Pengaruh Pembelajaran Sains (Bermain Air) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Dwi Wahyuni Pendidikan Anak Usi Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Dadan Suryana Pendidikan Anak Usi Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4793

Keywords:

pembelajaran sains, bermain air, berpikir kraeatif

Abstract

Pentingnya kemampuan berpikir kreatif perlu dikenalkan pada anak usia dini, hal ini dapat melatih anak untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapinya melalui pengamatan suat hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran sains dengan bermain air terhadap kemampuan berpikir kreatif anak. Penelitian ini dilakukan pada sebuah Taman Kanak-kanak (TK) dengan rentan usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PreExperiment dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest. Prosedur penelitian ini terdiri dari: observasi awal, pemberian Pretest pada awal penelitian dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berupa pertanyaan yang diberikan kepada subjek penelitian. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Effect Size. Berdasarkan dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan bermain air memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif anak. Berdasarkan perhitungan uji Wilcoxon, diperoleh peningkatan  skor pretest dan posttest  yang semua nilai anak tidak ada yang bertanda negatif (-). Sehubungan dengan ruang lingkup dan subjek penelitian yang terbatas, maka perlu ada penelitian lanjutan yang perlu dilakukan dengan ruang lingkup yang besar sehingga dapat ditarik generalisasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, S. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini (1st ed.). Kalimedia.

Dwi, Y., Suryana, D., & Mahyudin, N. (2022). Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Pendekatan Saintifik di RA Aisyiyah III Alang Sungkai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11388

Fatonah Siti, & Prasetyo Zuhdan K. (2014). Buku Pembelajaran Sains (Vol. 1, pp. 1–21).

Hasriana, H., Pabunga, D. B., & M, S. Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Air. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 83. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11686

Hidayati, W. R., & Suryana, D. (2021). Peran Guru Dalam Mengenalkan Sains Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72–78. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168

Khaironi, M. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Kurnia, D. S. (2015). Dini Dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9, 285–302. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3506

Mahyuddin, N., Rozimela, Y., & Yaswinda. (2018). Model Pembelajaran Berbahasa Santun Melalui CD Pembelajaran Interaktif di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pariaman. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(II), 49–54. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3748

Mahyuddin, N., & Sofya, R. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 601. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7837

Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Kota Padangnenny Mahyuddin,. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/10.21009/jpud.101.03

Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/328

Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50

Mursid. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD (N. Muliawati, Nur (ed.); 2nd ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Paramita, N., Rintayati, P., & Wahyuningsih, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Permainan Sains. Kumara Cendekia, 7(2), 126. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36372

Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains (1st ed.). Diva Press.

Saleh, M. (2021). Kemampuan Sains Sederhana Melalui Teknik Bermain Air Pada Anak Kelompok B TK Sinar Jaya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(4), 119. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.4.119-128.2021

Salim, E., & Hariyanti, D. P. D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri Pada Kelompok B Di Tk Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/201 4. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 84–111. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/511

Sari, A. Y., & Arumsari, A. D. (2019). Metode Eksperimen Media Air Untuk Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2605

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. In A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano. PRENADAMEDIA Group.

Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga.

Susanty, M., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4493–4506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2622

Ulfa, A., & Kamtini, K. (2018). Pengaruh Kegiatan Bermain Air Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Ananda Medan T.A 2017/2018. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 40. https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i2.12208

Wahyuni, D. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Sains dengan Bermain Air terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak ABA 4 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Wati, H. S. N., Eliza, D., & Mulyeni, T. (2023). Efektifitas Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di RA Bakti Ibu Bukitsari Jambi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 49–62. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/24402

Wibawa, M. A. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus I Sandubaya Tahun Ajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 72–79. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/2

Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Berbasis Pendekatan Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242–7252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618

Yaswinda, Nilawati, E., & Abna, H. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Taman Kanak - Kanak. Jurnal Audi, 4(2), 100–109. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3326

Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3744

Yulianti, D. (2010). Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak (1st ed.). Indeks.

Downloads

Published

09-08-2023

How to Cite

Wahyuni, D., & Suryana, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Sains (Bermain Air) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4049–4072. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4793

Issue

Section

Articles