Perkembangan Anak dengan Kebutuhan Khusus melalui Observasi yang Mendalam

Author


Sri Sukatmi(1Mail), Chandra Apriyansyah(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2023-06-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2017 times PDF Downloaded: 681 times

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada pengembangan metode berdasarkan kondisi pembelajaran yang ada dan mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode asesmen perkembangan anak berkebutuhan khusus di kelas Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis (SPS) Alam Atifa Bogor, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan melibatkan tiga subjek penelitian, yaitu seorang anak autisme (SY), guru kelas, dan guru pendamping. Dalam penelitian ini, instrumen penelitian yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif melalui tahap pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi data. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang asesmen perkembangan anak berkebutuhan khusus pada kalangan guru-guru pendidikan anak usia dini di Bogor.


Keywords


perkembangan anak; anak dengan kebutuhan khusus; metode asesmen perkembangan

References


Al Adawiyah, R., & Priyanti, N. (2020). Pengaruh Peran Ayah Terhadap Adaptasi Sosial Pada Anak Usia Dini Di Yayasan Nurmala Hati Jakarta Timur. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 155–168. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/5026

Anjani, D., Fadhila, M., & Primasari, W. (2019). Strategi Komunikasi Pendidik Dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/view/1804

Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208

Apriyansyah, C., Widiyastuti, A., & Saharia, S. (2022). Analisis Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Asesmen Observasi Di Daerah Manokwari Papua Barat. CEMERLANG : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 44–54. https://cemerlang-paud-pancasakti.ac.id/index.php/cemerlang/article/view/8

Arriani, F. (2017). Kebijakan Layanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1217

Ashari, D. A. (2021). Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095–1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677

Ayuning, A., & Pitaloka, P. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 26–42. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq/article/view/83

Billstedt, E., Gillberg, I. C., & Gillberg, C. (2011). Aspects of quality of life in adults diagnosed with autism in childhood: A population-based study. Autism, 15(1), 7–20. https://doi.org/10.1177/1362361309346066

Darojah, R., Wijayanti, U. T., & Sugiharti, S. (2022). Determinan Faktor Orang Tua Millenial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6035–6044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3382

Dea, L. F., Yusuf, M., Saidun, A. M., Choirudin, C., & Juniati, A. D. (2021). Alat Permainan Edukatif Golf Anak Usia Dini sebagai Program Edupreneur Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-03

Depape, A. M., & Lindsay, S. (2015). Parents’ experiences of caring for a child with autism spectrum disorder. Qualitative Health Research, 25(4), 569–583. https://doi.org/10.1177/1049732314552455

Efendi, A., & Adhani, D. N. (2018). Tanggung Jawab Negara Atas Hak Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 37. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1940

García-López, C., Sarriá, E., Pozo, P., & Recio, P. (2016). Supportive Dyadic Coping and Psychological Adaptation in Couples Parenting Children with Autism Spectrum Disorder: The Role of Relationship Satisfaction. Journal of Autism and Developmental Disorders, 46(11), 3434–3447. https://doi.org/10.1007/s10803-016-2883-5

Hafizah, H., & Mulyani, R. R. (2022). Profil Self Acceptance Orang tua Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang. Journal of Education Research, 2(3), 115–119. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.61

Harnin, I. S., & Damri, D. (2022). Kepedulian Sosial Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Kategori C (Tunagrahita). Jurnal Basicedu, 6(2), 1782–1791. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2315

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Herawati, I. (2022). Layanan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner Sd Negeri Kadudampit 3 Kabupaten Pandeglang. Proseding Didaktis: SEminar Nasional Pendidikan Dasar, 456–467. http://repository.upi.edu/id/eprint/76370

Hidayati, W. R., & Warmansyah, J. (2021). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi dalam Pelayanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 207–212. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.147

Katz, E., & Girolametto, L. (2013). Peer-Mediated Intervention for Preschoolers With ASD Implemented in Early Childhood Education Settings. Topics in Early Childhood Special Education, 33(3), 133–143. https://doi.org/10.1177/0271121413484972

Kokina, A., & Kern, L. (2010). Social storyTM interventions for students with autism spectrum disorders: A meta-analysis. Journal of Autism and Developmental Disorders, 40(7), 812–826. https://doi.org/10.1007/s10803-009-0931-0

Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257

Kurniawaty, L. (2022). Literasi Gizi : Survei Pelibatan Anak Usia Dini dalam Penyajian Makanan di Jakarta Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6110–6122. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3401

Lafiana, N. A., Witono, H., & Affandi, L. H. (2022). Problematika Guru Dalam Membelajarkan Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Classroom Action Research, 4(2). https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/1686

Mardiana, & Ahmad Khoiri, K. (2021). Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 1–5. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.651

