- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Inovasi Guru dalam Pembelajaran Seni Musik untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4703Keywords:
inovasi guru, seni musik, kelas rendahAbstract
Inovasi guru diperlukan dalam proses pembelajaran untuk mendukung mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis inovasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran seni musik untuk siswa kelas rendah sekolah dasar. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif, dimana 15 informan dilibatkan dalam pengumpulan data, terdiri dari 1 guru kelas, dan 14 siswa SDIT Insantama Rangkasbitung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model Miels dan Huberman digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya inovasi guru dalam mengajar seni musik untuk siswa kelas rendah dilakukan dengan memanfaatkan alat yang berada disekitar anak. Alat ini dikreasikan menjadi media pembelajaran yang digunakan oleh siswa. Inovasi yang dilakukan oleh guru memiliki pengaruh yang positif terhadap penilaian keseharian anak, yang terdiri dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Downloads
References
Alam, S., & Nur Zuama, S. (2019). PROFESIONALISME GURU SENI BUDAYA DI SEKOLAH. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(2), 12–21. https://doi.org/10.26740/geter.v2n2.p12-21
Alfitry, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pemberian Motivasi oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. PALAPA, 8(1), 29–41. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696
Aqsa, M., & Khoiri, M. (2021). Strategi Pembelajaran Guru dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Ditengah Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 66 Gantarang Kabupaten Sinjai. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 5(1), 75–94. https://doi.org/10.23971/TF.V5I1.2773
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124. https://doi.org/10.30984/JII.V12I2.897
Budiyono, J., & F, T. S. (2019). SENI MERUPAKAN KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.26740/geter.v2n2.p35-40
Desyandri, D., Zuryanty, Z., & Mansurdin, M. (2020). Pelatihan Pembelajaran Seni Musik sebagai Sarana Literasi Budaya untuk Guru Sekolah Dasar. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i2.1022
Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831
Fitria, Y. (2019). Peran Media Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Sekolah Dasar. Edikatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3). https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/46
Ilmi, F., Respati, R., & Nugraha, A. (2021). Manfaat Lagu Anak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 675–683. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39237
Ilyas, M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 58–85. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/ilyasya/42
Irawana, T. juna, & Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47
Kandiri, K., & Arfandi, A. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1258
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 8: Peristiwa Alam. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marcelina, S., Puspita, V., & Melindawati, S. (2022). Pelatihan Dan Implementasi Metode Kodaly Pada Pembelajaran Seni Musik Bagi Guru Sd Betha Plus Kota Padang. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 105–112. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i1.2352
Matthew B. Miels, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode metode baru penerjemah Tjetjep Rohendi. Universitas Indonesia Press. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=298242
Metha Lubis. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Mulyana, A. R., & Sulasro. (2020). Seni Musik SD Kelas I. Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2020). Peran guru PPKn sebagai evaluator dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 127–131. https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1337
Nurhasanah, N., Nasution, J. A., Nelissa, Z., & Fitriani, F. (2021). Peranan guru kelas sebagai pembimbing pada siswa SD. Jurnal Suloh, 6(1), 35–42. https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/view/23042
Rina, C., Endayani, T., Agustina, M., & Teuku Dirundeng Meulaboh, S. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Sabdarini, C., & Sukenda Egok, A. (2021). Pengembangan LKS Tematik Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3765–3777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1393
Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372
Siti Pitriani. (2020). analisis materi pokok seni budaya dan prakarya (sbdp) kelas III MI/SD. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 60–73. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a6.2020
Suci, D. W. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 177–184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.45
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 1(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665
Surahman, E. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Sutisna, R. H., Novianti, P. R., & Akbar, A. (2017). Analisis Situasi Pembelajaran Musik Di Sekolah Dasar Di Wilayah Kabupaten Sumedang Jawa Barat. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 157–170. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2137
Wally, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70–81. https://doi.org/10.3347/jsi.v2i1.2237
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660
Wiryanto, W., Fauziddin, M., Suprayitno, S., & Budiyono, B. (2023). Systematic Literature Review : Implementasi STEAM di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1545–1555. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4268
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Yulianto, R. E. (2020). Pendidikan Seni Untuk Membentuk Manusia Ideal Pada Sekolah Umum. Imajinasi : Jurnal Seni, 14(1), 17–24. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v14i1.27685