Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini di PAUD Mentari : Tinjauan Sintaksis dan Psikolinguistik

Author


Salamah Salamah(1Mail), Pratista Widya Satwika(2), Wakhidatus Salma(3), Eti Setiawati(4),
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Brawijaya, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Brawijaya, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Brawijaya, Indonesia(3)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Brawijaya, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 467KB]

Published : 2024-05-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 47 times PDF Downloaded: 19 times

Abstract


Anak usia dini menunjukkan perkembangan bahasa yang signifikan. Penelitian ini membahas pemerolehan bahasa anak usia dini di PAUD Mentari berpendekatan Psikolinguistik dan analisis fungsi sintaksis. Tujuan penelitian mendeskripsikan kondisi pemerolehan bahasa, memetakan tuturan melalui analisis sintaksis, serta mengaitkan kemampuan berbahasa anak usia dini dengan kondisi psikologisnya melalui perspektif Psikolinguistik. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data simak-libat-cakap dan observasi partisipatif. Data berupa teks tuturan anak usia dini dalam bentuk kalimat deklaratif, interogatif, dan imperatif. Hasil penelitian yaitu kemampuan fonologi, sintaksis, dan semantik masih pada tahap awal, kemampuan multibahasa, auditori, dan motorik berkembang dengan baik dan cepat, tuturan yang digunakan dalam tiga ragam kalimat didominasi dengan jenis deklaratif berbentuk simpleks, baik dalam menuturkan kata sesuai gender, posisi seseorang, hingga penggunaan morfem posesif, kondisi psikologis dan kemampuan komprehensi yang masih belum matang berpengaruh pada ujaran, produksi kata, tata kalimat, dan jenis kalimat. Dapat disimpulkan subjek penelitian memiliki perkembangan bahasa yang baik.


Keywords


anak usia dini; fungsi sintaksis; pemerolehan bahasa; Psikolinguistik

References


Alamirew, F. D. (2022). The Acquisition of Inflectional Morphology: The Representation of Nominal Inflections in Amharic Speaking Children’s Speeches. Journal of Child Language Acquisition and Development (JCLAD), 10(2), 534–556. https://science-res.com/index.php/jclad/article/view/87

Ariani, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12347-12354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10444https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10444

Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI, 3(2), 24–47. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211315023/3959t__PEMEROLEHAN_BAHASA_PADA_ANAK.pdfhttp://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211315023/3959t__PEMEROLEHAN_BAHASA_PADA_ANAK.pdf

Baker, G., & Aldridge, M. (2022). Children ’ S Humour Development : A Linguistic Perspective. Journal of Child Language Acquisition and Development (JCLAD), 10(3), 572–600. https://science-res.com/index.php/jclad/article/view/88https://science-res.com/index.php/jclad/article/view/88

Barus, F. L., Hasanah, S., & Wasilah, A. (2020). Perkembangan Sintaksis Anak Usia Empat Tahun (Kajian Psikolinguistik). Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 70–77. https://doi.org/10.1210/jc.2009-0058

Clark, H. H., & Clark, E. V. (1977). Psychology and Language. New York: Harcourt Brace Javanovich.

Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Manusia (Edisi Kedua). Yayasan Obor Indonesia Unika Atma Jaya.

Dawadee, P., & Dawadi, P. (2021). Phonology Acquisition in Nepal: A Preliminary Study. Journal of Child Language Acquisition and Development-JCLAD, 9(3), 2148–1997. https://science-res.com/index.php/jclad/article/view/34

De Nijs, P. (2021). Early Trilingual Language Acquisition of Spanish , English , and French by a Two-Year-Old American Child. Journal of Child Language Acquisition and Development (JCLAD), 9(3), 321–334. https://science-res.com/index.php/jclad/article/view/36

Djuwarijah, S. (2017). Pemerolehan Bahasa Telegramdan KalimatAnak Usia Prasekolah dan SD. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 19–38. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i1.149

Firdaus, N., Utami, S., & Huda, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 03-05 Tahun Di Rt 02 Desa Tambak Oso Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 110-119. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i2.8113

Fitriani, D. N., Cahyani, F., & Al Baqi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Auditori Melalui Aktivitas Musik Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 5, 8–18. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1910

Garnham, A. (1985). Psycholinguistics: Central Topics. London: Methuen.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hijriati, H. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33–49. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034

Hutabarat, I. (2018). Pemerolehan Sintaksis Bahasa Indonesia Anak Usia Dua Tahun Dan Tiga Tahun di Padang Bulan. Jurnal Darma Agung, 26(3), 661–676. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/74

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT Raja Grafindo Persada.

