- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Pembelajaran Sains (Bermain Air) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4793Keywords:
pembelajaran sains, bermain air, berpikir kraeatifAbstract
Pentingnya kemampuan berpikir kreatif perlu dikenalkan pada anak usia dini, hal ini dapat melatih anak untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapinya melalui pengamatan suat hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran sains dengan bermain air terhadap kemampuan berpikir kreatif anak. Penelitian ini dilakukan pada sebuah Taman Kanak-kanak (TK) dengan rentan usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PreExperiment dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest. Prosedur penelitian ini terdiri dari: observasi awal, pemberian Pretest pada awal penelitian dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berupa pertanyaan yang diberikan kepada subjek penelitian. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Effect Size. Berdasarkan dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan bermain air memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif anak. Berdasarkan perhitungan uji Wilcoxon, diperoleh peningkatan  skor pretest dan posttest  yang semua nilai anak tidak ada yang bertanda negatif (-). Sehubungan dengan ruang lingkup dan subjek penelitian yang terbatas, maka perlu ada penelitian lanjutan yang perlu dilakukan dengan ruang lingkup yang besar sehingga dapat ditarik generalisasinya.
Downloads
References
Aziz, S. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini (1st ed.). Kalimedia.
Dwi, Y., Suryana, D., & Mahyudin, N. (2022). Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Pendekatan Saintifik di RA Aisyiyah III Alang Sungkai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11388
Fatonah Siti, & Prasetyo Zuhdan K. (2014). Buku Pembelajaran Sains (Vol. 1, pp. 1–21).
Hasriana, H., Pabunga, D. B., & M, S. Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Air. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 83. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11686
Hidayati, W. R., & Suryana, D. (2021). Peran Guru Dalam Mengenalkan Sains Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72–78. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168
Khaironi, M. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Kurnia, D. S. (2015). Dini Dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9, 285–302. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3506
Mahyuddin, N., Rozimela, Y., & Yaswinda. (2018). Model Pembelajaran Berbahasa Santun Melalui CD Pembelajaran Interaktif di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pariaman. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(II), 49–54. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3748
Mahyuddin, N., & Sofya, R. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 601. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7837
Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Kota Padangnenny Mahyuddin,. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/10.21009/jpud.101.03
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/328
Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50
Mursid. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD (N. Muliawati, Nur (ed.); 2nd ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Paramita, N., Rintayati, P., & Wahyuningsih, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Permainan Sains. Kumara Cendekia, 7(2), 126. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36372
Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains (1st ed.). Diva Press.
Saleh, M. (2021). Kemampuan Sains Sederhana Melalui Teknik Bermain Air Pada Anak Kelompok B TK Sinar Jaya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(4), 119. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.4.119-128.2021
Salim, E., & Hariyanti, D. P. D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri Pada Kelompok B Di Tk Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/201 4. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 84–111. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/511
Sari, A. Y., & Arumsari, A. D. (2019). Metode Eksperimen Media Air Untuk Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2605
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. In A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano. PRENADAMEDIA Group.
Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga.
Susanty, M., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4493–4506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2622
Ulfa, A., & Kamtini, K. (2018). Pengaruh Kegiatan Bermain Air Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Ananda Medan T.A 2017/2018. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 40. https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i2.12208
Wahyuni, D. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Sains dengan Bermain Air terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak ABA 4 Kota Jambi. Universitas Jambi.
Wati, H. S. N., Eliza, D., & Mulyeni, T. (2023). Efektifitas Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di RA Bakti Ibu Bukitsari Jambi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 49–62. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/24402
Wibawa, M. A. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus I Sandubaya Tahun Ajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 72–79. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/2
Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Berbasis Pendekatan Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242–7252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618
Yaswinda, Nilawati, E., & Abna, H. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Taman Kanak - Kanak. Jurnal Audi, 4(2), 100–109. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3326
Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842
Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3744
Yulianti, D. (2010). Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak (1st ed.). Indeks.