Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia

Authors

  • Pupun Suci Mulia Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Euis Kurniati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628

Keywords:

partisipasi orang tua, pendidikan anak usia dini, wilayah pedesaan

Abstract

Partispasi orang tua merupakan elemen krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pedesaan merupakan wilayah yang sering kali terabaikan dalam hal pembangunan, baik fisik maupun non-fisik sehingga berkontribusi terhadap disimilaritas pembangunan sektoral, salah satunya sektor pendidikan. Ketidakfahaman orang tua akan cara belajar anak usia dini menimbulkan ketimpangan perlakukan antara guru dan orang tua sehingga dapat menyebabkan ambiguitas pada anak dan dapat menghambat perkembangan mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan faktor apa yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam PAUD di wilayah pedesaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil yang diperoleh penelitian ini : 1) Partisipasi orang tua yang paling dominan di wilayah pedesaan pada umumnya baru sebatas menyekolahkan anak dilembaga PAUD terdekat. 2) faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam PAUD di wilayah pedesaan antara lain jarak geografis, sosialisasi, ketersediaan waktu, status ekonomi, tingkat pendidikan orang tua dan persepsi mereka tentang urgensi PAUD. Minimnya partisipasi orang tua dalam PAUD menjadi salah satu hambatan optimalisasai PAUD di wilayah pedesaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addarsy, R., Hartati, S., & Wirman, A. (2018). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Kelompok Bermain Terhadap Motivasi Untuk Menyekolahkan Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 148–152. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.13997.

Adriany, V., Yulindrasari, H., & Tesar, M. (2020). Satu Desa Satu Paud – One village, one centre: Unpacking the meaning of children’s participation within ECE policy and provision in Indonesia. In J. Murray, B. B. Swadener and K. Smith (Eds). Routledge International Handbook of Young Children’s Rights. (66-76). New York, NY: Routledge.

Amin, S., & Harianti, R. (2018). Pola asuh orang tua dalam motivasi belajar anak. Deepublish.

Ananda, R. (2020). Program Pengembangan Desa Mitra untuk Meningkatkan Angka Partisipasi Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD. Jurnal Abdidas, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i1.4

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa dan kota dalam potret pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592

Angkur, M. F. M. A., Rofita, D., & Jerubu, A. S. (2022). Bentuk Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 40–53. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/925

Asmani, J. A. (2010). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasidan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Diva Press.

Aziz, S. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Kalimedia.

Barat, B. Lenny Nuraeni, Fifiet Dwi Tresna Santana. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/175

Bobik, P., Boschini, M. J., Gervasi, M., Grandi, D., Kudela, K., & Rancoita, P. G. (2006). Primary helium cr inside the magnetosphere: A transmission function study. Astroparticle, Particle and Space Physics, Detectors and Medical Physics Applications - Proceedings of the 9th Conference, 909–916. https://doi.org/10.1142/9789812773678_0145

BRASIL, 2011. (2011). No Titleï½. Phys. Rev. E. http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf

de Ordinola, M. del P. B., & Alarcón, J. A. S. (2021). Child Neurodevelopment and Parental Involvement in the Educational Process. Espirales Revista Multidisciplinaria de Invesitgación Científica, 5(36), 46–62. https://www.redalyc.org/journal/5732/573270925003/html

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

Epstein, J. L. (1991). Paths to Partnership: What We Can Learn from Federal, State, District, and School Initiatives. Phi Delta Kappan, 72(5), 344–349. https://eric.ed.gov/?id=EJ419902

Epstein, J. L. (2010). School/ Family/ Community Partnership; Carring for Children We Share. Kappan Magazine. http://dx.doi.org/10.1177/003172171009200326

Epstein, J. L., & Sanders, M. G. (2002). School, family and community partnerships, your handbook for action. Corwin Press.

