- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Evaluasi Peran Guru dalam Pembelajaran Bercerita Guna Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4675Keywords:
metode bercerita, anak usia dini, menyimak dan bercerita.Abstract
Masa kanak-kanak atau usia dini merupakan masa emas (golden age), yang juga berarti masa peka (sensitive period) bagi anak untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang dipakai guru supaya anak dapat menyimak dengan baik selama pembelajaran, kendala yang dihadapi guru, dan untuk mengetahui bagaimana guru menjalin hubungan dengan anak guna meningkatkan mutu pembelajaran. Hal ini juga bertujuan sebagai bahan evaluasi  kepada guru untuk pembelajaran yang lebih baik. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Responden penelitian ini terdiri dari dua orang guru yang menunjukkan bahwa metode bercerita dengan konsep yang berbeda berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa. Hal ini tercermin dari kemampuan mendengar dan menyimak anak yang berubah dan meningkat secara positif dengan metode bercerita. Kesimpulan dari penerapan adalah penerapan metode cerita yang digunakan oleh pendidik sangat berperan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan dapat mempengaruhi kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak.Â
Downloads
References
Adlia, B., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Sandiwara Wayang di PAUD KOBER Nurul Baeti. Jurnal PeTeKa, 4, 455–462. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/4667
Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Atika Putri, A., Reswita, & Nurhayatun Nufus. (2022). Pengaruh Permainan Bisik Berantai terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 112–117. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9590
Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 258–269. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.71
Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5
Kusumawardani, C. T., & Fauziah, P. Y. (2020). Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1024–1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.620
Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308
Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Putu, L., Budyawati, I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24–32. https://doi.org/10.19184/JPE.V11I2.6331
Rohmah, S., & Nurjaman, I. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA.Manbaul Hikmah Rawalini Teluknaga Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 12. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2336
Rosyidi, A. A., Octaviana, E. N., & Hafidah, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 6(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.27521
Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Widayati, S., & Dorlina Simatupang, N. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. PRESCHOOLJurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–59. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/8177
Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581
Zein, R., & Puspita, V. (2021). Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168–2178. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1123