- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628Keywords:
partisipasi orang tua, pendidikan anak usia dini, wilayah pedesaanAbstract
Partispasi orang tua merupakan elemen krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pedesaan merupakan wilayah yang sering kali terabaikan dalam hal pembangunan, baik fisik maupun non-fisik sehingga berkontribusi terhadap disimilaritas pembangunan sektoral, salah satunya sektor pendidikan. Ketidakfahaman orang tua akan cara belajar anak usia dini menimbulkan ketimpangan perlakukan antara guru dan orang tua sehingga dapat menyebabkan ambiguitas pada anak dan dapat menghambat perkembangan mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan faktor apa yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam PAUD di wilayah pedesaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil yang diperoleh penelitian ini : 1) Partisipasi orang tua yang paling dominan di wilayah pedesaan pada umumnya baru sebatas menyekolahkan anak dilembaga PAUD terdekat. 2) faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam PAUD di wilayah pedesaan antara lain jarak geografis, sosialisasi, ketersediaan waktu, status ekonomi, tingkat pendidikan orang tua dan persepsi mereka tentang urgensi PAUD. Minimnya partisipasi orang tua dalam PAUD menjadi salah satu hambatan optimalisasai PAUD di wilayah pedesaan.
Downloads
References
Addarsy, R., Hartati, S., & Wirman, A. (2018). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Kelompok Bermain Terhadap Motivasi Untuk Menyekolahkan Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 148–152. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.13997.
Adriany, V., Yulindrasari, H., & Tesar, M. (2020). Satu Desa Satu Paud – One village, one centre: Unpacking the meaning of children’s participation within ECE policy and provision in Indonesia. In J. Murray, B. B. Swadener and K. Smith (Eds). Routledge International Handbook of Young Children’s Rights. (66-76). New York, NY: Routledge.
Amin, S., & Harianti, R. (2018). Pola asuh orang tua dalam motivasi belajar anak. Deepublish.
Ananda, R. (2020). Program Pengembangan Desa Mitra untuk Meningkatkan Angka Partisipasi Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD. Jurnal Abdidas, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i1.4
Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa dan kota dalam potret pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592
Angkur, M. F. M. A., Rofita, D., & Jerubu, A. S. (2022). Bentuk Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 40–53. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/925
Asmani, J. A. (2010). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasidan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Diva Press.
Aziz, S. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Kalimedia.
Barat, B. Lenny Nuraeni, Fifiet Dwi Tresna Santana. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/175
Bobik, P., Boschini, M. J., Gervasi, M., Grandi, D., Kudela, K., & Rancoita, P. G. (2006). Primary helium cr inside the magnetosphere: A transmission function study. Astroparticle, Particle and Space Physics, Detectors and Medical Physics Applications - Proceedings of the 9th Conference, 909–916. https://doi.org/10.1142/9789812773678_0145
BRASIL, 2011. (2011). No Titleï½. Phys. Rev. E. http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf
de Ordinola, M. del P. B., & Alarcón, J. A. S. (2021). Child Neurodevelopment and Parental Involvement in the Educational Process. Espirales Revista Multidisciplinaria de Invesitgación CientÃfica, 5(36), 46–62. https://www.redalyc.org/journal/5732/573270925003/html
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Epstein, J. L. (1991). Paths to Partnership: What We Can Learn from Federal, State, District, and School Initiatives. Phi Delta Kappan, 72(5), 344–349. https://eric.ed.gov/?id=EJ419902
Epstein, J. L. (2010). School/ Family/ Community Partnership; Carring for Children We Share. Kappan Magazine. http://dx.doi.org/10.1177/003172171009200326
Epstein, J. L., & Sanders, M. G. (2002). School, family and community partnerships, your handbook for action. Corwin Press.
