Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Website Bagi Guru PAUD

Author


Upik Elok Endang Rasmani(1Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 589KB]

Published : 2023-10-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 950 times PDF Downloaded: 838 times

Abstract


Multimedia pembelajaran interaktif adalah solusi yang tepat dan cocok diterapkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran didalam kelas dalam super smart era. Kemudahan lain yang dirasakan guru guru dapat mempersiapkan materi untuk pembelajaran didalam kelas tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Peneliti menemukan masalah di lapangan dan menemukan bahwa penerapan multimedia pembelajaran interaktif pada pendidikan anak usia dini masih belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk memberikan alternatif multimedia pembelajaran interaktif bagi guru PAUD yaitu melalui website Educastudio. Peneitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Partisipan yang terlibat sebanyak 30 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% guru setuju bahwa website Educa Studio sesuai untuk dimanfaatkan sebagai multimedia pembelajaran interaktif bagi anak usia dini karena menyediakan berbagai video, permainan, lagu, cerita maupun lembar kerja bagi anak usia dini sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas dan membuat peserta didik menjadi semangat dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas.


Keywords


educa studio; guru paud; multimedia pembelajaran interaktif; pemanfaatan website.

References


Anisimova, E. S. (2020). Digital literacy of future preschool teachers. Journal of Social Studies Education Research, 11(1), 230–253. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1251924.pdf

Asysyura, F., Adnan, A., & Faisal, F. (2023). The Effect of Interactive Multimedia on Students’ Cognitive Learning Outcomes on System Materials. BIODIDAKTIKA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya. 18(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v18i1.17808

Fakhriyah, F. N. (2020). Media Youtube Sebagai Sarana Pemerolehan Bahasa B2 Anak Usia 3-5 Tahun (Studi Kasus Dua Orang Anak). Kadera Bahasa. 12(1), 48-57 https://doi.org/10.47541/kaba.v12i1.111

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE). 1(1), 75-84. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Handoko, A. (2021). Pemanfaatan Kinemaster sebagai Aplikasi Pembuatan Iklan Video Bagi Pengelola dan Pendidik PKBM. Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 14–24. http://dx.doi.org/10.33376/jdes.v1i1.968

Hikmat, H. (2022). The Readiness of Education in Indonesia in Facing The Society Era 5.0. Jurnal Basicedu. 6(2), 2953–2961. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2526

Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267-1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Indrawan, A., Amaliasari, D., & Valdiani, D. (2022). Pengaruh Terpaan Tayangan Youtube Ruang Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi. 6(1), 37-46. https://doi.org/10.33751/jpsik.v6i1.5316

Jannah, N. I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(1), 54–59. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Jasmy, M., Rahman, A., Ali, M., & Sinau, M. T. (2020). 21st Century Learning in Rural Preschools:Development of Early Literacy. Global Conferences Series: Social Sciences, Education and Humanities (GCSSSEH). 4, 415-423. https://doi.org/10.32698/GCS-04319

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2246

Junius Effendi, M., & Yusmiarti, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada PAUD TKaud Tk Bunaya. Jurnal Informatika. 10(1), https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI/article/view/192

Kartini, A., Nurwahidah, L. S., Loekman, A., Misbah, D., & Hidayatulloh, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Marbel Membaca Permulaan Educastudio Berbasis Android Untuk Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat. 2 (1), 61-70. https://doi.org/10.55583/arsy.v2i1.155

Kemendikbud, pengelola web. (2021). Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0. 03 Feb 2021. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50

Lee, C. S., & Choi, J. (2018). Early Childhood and Media Representation: How does South Korean Animation Pororo the Little Penguin Reproduce Patriarchal Family Ideology?. Animation. 13 (2). https://doi.org/10.1177/1746847718783643

Maharani, Y. S. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. 3(1), 31-40. https://www.learntechlib.org/p/209296/

Maziriri, E. T., Gapa, P., & Chuchu, T. (2020). Student perceptions towards the use of youtube as an educational tool for learning and tutorials. International Journal of Instruction, 13(2), 119–138. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1329a

Papadakis, S. (2021). The Impact of Coding Apps to Support Young Children in Computational Thinking and Computational Fluency. A Literature Review. In Frontiers in Education (Vol. 6). https://doi.org/10.3389/feduc.2021.657895

Pratama, S., & Maulani, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 2017(3), 132–137. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PPDU/article/view/8149/4201

Rahman, M. J. A., Sinau, M. T., & Ensimau, N. K. (2020). The level of readiness among rural school teacher in improving the language skills of preschool children by using the multimedia. Universal Journal of Educational Research. 8 (11A), 71-77. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082109

Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., Agustina, P., & Nazidah, M. D. P. (2022). Multimedia Interaktif PAUD dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (5), 5397-5405. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2962

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7 (1), 10-16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480

Roberts, J. D., Chung, G. K. W. K., & Parks, C. B. (2016). Supporting children’s progress through the PBS KIDS learning analytics platform. In Journal of Children and Media. 10 (2), 257-266. https://doi.org/10.1080/17482798.2016.1140489

Romansya, C. B., Az-Zahra, H. M., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Ruang Guru dengan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. 3(9), 9222–9230. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6377

Ruffin, B. (2013). Notional Geographic Kids. Library Media Connection.

Ruwaida, G. A., & Setiasih, O. (2022). Strategi Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi era Society 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (5), 5406-5413. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3028

Salsidu, S. Z., Azman, M. N. A., & Pratama, H. (2018). Trend Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Dalam Bidang Pendidikan Teknikal : Satu Sorotan Literatur. Sains Humanika, 10(3), 21–27. https://doi.org/10.11113/sh.v10n3.600

Setiawati, N. S. R. dan 2Mia. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru” Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. 3 (2), 241-246. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3179

Shoumi, A. Z. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5809

Sulasmi, E. (2022). Primary School Teachers’ Digital Literacy: An Analysis On Teachers’ Skills In Using Technological Devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research. 3 (2), 140-145. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.81

Vanbecelaere, S., Van den Berghe, K., Cornillie, F., Sasanguie, D., Reynvoet, B., & Depaepe, F. (2020). The effects of two digital educational games on cognitive and non-cognitive math and reading outcomes. Computers and Education, 143(2020(April 2019), 103680. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103680

Yahya, M. A., Wahyuningrum, T., & Adi Prasetyo, N. (2022). Usability Testing pada Prototype Aplikasi Mobile PlayKids Menggunakan USE Questionnaire. Journal of Applied Computer Science and Technology. 3 (1), 169-178. https://doi.org/10.52158/jacost.v3i1.160


Refbacks

  • There are currently no refbacks.