Mawaddati. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Lintang Alih Di Pondok Pesantren Anak Ibrohimiyyah. Jurnal Cemerlang PAUD, 2(2), 556–565. https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/10001

Mukhtar, N. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 125–138. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/301

Ninda, S., Putri, A., & Taufan, J. (2021). Permasalahan Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2), 41–45. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/112223

Novianti, L. E., Noer, A. H., Qodariah, L., Moeliono, M. F., Pebriani, L. V., Joefiani, P., & Ardiwinata, M. (2018). Program Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Tentang Ciri Perkembangan Anak Usia Pra-Sekolah (2-5 Tahun). Journal of Psychological Science and Profession, 2(1). https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i1.15286

Patilima, H. (2013). Peran Pendidik Pos Paud Dalam Membangun Resiliensi Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 173–194. https://paud-pancasakti.ac.id/index.php/jpti/article/view/34

Pratiwi, E. A., & Romadonika, F. (2020). Peningkatan Pengetahuan Anak Berkebutuhan Khusus Tentang Pendidikan Seks Usia Pubertas Melalui Metode Sosiodrama Di SLB Negeri 1 Mataram. Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 47–52. https://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/453

Rahayu, S. M. (2015). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3048

Rahma, Z., & Maemonah, M. (2021). Filsafat Behaviorisme Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Rudolf Steiner. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i1.2616

Rivard, M., Terroux, A., Parent-Boursier, C., & Mercier, C. (2014). Determinants of stress in parents of children with autism spectrum disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders, 44(7), 1609–1620. https://doi.org/10.1007/s10803-013-2028-z

Rogers, S. J., Estes, A., Lord, C., Vismara, L., Winter, J., Fitzpatrick, A., Guo, M., & Dawson, G. (2012). Effects of a brief early start Denver model (ESDM)-based parent intervention on toddlers at risk for autism spectrum disorders: A randomized controlled trial. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 51(10), 1052–1065. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2012.08.003

Sakiinatullaila, N., K, F. D., Priyanto, M., Fajar, W., & Ibrahim, I. (2020). Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 171. https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.7471

Sapitri, D., Rosyadi, A. R., & Rahman, I. K. (2022). Pendidikan Karakter Islami Anak Usia Dini Berbasis Fitrah di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7334–7346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3657

Saputri, M. A., Widianti, N., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2023). Ragam Anak Berkebutuhan Khusus. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 38-53. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/4986

Sari, Y. astrina. (2019). Perbedaan Kemampuan Berbicara Anak Yang Diasuh Orang Tua Sendiri Dan Yang Diasuh Oleh Pengasuh (Studi Kasus Pada 2 Anak Tetangga). Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 15–20. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol1.no02.a2088

Setiawati Feby, N. (2020). Mengenal Konsep-konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD. Jurnal Program Studi PGRA, 193–208. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/635

Sintia Ahmad, D., & Wirman, A. (2021). Analisis Relevansi Media Youtube Kids Untuk Menstimulasi Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 62–73. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol3.no02.a4934

Sofariah, S., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Pengembangan Asesmen Model Stem Pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam Untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anakusia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 145–156. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27205

Sriyati, & Ningtyas, H. S. (2021). Pendampingan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Gifted Berdasarkan Pola Asuh Otoritatif. Jurnal Shanan, 5(2), 79–94. https://doi.org/10.33541/shanan.v5i2.3329

Suci, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.708

Sukadari, S. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.829

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958

Uzer, Y. (2020). Penerapan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Story Telling Untuk Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i01.3760

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wetherby, A. M., Guthrie, W., Woods, J., Schatschneider, C., Holland, R. D., Morgan, L., & Lord, C. (2014). Parent-implemented social intervention for toddlers with autism: An RCT. Pediatrics, 134(6), 1084–1093. https://doi.org/10.1542/peds.2014-0757

Wibowo, G. V., & Suyadi, S. (2021). Penerapan Permainan Bahasa Guessing Games Berbasis Powerpoint Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 7–18. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.31060

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 1. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25067

Yeni, D. I., Wulandari, H., & Hadiati, E. (2020). Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini : Studi Evaluasi Program CIPP. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.9

Yulianingsih, D., Hidayat, M., & Nabila, F. A. (2022). Penanaman Nilai – Nilai Islami bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Laras. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 63–69. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/37

Yuliantina, I., Azizah, N., Wiyarno, I., Andriani, R., Indah, V., Maesyaroh, S., Leny, Mulyanti, Anggriani, S., & Mardiananingsih. (2023). PKM Utilization of Learning Resources in Improving the Quality of the Learning Process in the Mutiara Bahari Play Group. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i1.2636

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407


Refbacks

  • There are currently no refbacks.