Penguatan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( Paud ) Di Desa Garawangi Dan Desa Rancaputat Kabupaten Majalengka. Jurnal Penelitian, 10(2), 253–270.

Halim Yustiyawan, R., Supriyanto, A., & Mustiningsih. (2016). Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Paud Di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan : Teori, Peneltian Dan Pengembangan, 1(7), 1297–1304.

Hamdani, dede, & Nurjanah, S. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri di Provinsi DKI Jakarta. XII, 91–109.

Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 234. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236

Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Paud. Satya Widya, 32(1), 41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p41-48

Octaviana, M. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Kepemimpinan Impian Tranformasional Kepala Sekolah, 12, 7.

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504.

Rindaningsih, I. (2012). Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 213. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.42

Senny, M. H., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197–209. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p197-209

Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i2.1337

Stit, I., & Nusantara, P. (2019). Manajemen Pembelajaran Paud ( Studi Kasus Paud Al Urwatul Usqo Kalijaga Kec Aikmel ). 7, 99–107.

Sukiyanto, & Maulidah, T. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Guru dan Karyawan. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 59–64.

Suriansyah, A. dan aslamiah. (2014). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 2(XXXIV), 234–247.

Triwiyanto, T. (2009). Pelaksanaan monitoring, evaluasi, pelaporan, penilaian kinerja, manajerial kepala sekolah. 67–77.

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Yayuk, S., & Sugiyono. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Pendidikan terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar dan Dampaknya dengan Kompetensi Lulusan SMK di Kabupaten Gunungkidul. 7(1), 84–96.


Article Metrics

 Abstract Views : 154 times
 PDF Downloaded : 63 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.