Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam

Authors

  • Nurlina Nurlina Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Diding Nurdin Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Eka Prihatin Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660

Keywords:

anak usia dini, daya saing, pendidikan berbasis Islam

Abstract

Menghadapi pertumbuhan jumlah lembaga pendidikan yang semakin besar, penyelenggara pendidikan harus menghadapi tantangan yang semakin kompetitif, diperlukan suatu strategi daya saing yang unggul. Penelitian ini menggambarkan strategi peningkatan daya saing melalui program pembelajaran berbasis pendidikan Islam dalam konteks persaingan yang semakin kompetitif di lembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 3 orang guru, 2 orangtua peserta didik, 1 staf administrasi, dan 1 kepala sekolah sebagai informan. Data dianalisis melalui display data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya saing melalui program pembelajaran berbasis pendidikan Islam meliputi penguatan kurikulum, peningkatan kualitas pendidik, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam persaingan yang semakin kompetitif di lembaga pendidikan anak usia dini, harus berusaha meningkatkan daya saingnya melalui program unggulan berbasis pendidikan Islam. Temuan ini berkontribusi pada inovasi program pembelajaran berbasis pendidikan Islam yang membedakan lembaga ini dari pesaingnya. Implikasi penelitian ini adalah memberikan keunggulan kompetitif dalam mempertahankan dan menarik minat pelanggan pada pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. H. bin. (2020). Pendidikan Islam Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Tamaddun, 21(1), 127. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1384

Abrori, M. (2015). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PG/TK Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(2), 227–245. https://doi.org/10.21093/sy.v3i2.245

Siti Aisah, D., Ulfah, U., Karina Damayanti, W., & Cepi Barlian, U. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385 - 397. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927

Baidarus. (2018). Muhammadiyah dan Pendidikan Karakter di Indonesia. Islamika, 1(2), 25–44.

Bashori. (2017). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadris Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 161–180. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/1269

Duriani. (2018). Implementasi Perencanaan Kurikulum. NANAEKE Indonesian Journal of Early Chilhood Education, 1 No 1, 1–12. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/view/6907

Fadlillah, M., Kristiana, D., & Fadhli, M. (2019). Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Ponorogo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.362

Hayati, M., & Aqodiah. (2019). Pembelajaran Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan Di Tk Aba Panto Daeng Sumbawa Besar Dan Tk Aba Taliwang Sumbawa Barat. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 4(2), 98. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1241

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4

Kuntari, S. (2021). Program Literasi Dini Di Taman Kanak-Kanak Imam Bondjol Kota Cirebon Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Magister Pascasarjana Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon Tahun 2021 Program Literasi Dini Di Taman Kanak-Kanak Imam Bondjol. Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/92

Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

M, R., Nurlina, N., Lilianti, L., Usman, U., Risnajayanti, R., Salma, S., & Amaliah, W. O. S. (2021). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802

Maghfiroh, S., & Eliza, D. (2021). Mengenal Standar dan Etika Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2707–2711. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1285

Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p1-14

Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844–855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143

Mulyasana, D. (2015). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. PT Remaja Rosdakarya.

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Najib, M. (2018). Model Manajemen PAUD Berdaya Saing. As-Sibyan, 3(2), 125–136. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1351

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Pratiwi, I., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Strategi Management Pemasaran Paud. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2). http://www.journal.pps-pgra.org/index.php/Ijiece/article/view/192

Rahmadani, R., & Qomariah, S. (2022). Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Manusia dalam Dunia Pendidikan. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 108–117. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4272

Rahmawati, D., & Muhroji, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5790–5798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3140

Rosyidi, H. (2015). Psikologi Kepribadian (Paradigma traits, Kognitif, Behavioristik dan Humanistik). In Jaudar Press: Vol. (Issue 9).

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Sabaruddin. (2023). Pendidikan Indonesia dalam menghadapi era 4.0. 10(1), 43–49.

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Shobahiya, M., & Anshori, A. (2015). Pengenalan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Bagi Anak Usia Dini. University Research Colloquium, 284–298. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5098?show=full

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Suri, D. (2021). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659

Suwika, I. P. (2023). Hubungan Parenting dalam Penanaman Karakter Murid Kelompok B pada Masa COVID -19. 7(2), 1575–1586. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4227

Tholkhah, I. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah; Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i2.20

Vescio, V., Ross, D., & Adams, A. (2008). A review of research on the impact of professional learning communities on teaching practice and student learning $. 24, 80–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2007.01.004

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2018). Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 108–115. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p108

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. (2017). Manajemen PAUD Berdaya Saing. Gava Media.

Wiyani, N. A. (2018a). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 53–74. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-04

Wiyani, N. A. (2018b). Konsep Manajemen PAUD Berdaya Saing. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1351

Downloads

Published

29-10-2023

How to Cite

Nurlina, N., Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6052–6064. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660

Issue

Section

Articles