- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Penanaman Nilai Agama dan Moral di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4759Keywords:
nilai agama moral, strategi pembelajaran, anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya kasus dimana terjadi penurunan agama dan moral pada anak dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai strategi yang digunakan TK Bina Taruna untuk menanamkan nilai agama dan moral bagi anak didiknya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan alur dari Miles Huberman, sedangkan keabsahannya diuji melalui triangulasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanaman nilai agama dan moral dilakukan melalui pemberian pengetahuan tentang Tuhan dan agama yang dianutnya (beribadah, bersyukur, dan hari besar keagamaan), memberikan peneladanan, membiasakan adab dan karakter baik, serta kerjasama antara guru dan orang tua. Sehingga, implikasinya akan berupa penyamaan persepsi penanaman nilai agama antara sekolah dan orang tua karena perbedaan latar belakang keluarga agar tidak menimbulkan kekeliruan pada anak tersebut untuk menerima pembiasaan.
Downloads
References
Akbar, S. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini. PT Refika Aditama.
Akyuni, Q. (2022). Penerapan Budaya Religius di TK/ PAUD. Tarbiyatul-Aulad : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(1), 95–106. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/viewFile/4792
Al Mubarok, A. A. S. A. (2021). Alat Permainan Edukatif dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 93. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208
Ardiyanti, S., & Khairiah, D. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kualitas Diri Pada Anak Usia Dini. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 167–180. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3024
Aulia Laily Rizqina, B. S. (2020). Peran Pendidik dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 18–29. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.760
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Ghina, M. A., & Ningsih, L. I. (2021). Analisis Kurikulum PAUD Terhadap Indikator Perkembangan Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 30–45. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i2.263
Hafidz, N., & Rachmy, R. D. (2021). Mengasah Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Berdoa pada Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 59. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.444
Harahap, M. R., & Harahap, H. S. (2021). Implementasi Pemberian Cerita Islami dalam Upaya Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Anak di TK-IT Khairul Imam. ABNA Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.22515/abna.v2i1.3726
I. Asti. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64. https://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1422
Imran, R. F., & Suryani, N. A. (2018). Preoperational Development of Eearly Childhood with Insectarium Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 267. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.88
Indarwan, A. F., Hestiningrum, E., Nafifah, I. F. N., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko. (2022). The Influence Of Gadgets On The Moral Development Of Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 4(1), 9–14. https://jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/153
Islam, M. A., Haji Mat Said, S. B., Umarlebbe, J. H., Sobhani, F. A., & Afrin, S. (2022). Conceptualization of head-heart-hands model for developing an effective 21st century teacher. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.968723
Kartini, Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Metode Mendongeng Kisah Nabi dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 13–28. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/5045
Kohlberg, L., & Hersh, R. . (1977). Moral Development: A Review of the Theory into Practice. Moral Development, 16. https://www.jstor.org/stable/1475172
Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Nabilah, I., Khoiriah, I., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Nilai Agama-Moral Siswa Usia Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5184
Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Rofiah, H. . (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di TK ABA Sutopadan Bantul. Journal Student UNY, 9. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/16974
Rosana, E. (2018). Agama Dan Sekularisasi Pada Masyarakat Moderen. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 13(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajsla.v13i1.2948
Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312
Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70
Sari, L. E., Rahman, A., & Baryanto, B. (2020). Adab kepada Guru dan Orang Tua: Studi Pemahaman Siswa pada Materi Akhlak. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 75–92. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1251
Shaleh, M., Batmang, B., & Anhusadar, L. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4726–4734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2742
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
T, M. Y., Safitri, E. D., Masnah, S., & Ibadiyah, B. (2020). Capaian Dan Stimulasi Aspek Perkembangan Agama Pada Anak Usia 5 Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 49. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14362
Wahyuni, I. W. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Moral Pada Santri Tpq Al-Khumaier Pekanbaru. Generasi Emas, 1(1), 51. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2256
Warsiah, I. (2018). Pendidikan Keluarga Muslim di Tengah Masyarakat Multi-Agama: Antara Sikap Keagamaan dan Toleransi (Studi di Desa Suro Bali Kepahiang-Bengkulu). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 1–24. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.2784
Wiwin, W., Robingatin, R., & Saugi, W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7, 231–242. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.132