Fan, X., & Chen, M. (2001). Parental involvement and students’ academic achievement: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 13, 1–22. https://psycnet.apa.org/doi/10.1023/A:1009048817385
Febrinasari, T., & Riandani, A. P. (2023). Edukasi Pentingnya Pangan Sehat untuk Anak Usia Dini bagi Orang Tua dan Guru di TK Insani 1, Bekasi. Lentera Pengabdian, 1(02), 116–124. https://jurnal.lenteranusa.id/index.php/lp/article/view/25
Gay, B., Sonnenschein, S., Sun, S., & Baker, L. (2021). Poverty, Parent Involvement, and Children’s Reading Skills: Testing the Compensatory Effect of the Amount of Classroom Reading Instruction. Early Education and Development, 32(7), 981–993. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1829292
Hornby, G., & Lafaele, R. (2011). Barriers to parental involvement in education: An explanatory model. Educational Review, 63(1), 37–52. https://doi.org/10.1080/00131911.2010.488049
Husein, M. (2021). Budaya Dan Kerakteristik Masyarakat Pedesaan. Aceh Anthropological Journal, 5(2), 187. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i2.5624
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
Jamilah. (2019). Kemitraan pendidikan anak usia dini (Sinergi tiga pilar pendidikan: Keluarga, sekolah dan masyarakat). Simulacra, 2(2), 181–194. https://doi.org/10.21107/sml.v2i2.6045
Karuru, P. (2013). Pentingya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–9. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/149
Khasanah, T., Desmawati, L., & Budiartati, E. (2012). Pengaruh Kesiapan Terhadap Perilaku Orang Tua Dalam Menghadapi Sibling Rivalry (Cemburu) Pada Anak Usia Dini (Di Desa Harjowinangun Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.2810
Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191
Larasati, A. W. (2019). Penanggulangan putus sekolah dengan pelibatan orang tua di Desa Rumpin. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 68–78. http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2651
Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.395
Megawangi, R. (2003). Pendidikan karakter untuk membangun masyarakat madani. IPPK Indonesia Heritage Foundation. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.599
Nilawati, N. (2013). Hubungan Antara Persepsi Dengan Sikap Orangtua Terhadap Paud Khairunnisa Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 33. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1451
Nugraheni, S., & Fakhruddin, F. (2014). Persepsi dan Partisipasi Orang Tua terhadap Lembaga PAUD Sebagai Tempat Pendidikan untuk Anak Usia Dini (Studi pada Orang Tua di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.3739
Nunu, S. (2017). Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 5(2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/8500
Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160–168. https://dx.doi.org/10.22460/p2m.v2i2p160-168.175
Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share : Social Work Journal, 11(1), 74. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642
Onwuegbuzie, A. J., Leech, N. L., & Collins, K. M. T. (2012). Qualitative analysis techniques for the review of the literature. Qualitative Report, 17(28), 1–28. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2012.1754
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Putri, V. D. (2012). Praktik Pengasuhan Anak Pada Keluarga Petani Peserta Bina Keluarga Keluarga Balita (BKB) Melati 3 Di Desa Nguken Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1–9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijecesedu
Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Ibu Yang Bekerja: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 127–136. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.4
Raihana, R. (2018). Urgensi sekolah PAUD untuk tumbuh kembang anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251
Rasyid, A. (2015). Partisipasi orangtua dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2(2), 10–15. https://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2538
Rasyid, A. (2016). Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2538
Ren, Y., Zhang, F., Jiang, Y., & Huang, S. (2021). Family socioeconomic status, educational expectations, and academic achievement among Chinese rural-to-urban migrant adolescents: The protective role of subjective socioeconomic status. The Journal of Early Adolescence, 41(8), 1129–1150. https://doi.org/10.1177/0272431620983459
Rochana, S., & Bungsu, M. R. (2019). Partisipasi Orang Tua Dan Tokoh Masyarakat Dalam Pendidikan Anak Usia Dini “Tunas Inspiratif†Di Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 126–132. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2571
Rohmani, N. (2020). Analisis angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : Survei pada Kelompok Bermain di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 62–72.
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201–212. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.607
Şengönül, T. (2022). A Review of the Relationship between Parental Involvement and Children’s Academic Achievement and the Role of Family Socioeconomic Status in this Relationship. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 32–57. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.04
Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 11–27. https://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma/article/view/548
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Valentinus, A. K. (2017). Aspirasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Desa Kimakama , Kec Ile Ape , Kab Lembata. Jurnal Kebijakan Pendidikan, VI(8), 862–875. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/viewFile/10311
Yamin, M., & Sanan, J. S. (2010). Panduan pendidikan anak usia dini. Gaung Press.
Zahrawanny, V. P., & Fitria, N. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Manfaat Paud Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 21–29. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.577
Zain, S. S., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Pada Keluarga Muda di Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung. Journal on Teacher Education, 2(1), 270–289. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1244