- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Perencanaan Strategis dalam Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4905Keywords:
perencanaan strategis, pengelolaan pendidikan, pendidikan anak usia diniAbstract
Bertambahnya jumlah satuan pendidikan anak usia dini harus diimbangi dengan pengelolaan yang baik agar tercipta generasi Indonesia emas sebagaimana tujuan konstitusi. Pendidikan anak usia dini saat ini memerlukan langkah-langkah dan paradigma yang baru termasuk pada aspek perencanaan dan manajemen. Tujuan penelitian ini menganalisis langkah-langkah perencanaan untuk mengelola Lembaga PAUD sebagai dukungan membangun pendidikan nasional yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, sementara teknik analisis data yang digunakan mengacu pada model Miels dan Huberman. Berdasarkan hasi kajian, perencanaan strategis berkaitan dengan perumusan arah pengembangan organisasi ke masa depan untuk mencapai sasaran-sasaran jangka panjang dan jangka pendek. Perencanaan strategis dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini dapat dilakukan melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan dan masalah, kajian lingkungan, penentuan visi dan misi, penyusunan program, serta penyusunan dokumen dan rencana
Downloads
References
Ananda, R. (2020). Program Pengembangan Desa Mitra untuk Meningkatkan Angka Partisipasi Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD. Jurnal Abdidas, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i1.4
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Aziz, A. A., Nurfarida, R., Budiyanti, N., & Zakiah, Q. Y. (2020). Model Analisis Kebijakan Pendidikan. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 192–201. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2575
Bryson J.M. (1988). Strategic Planning for Public and Nonprofit Organization. Josses-Bass Publishers.
Budiman, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2197
Dewi Latifah, E., Koswara, N., & Karim Fathkhullah, F. (2022). Perspektif Visi Pendidikan dari Sudut Pandang Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2523–2537. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2194
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2022). Rencana Strategis Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Faishal Haq, M. (2017). Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 26–41. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.63
Fitria, R. A., & Aulia, R. (2020). Character-Based Early Childhood Education Curriculum Development. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 134–144. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3380
Hanifah Fitria Azizah. (2022). manajemen pendidikan anak usia dini pada paud purwanida metro. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 823(2). http://irje.org/index.php/irje/article/view/169
Hidayat, I., Najah, S., & Samiaji, H. (2021). Manajemen Strategi dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 184–192. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1290
Indianoe. (1955). Perencanaan Strategis Untuk Perguruan Tinggi . Unit Pengembangan Universitas Gajah Mada.
Merson, J. C. , and Q. R. I. (1979). Strategic Planning for Colleges and Universities : A System Approach to Planning and Resource Allocation. Trinity University Press.
Munawwarah, H., & Hibana, H. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2989
Pidarta, M. (1990). Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan Sistem. Rineka Cipta.
Rohmani, N. (2020). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625–632. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262
Satriyo, W., Wahyuni, M., & Daulay, M. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Nominal Group. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6057–6065. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13067
Sodikin, S., & Gumiandari, S. (2021). Analisis SWOT Mutu Evaluasi Pembelajaran. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p59-69
Suharyat, Y., & Asiah, S. (2022). Pengembangan Perencanaan Pendidikan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5465–5474. https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3957
Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601
Triningsih, A. (2017). Politik Hukum Pendidikan Nasional: Analisis Politik Hukum dalam Masa Reformasi. Jurnal Konstitusi, 14(2), 332–350. https://doi.org/10.31078/jk1425
Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357
Wahyuni, & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301
Wibowo, A. P., Suharno, S., & Estriyanto, Y. (2021). Integrasi Swot Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Menyusun Perencanaan Strategis Bidang Pendidikan. JIPTEK, 14(2), 113–120. https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i2.48463
Wijaya, I. K. W. B. (2018). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737
Winario, M. (2021). implementation of strategic plan to improve the quality of education of mts muhammadiyah lubuk jambi kuantan singingi district. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 200–211. https://doi.org/10.37758/jat.v4i2.270