- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun melalui Pola Asuh Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4838Keywords:
stimulasi perkembangan anak, pola asuh orang tua, perkembangan bahasa anakAbstract
Penelitian ini membahas bagaimana orang tua dapat mendorong anak mereka yang berusia 4 hingga 6 tahun untuk mengembangkan keterampilan bahasa mereka. Studi ini mengkaji dampak gaya pengasuhan pada perkembangan linguistik keturunan mereka antara usia empat dan enam tahun, dan menyarankan cara pengasuh dapat membantu anak-anak mereka berkembang secara linguistik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan teknik penjodohan Campbell. Teknik pengumpulan data   adalah wawancara dan observasi terhadap orang tua dan anak-anak usia 4-6 tahun yang berbeda. Tahapan metode penelitian yang diusulkan mencakup tahap pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan pola asuh yang tidak tepat akan membawa dampak negatif pada perkembangan bahasa anak, , namun kebanyakan orang tua tidak memahami dampak jangka panjang akibat dari pola asuh yang tidak tepat. Dukungan emosional dan responsif dari orang tua memiliki dampak positif pada perkembangan bahasa anak. Orang tua yang memberikan respons positif pada bahasa anak dan menunjukkan perhatian pada interaksi verbal dengan anak cenderung memiliki anak yang memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik.
Downloads
References
Aisyah, S., & dkk. (2007). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
Ariani YM. (2012). Usia anak dan pendidikan ibu sebagai faktor risiko gangguan perkembangan anak. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 27, 118–121. https://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/116
Brantasari, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.119
Brooks, J. (2011). The Process Of Parenting 7th Edition. McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages
Budiarto, M. T. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 47–56. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/277
Catherine S, . Tamis-Lemonda, & EILEEN T., R. (2008). Parents’ role in fostering young children’s learning and language development. Encyclopedia on Early Childhood Development, 1–9.
Conger, R. D., Conger, K. J., & Martin, M. J. (2010). Socioeconomic status, family processes, and individual development. Journal of Marriage and Family, 72(3), 685–704. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2910915/
Cullen, J. P., Ownbey, J. B., & Ownbey, M. A. (2010). The effects of the healthy families america home visitation program on parenting attitudes and practices and child social and emotional competence. Child and Ado-Lescent Social Work Journal, 27(5), 335–354. https://link.springer.com/article/10.1007/s10560-010-0206-9
Darmawan, D. (2019). Peran Orang Tua dalam Merangsang Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–10. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/9741
Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.245
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21417
Hanum, N. L., & Khomsan, A. (2016). Pola Asuh Makan, Perkembangan Bahasa, Dan Kognitif Anak Balita Stunted Dan Normal Di Kelurahan Sumur Batu, Bantar Gebang Bekasi. Jurnal Gizi Dan Pangan, 7(2), 81. https://doi.org/10.25182/jgp.2012.7.2.81-88
Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456
Jiji MaryAntony, S. S. V. (2017). Parenting And Its Influence On Child Behaviour. Journal of Child and Family Studies, 4(94), 5806–5811. https://doi.org/10.18410/jebmh/2017/1169
Kenney, C. K. (2012). Before the School Bus: Parental Influence on Early Language and Literacy Learning in the Home Environment. Hilos Tensados, 1, 1–476. https://deepblue.lib.umich.edu/bitstream/handle/2027.42/93875/ckmeyer_1.pdf;sequence=1
Kusmawati, I. I., Argaheni, N. B., Sukamto, I. S., Putri, N. R., & Linh, N. D. (2023). the Relationship Between Parenting Style and the Development of Pre-School Children. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 11(1), 81. https://doi.org/10.20961/placentum.v11i1.71390
Lestari, N. W., & Sukarini, N. (2018). Peran Orang Tua dalam Merangsang Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–11. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/9741
Majorano, M., Rainieri, C., & Corsano, P. (2013). Parents’ child-directed communication and child language development: a longitudinal study with Italian toddlers. Journal of Child Language, 40(4), 836–859. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22883628
Moh. Shochib. (2010). Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta.
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643
Muslimah, A., Alim, M. L., & Ayu, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Penerapan Metode Tanya Jawab. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 1–7. https://aulad.org/aulad/article/view/1
Noble. (2019). The impact of shared book reading on children’s language skills: A metaanalysis. Educational Research Review.
Nwosu, N. (2016). Parental Responsivity and Language Outcomes During a Parental Responsivity and Language Outcomes During a Language Intervention for Children with Developmental Delay Language Intervention for Children with Developmental Delay. https://doi.org/10.57709/8853856
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153–163. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.04
Puspitasari, D. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 11(12), 1–11. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/4196https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/4196
Ruslan, R., & Supriyanto, Y. (2019). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 46–53. http://dx.doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643
Sethna, V., et al. (2017). Father-child interaction at 3months and 24 months: Contributions to chidren’s cognitive development. Infant Mental Health Journal, 38(3), 378–390. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28449355
Suardi, S., & Samad, S. (2020). Stimulation of the Early Childhood Language Development: Optimalization of a Mother’S Role in Family Education. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 13(1), 196. https://doi.org/10.26858/retorika.v13i1.12300
Tadesse, S. (2016). Module 4 resources quide. Quality early childhood environments for young children; training for early childhood caregivers and teachers. Baltimore. USA: Catholic Relief Services.
Tulviste, T., & Tamm, A. (2019). Informal language stimulation rather than corrective feedback matters in Estonian children’s language performance. Learning and Instruction, 63(1). https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S095947521930026X
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (5th ed.). SAGE.
Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029–5040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2908