Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD

Authors

  • Hidayah Hidayah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Joko Sutarto Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Kurotul Aeni Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692

Keywords:

anak usia dini, kemitraan keluarga, literasi numerasi

Abstract

Kemampuan literasi merupakan kemampuan anak untuk mengasah berfikir kritis, kreatif, kolaboratif untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini menjadi miskonsepsi bagi guru dan keluarga. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran literasi numerasi berbasis kemitraan keluarga di PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai proses pembelajaran literasi numerasi anak usia dini di TK melalui kegiatan literasi numerasi dalam pembelajaran di sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipatif, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian melibatkan anak usia 5-6 tahun di beberapa TK wilayah kecamatan Taman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi anak usia dini tidak secara signifikan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran literasi numerasi yang melibatkan keluarga di lembaga TK. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya dan sebagai salah satu alternatif bagi guru TK untuk mengenalkan pembelajaran literasi numerasi kepada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Al-Fadley, A., Al-Holy, A., & Al-Adwani, A. (2018). Teacher perception of parents’ involvement in their children’s literacy and their reading instructions in Kuwait EFL primary school classrooms. International Journal of Education and Practice, 6(3), 120–133. https://doi.org/10.18488/journal.61.2018.63.120.133

Anggraini, R., & Solfiah, Y. (2021). Analisis kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK al-ikhsan kecamatan bangko pusako kabupaten rokan hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 6654–6660. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2007

Doig, B., McCrae, B., & Rowe, K. (2003). A good start to numeracy. Melbourne: Australian Council for Educational Research., 63. http://dysgu.cymru.gov.uk/docs/learningwales/publications/03goodstarten.pdf

Efastri, S. M., & Suharni, S. (2020). Peran Orangtua terhadap Kesiapan Sekolah Taman Kanak-Kanak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 559. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.454

Erdener, M. A., & Knoeppel, R. C. (2018). Parents’ perceptions of their involvement in schooling. International Journal of Research in Education and Science, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21890/ijres.369197

Gooderham, S. (2023). Determining who is at-risk in the full-day kindergarten program. International Journal of Child Care and Education Policy, 17(1). https://doi.org/10.1186/s40723-023-00111-w

Hanum Cahyani. (2022). Pelatihan Bagi Orang Tua Dalam Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Aud Melalui Permainan Media Ular Tangga Di Sirapit Desa Aman Damai Kabupaten Langkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 1–16.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06

Katims, D. S. (1991). Emergent Literacy in Early Childhood Special Education. Topics in Early Childhood Special Education, 11(1), 69–84. https://doi.org/10.1177/027112149101100108

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973

Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2022). Salinan Keputusan Kurikulum Merdeka Belajar. In In Vitro Cellular and Developmental Biology--Animal (Vol. 42, Issue ABSTRACT). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Pendidikan, K., & Teknologi, R. D. A. N. (2022a). Modul 3 Bagaimana membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap sejak PAUD hingga SD ? lingkup numerasi untuk menguatkan.

Pendidikan, K., & Teknologi, R. D. A. N. (2022b). Modul 3 Bagaimana membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap sejak PAUD hingga SD ? membangun kemampuan numerasi secara bertahap.

Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003

Review, M. for, Fouts, H. N., Hallam, R. A., & Purandare, S. (2013). Gender segregation in early-childhood social play among the Bofi foragers and Bofi farmers in Central Africa. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 5(3), 333–356. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1016168.pdf

Sikko, S. A. (2023). What Can We Learn from the Different Understandings of Mathematical Literacy? Numeracy, 16(1). https://doi.org/10.5038/1936-4660.16.1.1410

Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453

Sudarti, S. (2018). Penerapan pemberalajarn literasi numerasi pada anak usia dini. Pembelajaran Kolaboratif Matematika Berbasis Lesson Study Di SMP, 130–139. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/297

SUGIONO, S., & KUNTJOJO, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04

Tabroni, I., Aswita, D., Hardiansyah, A., & Normanita, N. (2022). Peranan Model Pembelajaran Vygotski Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 486. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1013

Venter, L. (2022). A systems perspective on early childhood development education in South Africa. International Journal of Child Care and Education Policy, 16(1). https://doi.org/10.1186/s40723-022-00100-5

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202

Weinert, S., Linberg, A., Attig, M., Freund, J. D., & Linberg, T. (2016). Analyzing early child development, influential conditions, and future impacts: prospects of a German newborn cohort study. International Journal of Child Care and Education Policy, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40723-016-0022-6

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33

Downloads

Published

24-08-2023

How to Cite

Hidayah, H., Sutarto, J., & Aeni, K. (2023). Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4431–4440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692

Issue

Section

Articles