Fan, X., & Chen, M. (2001). Parental involvement and students’ academic achievement: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 13, 1–22. https://psycnet.apa.org/doi/10.1023/A:1009048817385

Febrinasari, T., & Riandani, A. P. (2023). Edukasi Pentingnya Pangan Sehat untuk Anak Usia Dini bagi Orang Tua dan Guru di TK Insani 1, Bekasi. Lentera Pengabdian, 1(02), 116–124. https://jurnal.lenteranusa.id/index.php/lp/article/view/25

Gay, B., Sonnenschein, S., Sun, S., & Baker, L. (2021). Poverty, Parent Involvement, and Children’s Reading Skills: Testing the Compensatory Effect of the Amount of Classroom Reading Instruction. Early Education and Development, 32(7), 981–993. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1829292

Hornby, G., & Lafaele, R. (2011). Barriers to parental involvement in education: An explanatory model. Educational Review, 63(1), 37–52. https://doi.org/10.1080/00131911.2010.488049

Husein, M. (2021). Budaya Dan Kerakteristik Masyarakat Pedesaan. Aceh Anthropological Journal, 5(2), 187. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i2.5624

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Jamilah. (2019). Kemitraan pendidikan anak usia dini (Sinergi tiga pilar pendidikan: Keluarga, sekolah dan masyarakat). Simulacra, 2(2), 181–194. https://doi.org/10.21107/sml.v2i2.6045

Karuru, P. (2013). Pentingya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–9. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/149

Khasanah, T., Desmawati, L., & Budiartati, E. (2012). Pengaruh Kesiapan Terhadap Perilaku Orang Tua Dalam Menghadapi Sibling Rivalry (Cemburu) Pada Anak Usia Dini (Di Desa Harjowinangun Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.2810

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191

Larasati, A. W. (2019). Penanggulangan putus sekolah dengan pelibatan orang tua di Desa Rumpin. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 68–78. http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2651

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.395

Megawangi, R. (2003). Pendidikan karakter untuk membangun masyarakat madani. IPPK Indonesia Heritage Foundation. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.599

Nilawati, N. (2013). Hubungan Antara Persepsi Dengan Sikap Orangtua Terhadap Paud Khairunnisa Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 33. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1451

Nugraheni, S., & Fakhruddin, F. (2014). Persepsi dan Partisipasi Orang Tua terhadap Lembaga PAUD Sebagai Tempat Pendidikan untuk Anak Usia Dini (Studi pada Orang Tua di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.3739

Nunu, S. (2017). Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 5(2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/8500

Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160–168. https://dx.doi.org/10.22460/p2m.v2i2p160-168.175

Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share : Social Work Journal, 11(1), 74. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642

Onwuegbuzie, A. J., Leech, N. L., & Collins, K. M. T. (2012). Qualitative analysis techniques for the review of the literature. Qualitative Report, 17(28), 1–28. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2012.1754

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Putri, V. D. (2012). Praktik Pengasuhan Anak Pada Keluarga Petani Peserta Bina Keluarga Keluarga Balita (BKB) Melati 3 Di Desa Nguken Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1–9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijecesedu

Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Ibu Yang Bekerja: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 127–136. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.4

Raihana, R. (2018). Urgensi sekolah PAUD untuk tumbuh kembang anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251

Rasyid, A. (2015). Partisipasi orangtua dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2(2), 10–15. https://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2538

Rasyid, A. (2016). Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2538

Ren, Y., Zhang, F., Jiang, Y., & Huang, S. (2021). Family socioeconomic status, educational expectations, and academic achievement among Chinese rural-to-urban migrant adolescents: The protective role of subjective socioeconomic status. The Journal of Early Adolescence, 41(8), 1129–1150. https://doi.org/10.1177/0272431620983459

Rochana, S., & Bungsu, M. R. (2019). Partisipasi Orang Tua Dan Tokoh Masyarakat Dalam Pendidikan Anak Usia Dini “Tunas Inspiratif†Di Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 126–132. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2571

Rohmani, N. (2020). Analisis angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262

Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : Survei pada Kelompok Bermain di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 62–72.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201–212. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.607

Şengönül, T. (2022). A Review of the Relationship between Parental Involvement and Children’s Academic Achievement and the Role of Family Socioeconomic Status in this Relationship. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 32–57. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.04

Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 11–27. https://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma/article/view/548

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Valentinus, A. K. (2017). Aspirasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Desa Kimakama , Kec Ile Ape , Kab Lembata. Jurnal Kebijakan Pendidikan, VI(8), 862–875. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/viewFile/10311

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2010). Panduan pendidikan anak usia dini. Gaung Press.

Zahrawanny, V. P., & Fitria, N. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Manfaat Paud Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 21–29. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.577

Zain, S. S., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Pada Keluarga Muda di Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung. Journal on Teacher Education, 2(1), 270–289. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1244

Downloads

Published

02-07-2023

How to Cite

Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628

Issue

Section

Articles