Author
Jumiatmoko Jumiatmoko(1), Upik Elok Endang Rasmani(2), Siti Wahyuningsih(3), Nurul Shofiatin Zuhro(4), Anjar Fitrianingtyas(5), Novita Eka Nurjanah(6), Bambang Winarji(7),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(7) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 425KB]
Published : 2023-06-13
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 467 times PDF Downloaded: 224 timesAbstract
Konflik moral terjadi pada guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Hal tersebut menghambat tercapainya proses dan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi komponen dan proporsi konflik moral dalam implementasi pembelajaran berbasis proyek. Konflik moral ini diidentifikasi dari guru PAUD yang telah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek (N=31), dengan masa kerja 5-18 tahun (Mmasa kerja= 9,04 Tahun). Data dikumpulkan dengan Google Form selamat 7 (tujuh) hari. Data dianalisis dengan kualitatif Content Analysis dan kuantitatif deskriptif. Sesuai urutannya, hasil kategorisasi tema konflik moral ditemukan 4 (Empat) komponen yaitu: 1) terkait dengan Anak, 2) terkait dengan guru, 3) terkait dengan teknis, 4) terkait dengan orang tua. Setiap temuan dibahas secara teoretis terkait latar belakang guru berupa status guru penggerak, guru bersertifikasi, masa kerja, dan asal lembaga. Temuan ini mendorong advokasi secara moral dan material bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek pada konteks PAUD.
Keywords
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Bailah, B. (2021). The Challenges of Motivating Principals in Implementing New Paradigm Learning. Jurnal Prajaiswara, 0(2), 92–114. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v2i2.22
Dakir, D., Mundiri, A., Yaqin, M. A., Niwati, N., & Subaida, I. (2022). The Model of Teachers Communication Based on Multicultural Values in Rural Early Childhood Education. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3460–3472. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2125
Damayanti, R. R., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2021). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602
Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 261–271. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/15184
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Forsner, M., Kvist, G. E. B. M. E., & Lützén, K. (2021). Moral Challenges When Suspecting Abuse and Neglect in School Children:A Mixed Method Study. Child and Adolescent Social Work Journal, 38(6), 599–610. https://doi.org/10.1007/s10560-020-00680-6
Fourie, C. (2015). Moral Distress and Moral Conflict in Clinical Ethics. Bioethics, 29(2), 91–97. https://doi.org/doi:10.1111/bioe.12064.
Garcia, A. S., Rosario, M., & Guzman, T. De. (2020). The meanings and ways of parental involvement among low-income Filipinos. Early Childhood Research Quarterly, 53, 343–354. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.05.013
Günther, S. L., Fleige, J., zu Belzen, A. U., & Krüger, D. (2019). Using the Case Method to Foster Preservice Biology Teachers’ Content Knowledge and Pedagogical Content Knowledge Related to Models and Modeling. Journal of Science Teacher Education, 30(4), 321–343. https://doi.org/10.1080/1046560X.2018.1560208
Haas, B. De, & Hutter, I. (2018). Teachers ’ conflicting cultural schemas of teaching comprehensive school-based sexuality education in Kampala , Uganda. Culture, Health & Sexuality, 1058(May), 1–15. https://doi.org/10.1080/13691058.2018.1463455
Hedayati, N., Kuusisto, E., Gholami, K., & Tirri, K. (2019). Moral conflicts in Iranian secondary schools. Journal of Beliefs & Values, 00(00), 1–13. https://doi.org/10.1080/13617672.2019.1618151
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37. https://publikasipips.ulm.ac.id/index.php/tmkm/article/view/428
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Jumiatmoko. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(2), 199. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i2.4033
Jumiatmoko, Rahmawati, A., Rasmani, U. E. E., & Palupi, W. (2021). Kompetensi dan Strategi Guru PAUD Profesional dalam Mengimplementasikan Teknik Pencatatan Penilaian. Jambura Early Childhood Education Journal, 3(2), 57–72. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/709
Koc, K., & Buzzelli, C. A. (2016). Turkish Teachers’ Accounts of Moral Dilemmas in Early Childhood Settings. Journal of Early Childhood Research, 14(1), 28–42. https://doi.org/doi:10.1177/ 1476718X14523751.
Koşar, G. (2021). Distance Teaching Practicum: Its Impact on Pre-Service EFL Teachers’ Preparedness for Teaching. IAFOR Journal of Education, 9(2), 111–125. https://doi.org/10.22492/ije.9.2.07
Kurniawaty, I., & Faiz, A. (2022). Konsep Dilema Etika dalam Pengambilan Keputusan: Tinjauan Pustaka dalam Modul Guru Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(3), 4862–4868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2961
Lena, M. (2014). Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Guru Terhadap Komitmen Kerja Guru SMA. Jurnal Serambi Ilmu, 17(2), 104–110. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/564
Mala, & Hatiningsih, N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Pembelajaran Berbasis. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(3), 604–610. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/3846
Marlisa, L. (2018). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 25–38. https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-03
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324
Nashtya, A. D., & Baidun, A. (2019). Pengaruh Work Family Conflict, Modalpsikologis Dan Variabel Demografis Terhadap Kinerja Guru. TAZKIYA: Journal of Psychology, 5(1), 137–150. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.8165
Oliveira dos Santos, W., Bittencourt, I. I., Isotani, S., Dermeval, D., Brandão Marques, L., & Frango Silveira, I. (2018). Flow Theory to Promote Learning in Educational Systems: Is it Really Relevant? Revista Brasileira de Informática Na Educação, 26(02), 29. https://doi.org/10.5753/rbie.2018.26.02.29
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Sari, W. A. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Sosial dan Motorik Halus Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 14–33. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.34
Satria, R., Adiprima, P., Wula, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. BSKAP, Kemdikbud.
Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/7633
Sheehan, K. J., Pila, S., Lauricella, A. R., & Wartella, E. A. (2019). Parent-child interaction and children’s learning from a coding application. Computers and Education, 140(December 2018), 103601. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103601
Suminar, U., Saabighoot, Y. A., Mashudi, E. A., Rumanta, M., & Meilya, I. R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 540–554. https://doi.org/10.5281/zenodo.7357343
Widiputera, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310
Refbacks
- There are currently no refbacks.