Manurung, R. T. (2014). Pemerolehan Bahasa pada Anak 4-5 Tahun dengan Stimulasi Games Edukasi. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 3(1), 80–93. https://doi.org/10.26499/rnh.v3i2.7

Maryani, K. (2018). Pemerolehan Sintaksis pada Anak Usia 3, 4, dan 5 Tahun. Jurnal Pendidikan Karakter “JAWARA” (JPKJ), 4(1), 41–47. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/9524

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Miles, M., & Huberman, M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Universitas Indonesia, Penerjemah. UI Press.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2021). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805-813. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Nugraha, O. A. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Kajian Semantik Penyimpangan Tuturan Anak. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, 2(2), 104-110. https://doi.org/10.23917/kls.v2i2.6733

Nurfadilah. (2016). Analisis Kalimat Deklaratif, Interogatif, dan Imperatif dalam Tajuk Koran SINDO Edisi Maret 2016. Undergraduate Thesis. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang. https://adoc.pub/analisis-kalimat-deklaratif-interogatif-dan-imperatif-dalam-.html

Poulidakis, A. (2023). Faithfulness vs Truncation: A Prosodic Account of Children’s Disyllabic to Pentasyllabic Words. Journal of Child Language Acquisition and Development (JCLAD), 11(1), 680–705. https://doi.org/10.5281/zenodo.7748230

Prihandini, A., & Isnendes, R. (2020). Variasi Bahasa pada Tuturan Seorang Anak di Masyarakat Multibahasa (Studi Kasus pada Anak Usia 12 Tahun di Sebuah Keluarga di Kota Bandung). In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (pp. 553-559). https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/download/45048/28772

Putri, K. A. K., Rasna, I. W., & Suanda, I. N. (2014). Pemerolehan Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini di Desa Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(2), 9. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1436

Rafiyanti, F. (2021). Pemerolehan Morfologi Dan Sintaksis Pada Anak Usia 2-4 Tahun (Kajian Psikolinguistik). Konfiks Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 53–62. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4524

Rifa’i, A. M. M. (2021). Multilingual dan Perkembangannya dalam Perspektif Pendidikan. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(2), 147–156. https://doi.org/10.56997/almabsut.v14i2.444

Rosita. (2017). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru (Kajian Psikolinguistik). Undergraduate Thesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3978-Full_Text.pdf

Salnita, Y. E., Atmazaki, & Abdurrahman. (2019). ). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun.. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).. http://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.156http://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.156

Sari, I. W., & Febriyana, M. (2022). Analisis Pemerolehan Sintaksis pada Anak Usia Dini (Studi Kualitatif Pada Rizky Ramadhan). CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 105–120. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.296

Sartini, N. W. (2012). Tipe-Tipe Kalimat Imperatif Bahasa Indonesia Ragam Lisan Formal dalam Ujian Terbuka. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.I], V.19. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9689https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9689

Sebayang, S. K. H. (2018). Analisis Pemerolehan Bahasa Pertama (Bahasa Melayu) pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 105–114. - 114https://doi.org/10.26740/jpi.v4n1.p106

Solihin, M. (2021). Perkembangan Fonologi Anak Usia Dini. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 93-104. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i2.260

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyanti. (2021). Perkembangan Bahasa Fonetik dan Sintaksis Anak Usia Dini (Usia 3-4 Tahun). Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 2774–2156. Retrieved from https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/48https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/48

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardhana, I. G. N. P. (2013). Perkembangan Bahasa Anak 0-3 Tahun Dalam Keluarga. Jurnal Linguistik, 20(39), 95–100. https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/21869

Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD LESTARI Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 74–83. https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346

Yang, Y. (2022). First Language Attrition and Second Language Attainment of Mandarin-Speaking Immigrants in Hong Kong: Evidence from Prosodic Focus. Journal Language of Acquisition, 30(2), 201-203. https://doi.org/10.1080/10489223.2022.2081808 https://doi.org/10.1080/10489223.2022.2081808


Refbacks

  • There are currently no refbacks.