
Author
Casini Casini(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia,, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia,, Indonesia(2)

Published : 2024-05-01
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 449 times
PDF Downloaded: 185 times
Abstract
Pada era sekarang ini pemanfaatan digital oleh anak usia dini sudah banyak digunakan. Hal ini bisa kita manfaatkan penanaman nilai-nilai akhlak yang baik pada sebuah film. Pendidikan akhlak anak usia dini bisa kita lihat dalam nilai religious yang terkandung dalam serial kartun Riko untuk anak usia dini. Pendidikan akhlak ini ditanamkan sedini mungkin, dengan demikian diharapkan dimasa depan, menjadi seorang berpendidikan akhlak baik dan terpuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diambil melalui observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian dari film animasi “Riko The Series” season tiga. Film ini kemudian menggunakan Teori belajar Albert Bandura. Setelah data diperoleh, dilakukan pengamatan untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film Riko The Series Season 3. Dari pengamatan menunjukkan ada sebelas Pendidikan akhlak terkandung dalam film Riko The Series yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai mandiri, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat atau komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab, dengan harapan dapat
Keywords
References
Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. PSIKODIMENSIA, 18(1), 85. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708
Ahmad, D., Stkip, H. P.-P., & Kuningan, M. (2021). Implementasi Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi, Jurnal Golden Age, 5(02), 147–156. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385
Anggraini, I., & Sasmita, S. (2022). Animasi Pembelajaran Adab dan Akhlak Sehari-hari Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(1), 7–11. https://doi.org/10.47065/bits.v4i1.1194
Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2019). Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 210–221. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3092
Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 133. https://doi.org/10.25278/jitpk.v3i2.649
Farida, T., & Saepudi, H. U. (2021). Nilai – Nilai Pendidikan Islam dalam Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 7(2), 213–216.
Huda, N., & Maemonah, M. (2022). Penerapan Modelling Teori Albert Bandura pada Mata Pelajaran FIKIH Di MI Ummul Qura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1088. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1130
Jounal, T. :, & Ekawati, H. (2022). Heni Ekawati Implementasi Teori Belajar Sosial pada PAI. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.420
Lestari, A., Nurjanah, A., Ichsan, Y., Anendi, Y., & Mahmuda, I. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Islam dari Film Kartun Riko the Series: Tema tentang Puasa. MASALIQ, 3(1), 103–114. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i1.789
Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 250. https://doi.org/10.22373/jie.v3i2.7121
Nugrahani, F. (2017). Penggunaan bahasa dalam media sosial dan implikasinya terhadap karakter bangsa. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(1).
Oktarina, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Quranic Parenting. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(2), 150–161. https://doi.org/10.18592/jea.v6i2.3799
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 249–267. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.2381
Puspawati, D. (2021). Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Akhlak bagi Anak Usia Dini Perspektif Perenialisme. Educational Journal of Islamic Management, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.47709/ejim.v1i1.1113
Rahmayanti, R. D., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2021). Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15139
Retnowati, Y. (2019). Metode Pembelajaran Hafalan Surat-Surat Pendek pada Anak Usia Dini RA Full Day Se-Kabupaten Bantul. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 5(1), 101–116. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-07
Saedah, S., Masruroh, W., & Aziz, T. (2020). Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2974
Susnita, S., Samin, S., & Ravico, R. (2022). Analisis Strategi Dakwah dalam Film Animasi Islami Riko the Series dan Pengaruhnya Terhadap Anak-Anak TPA Madrasah Diniyyah Awaliyah Fathul Amal di Desa Baru Pulau Sangkar. Journal of Da’wah, 1(1), 54–84. https://doi.org/10.32939/jd.v1i1.1292
Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060
Westri, Z., & Pransiska, R. (2021). Analisis nilai-nilai agama dan moral anak usia dini pada film animasi Omar dan Hana. Jurnal Golden Age, 5(01), 221-232.
Wulandari, D. (2022). Teaching Project Based Learning in English for Specific Purposes. Culturalistics: Journal of Cultural, Literary, and Linguistic Studies, 6(2), 1-10. https://doi.org/10.14710/culturalistics.v6i2.14071
Refbacks
- There are currently no refbacks.