- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD Berbasis Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4694Keywords:
anak usia dini, berbasis islam, nilai-nilai nasionalismeAbstract
Pembelajaran nasionalisme pada anak usia dini dalam studi pendahuluan di lembaga-lembaga paud berbasis Islam belum terinternalisasi dengan baik. Pembelajaran nasionalisme pada anak usia ini mengajarkan anak tentang rasa bangga terhadap identitas nasional, memupuk sikap inklusif, toleransi, kerjasama, tolong-menolong, sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Nasionalisme anak usia dini pada lembaga-lembaga paud di Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan participatory. Data-data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis melalui teknik reduksi, display dan verifikasi untuk mendapatkan kesimpulan yang baik. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam proses pembelajaran di Lembaga PAUD berbasis Islam dilakukan dengan kegiatan variatif seperti mewarnai, menggunting, menempel, main peran, bercerita, kolase, mencap, finger painting dan kegiatan bernyanyi gerak lagu. Penelitian ini dapat menjadi acuan teoritis dan praktis lembaga PAUD berbasis Islam dalam mengembangkan metode pembelajarannya dalam menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme sejak usia dini.
ÂDownloads
References
Aisyah, E. N. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293
Alimah, F. N. (2017). Yuk, Berkenalan dengan Para Pahlawan di Uang Rupiah Baru. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2189.
Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
Asriani, W. O. (2020). Keterampilan Guru Dalam Dalam Membuka Dan Menutup Kegiatan Pembelajaran Di Tk Harun Ar-Rasyid. Universitas Muhammadiyah Kendari
Astari, T., Nur Aisyah, S., & Andika Sari, D. (2020). Tanggapan Guru Paud Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141–155. https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.90
Astrid Adisty, Rita Kurnia, D. C. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7008
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Diany. (2021). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Game Edukasi Pembelajaran Lagu Nasional Dan Lagu Daerah Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(1), 92–99. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.726
Farida, N., Lumbantobing, P. A., & Eleonora, R. D. (2022). Menanamkan karakter cinta tanah air sejak anak usia dini melalui kegiatan mendongeng. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 267–273. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/2654
Faridawati, R., Eliyawati, C., & Rudiyanto, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Hasil Karya Anak. Edukid, 14(1), 208–213. https://doi.org/10.17509/edukid.v14i1.17086
Gunawan, S. (2023). Kajian Lambang Negara Indonesia Burung Garuda untuk Membumikan Jurnal Pendidikan Transformatif, Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(01), 171–183. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/146
Hadi, L. W. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Pahlawan Nasional Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Nasionalis pada anak usia 9-11 tahun. Universitas Dinamika, 21(1), 1–9. https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/ArtNouveau/article/view/3521
Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3), 35–40. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1150
Hasanah, U. (2020). Internalisasi Ideologi Pancasila Melalui Lagu Kebangsaan Untuk Mencegah Memudarnya Nasionalisme. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 440. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846
Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, 3(1), 74–92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2046
Ilsa, F. N., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 4(2), 1080–1090. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/571
Islami, C. C., Gustiana, E., & Haerudin, D. A. (2023). Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini dengan Pemberian Apresiasi Pendahuluan Pendidikan anak usia dini yang memasuki usia pra sekolah yaitu anak-anak. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesi, 162–171. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/618
Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 42–47. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2044
Krisdayanti, L. (2020). Pengenalan Beragam Pakaian Adat Nusantara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Ii Mataram. 4(1), 1–23. http://etheses.uinmataram.ac.id/1556
Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, M., & Hartati, H. (2020). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737
Kurniati, Titin (2022) Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan berbagai media pada anak kelompok B di RA Thariqul Izzah Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/3174
Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/74
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Mayantasari, M., Yulieta, E., Pangestu, F. R., & ... (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Paud) Di Rt 10 Kelurahan Sungai Nangka Dengan Memanfaatkan Media Visual. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ITK, 3(2), 104–109. https://journal.itk.ac.id/index.php/pikat/article/view/624
Muhammad Alif Gozali Usman. (2023). Aplikasi Pengenalan Pahlawan Nasional Berbasis Augmented Reality. Jurnal Sintaks Logika, 3(1), 34–42. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog/article/view/2092
Muzakki, M., & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 39. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Nurpatimah, A. (2022). Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4360
Qory Jumrotul Aqobah, Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253
Rohana, R., & Hansyah, P. (2022). Peran Bidang Studi Ppkn Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas Viii Smp Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2015. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic, 7(1). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/civic/article/view/1094
Salminati, I. (2017). Pembiasaan Upacara Bendera Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1), 8–11. https://doi.org/10.31316/jk.v1i1.877
Seriadi, S. L. N. (2019). Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.709
Setyanengsih, N. R. F. (2020). Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Anak Usia Dini Melalui Metode Menyanyi Lagu Wajib Nasional Di Kelompok B RA Darul Muqomah Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. IAIN Kudus, 45–76.
Sufiati, V., & Afifah, S. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48-53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Suri, D. (2021). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659
Tika, D. Dela. (2021). Permainan Bahasa Untuk Stimulasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.15355
Wulandari, D. (2017). Penanaman Nilai Nasionalisme Pada Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Media Papan Jodoh Pancasila Di Tkit Al-Husna Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Penanaman Nilai Nasionalisme Pada Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Media Papan Jodoh Pancasila Di Tkit Al-Husna Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, 6. https://lib.unnes.ac.id/30415/1/1601413107.pdf
Yuniarni, D. (2021). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya Pengenalan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, 32–37. http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/2220