- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4918Keywords:
jurnal pagi, mengenal huruf, anak usia dini.Abstract
Tumbuh dan berkembang pada anak usia dini merupakan dua hal penting untuk kita perhatikan, karena pertumbuhan dan perkembangan pada usia dini merupakan masa yang sangat berharga dan tidak dapat terulang kembali. Salah satu dari enam aspek perkembangan tersebut adalah aspek kognitif. Dalam penelitian ini, perkembangan kognitif difokuskan pada keterampilan terutama mengenal angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan jurnal pagi dalam menumbuhkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan anak usia 4-5 tahun yang berada di kelompok A Taman Kanak-Kanak. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan tiga tahap: Reduksi data, visualisasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukanberbagai faktor yang melatar belakangi anak belum mengenal angka pada usia 4-5 tahun sehingga guru harus memberikan suatu kegiatan yang menyenangkan
Downloads
References
Brodin, J., & Renblad, K. (2020). Improvement of preschool children’s speech and language skills. Early Child Development and Care, 190(14), 2205–2213. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1564917
Bustomi, M. J. (2012). Ketimpangan Pendidikan Antar Kabupaten/Kota dan Implikasinya di Provinsi Jawa Tengah. Economics Development Analysis Journal, 1(2), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj/article/view/477
Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 181. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070
Cahyaningrum, W. N., Rasmani, U. E. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2022). Profil Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Survei Di Tk Gugus Dahlia Wonosari, Klaten). Kumara Cendekia, 10(2), 109. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.58458
Coronata, C., & Alsina, Ã. (2014). Evaluation of the Mathematical Processes in the Practices of Teaching and Learning in Childhood Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1320–1323. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.227
E.B. Hurlock. (1999). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. In Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga (Vol. 5, Issue 2). Erlangga.
Jarwani, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose Part. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 12–25. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no12022pp12-25
Lillard, A. S. (2021). Montessori as an alternative early childhood education. Early Child Development and Care, 191(7–8), 1196–1206. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1832998
Maghfirah, M., & Mahmudi, A. (2018). Number sense: the result of mathematical experience. Journal of Physics: Conference Series, 1097, 012141. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012141
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66
Prashanti, N. A. S., & Hafidah, R. (2021). Perkembangan Menulis Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19 Di TK Darussalam 02. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 197–210. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8312
Pratiwi, N. (2019). Materi dan Kegiatan Anak Usia Dini. Kemendikbud.
Putri Wangi, I. D. A., & Gede Angung, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EFlashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 150. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355
Rohaeni, E. S., & Gunadi, A. (2018). Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan melalui Media Fauna Pantai pada Anak Usia 4-5 Tahun. In Ya Buinayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini: Vol. II (Issue 1, pp. 19–26). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/2808
Sarnah, S., Fadlullah, & Sayekti, T. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Jurnal Pagi dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–15. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17785
Sood, S., & Mackey, M. (2015). Examining the Effects of Number Sense Instruction on Mathematics Competence of Kindergarten Students. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2(2), 2349. www.arcjournals.org
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. In Kencana. Kencana Prenada Media Group.
Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277