- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692Keywords:
anak usia dini, kemitraan keluarga, literasi numerasiAbstract
Kemampuan literasi merupakan kemampuan anak untuk mengasah berfikir kritis, kreatif, kolaboratif untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini menjadi miskonsepsi bagi guru dan keluarga. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran literasi numerasi berbasis kemitraan keluarga di PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai proses pembelajaran literasi numerasi anak usia dini di TK melalui kegiatan literasi numerasi dalam pembelajaran di sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipatif, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian melibatkan anak usia 5-6 tahun di beberapa TK wilayah kecamatan Taman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi anak usia dini tidak secara signifikan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran literasi numerasi yang melibatkan keluarga di lembaga TK. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya dan sebagai salah satu alternatif bagi guru TK untuk mengenalkan pembelajaran literasi numerasi kepada anak.
Downloads
References
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Al-Fadley, A., Al-Holy, A., & Al-Adwani, A. (2018). Teacher perception of parents’ involvement in their children’s literacy and their reading instructions in Kuwait EFL primary school classrooms. International Journal of Education and Practice, 6(3), 120–133. https://doi.org/10.18488/journal.61.2018.63.120.133
Anggraini, R., & Solfiah, Y. (2021). Analisis kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK al-ikhsan kecamatan bangko pusako kabupaten rokan hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 6654–6660. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2007
Doig, B., McCrae, B., & Rowe, K. (2003). A good start to numeracy. Melbourne: Australian Council for Educational Research., 63. http://dysgu.cymru.gov.uk/docs/learningwales/publications/03goodstarten.pdf
Efastri, S. M., & Suharni, S. (2020). Peran Orangtua terhadap Kesiapan Sekolah Taman Kanak-Kanak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 559. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.454
Erdener, M. A., & Knoeppel, R. C. (2018). Parents’ perceptions of their involvement in schooling. International Journal of Research in Education and Science, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21890/ijres.369197
Gooderham, S. (2023). Determining who is at-risk in the full-day kindergarten program. International Journal of Child Care and Education Policy, 17(1). https://doi.org/10.1186/s40723-023-00111-w
Hanum Cahyani. (2022). Pelatihan Bagi Orang Tua Dalam Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Aud Melalui Permainan Media Ular Tangga Di Sirapit Desa Aman Damai Kabupaten Langkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 1–16.
Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06
Katims, D. S. (1991). Emergent Literacy in Early Childhood Special Education. Topics in Early Childhood Special Education, 11(1), 69–84. https://doi.org/10.1177/027112149101100108
Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973
Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2022). Salinan Keputusan Kurikulum Merdeka Belajar. In In Vitro Cellular and Developmental Biology--Animal (Vol. 42, Issue ABSTRACT). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf
Pendidikan, K., & Teknologi, R. D. A. N. (2022a). Modul 3 Bagaimana membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap sejak PAUD hingga SD ? lingkup numerasi untuk menguatkan.
Pendidikan, K., & Teknologi, R. D. A. N. (2022b). Modul 3 Bagaimana membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap sejak PAUD hingga SD ? membangun kemampuan numerasi secara bertahap.
Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003
Review, M. for, Fouts, H. N., Hallam, R. A., & Purandare, S. (2013). Gender segregation in early-childhood social play among the Bofi foragers and Bofi farmers in Central Africa. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 5(3), 333–356. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1016168.pdf
Sikko, S. A. (2023). What Can We Learn from the Different Understandings of Mathematical Literacy? Numeracy, 16(1). https://doi.org/10.5038/1936-4660.16.1.1410
Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453
Sudarti, S. (2018). Penerapan pemberalajarn literasi numerasi pada anak usia dini. Pembelajaran Kolaboratif Matematika Berbasis Lesson Study Di SMP, 130–139. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/297
SUGIONO, S., & KUNTJOJO, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04
Tabroni, I., Aswita, D., Hardiansyah, A., & Normanita, N. (2022). Peranan Model Pembelajaran Vygotski Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 486. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1013
Venter, L. (2022). A systems perspective on early childhood development education in South Africa. International Journal of Child Care and Education Policy, 16(1). https://doi.org/10.1186/s40723-022-00100-5
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Weinert, S., Linberg, A., Attig, M., Freund, J. D., & Linberg, T. (2016). Analyzing early child development, influential conditions, and future impacts: prospects of a German newborn cohort study. International Journal of Child Care and Education Policy, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40723-016-0022-6
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33