Strategi Penanaman Nilai Agama dan Moral di PAUD

Authors

  • Nur Amalia Olby Anwar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Cholimah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4759

Keywords:

nilai agama moral, strategi pembelajaran, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya kasus dimana terjadi penurunan agama dan moral pada anak dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai strategi yang digunakan TK Bina Taruna untuk menanamkan nilai agama dan moral bagi anak didiknya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan alur dari Miles Huberman, sedangkan keabsahannya diuji melalui triangulasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanaman nilai agama dan moral dilakukan melalui pemberian pengetahuan tentang Tuhan dan agama yang dianutnya (beribadah, bersyukur, dan hari besar keagamaan), memberikan peneladanan, membiasakan adab dan karakter baik, serta kerjasama antara guru dan orang tua. Sehingga, implikasinya akan berupa penyamaan persepsi penanaman nilai agama antara sekolah dan orang tua karena perbedaan latar belakang keluarga agar tidak menimbulkan kekeliruan pada anak tersebut untuk menerima pembiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Amalia Olby Anwar, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Anak Usia Dini

Nur Cholimah, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Akbar, S. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini. PT Refika Aditama.

Akyuni, Q. (2022). Penerapan Budaya Religius di TK/ PAUD. Tarbiyatul-Aulad : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(1), 95–106. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/viewFile/4792

Al Mubarok, A. A. S. A. (2021). Alat Permainan Edukatif dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 93. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208

Ardiyanti, S., & Khairiah, D. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kualitas Diri Pada Anak Usia Dini. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 167–180. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3024

Aulia Laily Rizqina, B. S. (2020). Peran Pendidik dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 18–29. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.760

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Ghina, M. A., & Ningsih, L. I. (2021). Analisis Kurikulum PAUD Terhadap Indikator Perkembangan Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 30–45. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i2.263

Hafidz, N., & Rachmy, R. D. (2021). Mengasah Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Berdoa pada Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 59. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.444

Harahap, M. R., & Harahap, H. S. (2021). Implementasi Pemberian Cerita Islami dalam Upaya Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Anak di TK-IT Khairul Imam. ABNA Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.22515/abna.v2i1.3726

I. Asti. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64. https://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1422

Imran, R. F., & Suryani, N. A. (2018). Preoperational Development of Eearly Childhood with Insectarium Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 267. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.88

Indarwan, A. F., Hestiningrum, E., Nafifah, I. F. N., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko. (2022). The Influence Of Gadgets On The Moral Development Of Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 4(1), 9–14. https://jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/153

Islam, M. A., Haji Mat Said, S. B., Umarlebbe, J. H., Sobhani, F. A., & Afrin, S. (2022). Conceptualization of head-heart-hands model for developing an effective 21st century teacher. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.968723

Kartini, Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Metode Mendongeng Kisah Nabi dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 13–28. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/5045

Kohlberg, L., & Hersh, R. . (1977). Moral Development: A Review of the Theory into Practice. Moral Development, 16. https://www.jstor.org/stable/1475172

Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Nabilah, I., Khoiriah, I., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Nilai Agama-Moral Siswa Usia Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5184

Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Rofiah, H. . (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di TK ABA Sutopadan Bantul. Journal Student UNY, 9. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/16974

Rosana, E. (2018). Agama Dan Sekularisasi Pada Masyarakat Moderen. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 13(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajsla.v13i1.2948

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312

Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70

Sari, L. E., Rahman, A., & Baryanto, B. (2020). Adab kepada Guru dan Orang Tua: Studi Pemahaman Siswa pada Materi Akhlak. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 75–92. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1251

Shaleh, M., Batmang, B., & Anhusadar, L. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4726–4734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2742

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

T, M. Y., Safitri, E. D., Masnah, S., & Ibadiyah, B. (2020). Capaian Dan Stimulasi Aspek Perkembangan Agama Pada Anak Usia 5 Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 49. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14362

Wahyuni, I. W. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Moral Pada Santri Tpq Al-Khumaier Pekanbaru. Generasi Emas, 1(1), 51. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2256

Warsiah, I. (2018). Pendidikan Keluarga Muslim di Tengah Masyarakat Multi-Agama: Antara Sikap Keagamaan dan Toleransi (Studi di Desa Suro Bali Kepahiang-Bengkulu). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 1–24. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.2784

Wiwin, W., Robingatin, R., & Saugi, W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7, 231–242. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.132

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Anwar, N. A. O., & Cholimah, N. (2023). Strategi Penanaman Nilai Agama dan Moral di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7649–7660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4759

Issue

Section

Articles