Aktivitas STEAM dalam “Miniatur Crane” dengan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21

Author


Mulyani Mulyani(1), Budiyono Budiyono(2), Hitta Alfi Muhimmah(3), Zaenal Abidin(4Mail), Ricky Setiawan(5), Nurul Istiq'faroh(6),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 702KB]

Published : 2023-07-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1083 times PDF Downloaded: 625 times

Abstract


Aktivitas STEAM adalah rangkaian kegiatan dalam pembelajaran yang mengintegrasikan empat keterampilan abad 21. Hal ini dikarenakan siswa harus memanfaatkan keempat keterampilan tersebut untuk menghasilkan suatu karya. Siswa harus melakukan beberapa aktivitas dalam pembelajaran ini, mulai dari merencakan, membuat, mempresentasikan, dan mengujicobakan hasil karyanya dalam bentuk “Miniatur Crane”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan aktivitas STEAM dalam Miniatur Crane dengan berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif data hasil angket respons siswa. Pengambilan data menggunakan angket. Populasi sejumlah 25 siswa dan sampel dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa siswa menyatakan bahwa 97% sangat setuju dengan adanya aktivitas STEAM. Siswa dapat meningkatkan keterampilan abad 21 melalui rangkaian aktivitas STEAM dalam pembuatan Miniatur Crane yaitu berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas STEAM dalam “Miniatur Crane” dengan berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan abad 21 bagi siswa.


Keywords


aktivitas steam; proyek; miniatur crane; keterampilan abad 21

References


Abidin, Z., Herman, T., Wahyudin, T., & Penehafo, A. E. (2023). Computational Thinking With An Open-Ended Approach Using Interactive Powerpoint Media: An Experiment In Elementary Schools. Journal of Engineering Science and Technology, 18(3), 1685-1695.

Abidin, Z., Herman, T., Farojah, L., Febriandi, R., & Penehafo, A. E. (2022). Why Did Elementary Students Have Difficulty Working in Mathematical Literacy Questions?. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(1), 121-140. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/14006

Agusniatih, A., & R., S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502–6512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3418

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Pendekatan Pembelajaran STEM dengan Model PJBL dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ssiswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225

Devi, A. D. (2021). Analisis Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan di MAN 1 Tulang Bawang Barat. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-13. https://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/alfahim/article/view/115

Dwi Kosasih, B., & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM dalam Menunjang Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding, 3(1), 1–6.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151-160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635

Faiz, A. (2021). Peran Filsafat Progresivisme dalam Mengembangkan Kemampuan Calon Pendidik di Abad-21. Jurnal Education and Development, 9(1), 131-131. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2308

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604

Hanifa Mardhiyah, R., Nurul Fajriyah Aldriani, S., Chitta, F., & Rizal Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lentera: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) pada Siswa Kelas IV SD. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4166

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Istiq'faroh, N., & Mustadi, A. (2020). Improving elementary school students' creativity and writing skills through digital comics. Ilkogretim Online, 19(2).

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Ssiswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32

Limbong, I., Munawar, M., & Kusumaningtyas, N. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAUD Berbasis STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, EINGENEERING, ART, MATHEMATIC). Seminar Nasional PAUD, 203–212.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1167

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm

Nyoman Putriadi, D., Wayan Suastra, I., & Budi Adnyana, P. (2020). Pengembangan Asesmen Kinerja pada Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 125–143. https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.16120

Prasetyo, J., Mushafanah, Q., Saputra, H. J., & Steam, A. P. (2022). Analisis Pendekatan STEAM alam Pembelajaran Tematikdi Kelas III SD N Wotbakah. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 8(1). https://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3/article/view/14375

Putu, N., Krisna Dewi, L., Astawan, G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222–232. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1395

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082

Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10-15. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/194

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah muhammadiyah di indramayu. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 1-25. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/57

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10-18. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/view/79

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul sociolinguistics: Keterampilan 4c (collaboration, communication, critical thinking, dan creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/179


Refbacks

  • There are currently no refbacks.