Evaluasi Peran Guru dalam Pembelajaran Bercerita Guna Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini

Authors

  • Tiara Khori Indiaswari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Suarakarta, Indonesia
  • Sri Katoningsih Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Suarakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4675

Keywords:

metode bercerita, anak usia dini, menyimak dan bercerita.

Abstract

Masa kanak-kanak atau usia dini merupakan masa emas (golden age), yang juga berarti masa peka (sensitive period) bagi anak untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang dipakai guru supaya anak dapat menyimak dengan baik selama pembelajaran, kendala yang dihadapi guru, dan untuk mengetahui bagaimana guru menjalin hubungan dengan anak guna meningkatkan mutu pembelajaran. Hal ini juga bertujuan sebagai bahan evaluasi  kepada guru untuk pembelajaran yang lebih baik. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Responden penelitian ini terdiri dari dua orang guru yang menunjukkan bahwa metode bercerita dengan konsep yang berbeda berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa. Hal ini tercermin dari kemampuan mendengar dan menyimak anak yang berubah dan meningkat secara positif dengan metode bercerita. Kesimpulan dari penerapan adalah penerapan metode cerita yang digunakan oleh pendidik sangat berperan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan dapat mempengaruhi kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlia, B., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Sandiwara Wayang di PAUD KOBER Nurul Baeti. Jurnal PeTeKa, 4, 455–462. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/4667

Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Atika Putri, A., Reswita, & Nurhayatun Nufus. (2022). Pengaruh Permainan Bisik Berantai terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 112–117. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9590

Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 258–269. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.71

Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Kusumawardani, C. T., & Fauziah, P. Y. (2020). Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1024–1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.620

Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308

Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207

Putu, L., Budyawati, I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24–32. https://doi.org/10.19184/JPE.V11I2.6331

Rohmah, S., & Nurjaman, I. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA.Manbaul Hikmah Rawalini Teluknaga Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 12. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2336

Rosyidi, A. A., Octaviana, E. N., & Hafidah, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 6(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.27521

Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Widayati, S., & Dorlina Simatupang, N. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. PRESCHOOLJurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–59. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/8177

Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581

Zein, R., & Puspita, V. (2021). Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168–2178. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1123

Downloads

Published

03-07-2023

How to Cite

Indiaswari, T. K., & Katoningsih, S. (2023). Evaluasi Peran Guru dalam Pembelajaran Bercerita Guna Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3675–3683. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4675

Issue

Section

Articles