Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini

Winarti Winarti(1Mail), Dadan Suryana(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Winarti Winarti

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-02-07
Published : 2020-02-25

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Islam Excellent Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan Permainan Puppet Fun. Permainan Puppet Fun berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Islam Excellent Bukittinggi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil Kemampuan Membaca anak di kelas eksperimen yang menggunakan Permainan Puppet Fun lebih tinggi (82,6) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan Majalah (72,3) karena pembelajaran menggunakan permainan Puppet Fun memberikan gambaran konkrit berupa buku menjadi 3 dimensi untuk pembelajaran membaca anak membantu anak mengenal huruf dan memahami maknanya.


Keywords


permainan puppet fun; kemampuan membaca; anak usia dini

References


Amelin, R., Ramadan, S. and Gani, E. (2019) ‘Memahami Bahasa Anak Usia 14 Bulan melalui Unsur “Non-Linguistik”’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 146. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.155.

Ananda, R. and Fadhilaturrahmi, F. (2018) ‘Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), pp. 20–26. doi: 10.31004/obsesi.v2i1.3.

Daryanto (2016) ‘Media Pembelajaran’, Yogyakarta: Gava Media.

Erniawati, P. (2018) ‘Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Big Book (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Panggarangan Lebak Banten)’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 51–60. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Fajriah, Z. (2015) ‘Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar ( Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat Tahun 2015 )’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), pp. 107–126. doi: 10.1109/MRA.2014.2360283.

Hemah, E. (2018) ‘Meningkat Kemampuan Bahasa Anak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 1–14. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Lestari, I. (2018) ‘Analisis Awal Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 13(2), pp. 165–177.

Madyawati, L. (2017) Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.

Mayasari, D. and Ardhana, N. R. (2018) ‘Publikasi Bentuk Fungsi dan Kategori SintaksisTuturan Masyarakat Manduro sebagai Pendukung Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), p. 51. doi: 10.31004/obsesi.v2i1.7.

Medayanti, E. and Saridewi, S. (2019) ‘Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak dengan Puppet Fun di Taman Kanak-kanak’, Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(1), pp. 72–76. doi: 10.5281/zenodo.2569974.

Mutiawati, Y. (2018) ‘Peningkatan Kemampuan Membaca pada Anak Usia 5 Tahun melalui Permainan Snake and Ladder’, Jurnal audi, 5(1), pp. 47–62.

Nahdi, K. and Yunitasari, D. (2020) ‘Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), pp. 434–441. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.372.

‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137’ (2014).

Putri, R. E. and Iswari, M. (2018) ‘Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita’, Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), pp. 178–185.

Rahmatika, P., Hartati, S. and Yetti, E. (2019) ‘Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), pp. 548–560. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.260.

Roza, D., Nurhafizah, N. and Yaswinda, Y. (2020) ‘Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak’, 4(1), pp. 277–283. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.325.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y. and Karnadi, K. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), pp. 518–526. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.256.

Salmiati and Samsuri (2018) ‘Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok A PAUD di Kabupaten Aceh Besar’, Jurnal Buah Hati, 5(2), pp. 118–126.

Setiawati, P. A. S., Tegeh, M. and Ujianti, P. R. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di Gugus VII’, e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), pp. 169–178.

Suggate, S. P., Schaughency, E. A. and Reese, E. (2013) ‘Early Childhood Research Quarterly Children learning to read later catch up to children reading earlier’, Early Childhood Research Quarterly. Elsevier Inc., 28(1), pp. 33–48. doi: 10.1016/j.ecresq.2012.04.004.

Suhartini, Y. and Laela, A. (2018) ‘Meningkatkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini melalui Pengenalan Hewan di TK Pelita Kota Bandung’, Jakarta: Kharisma Putra Utama., 2(2), pp. 43–50. doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.6.

Susanto, A. (2011) ‘Perkembangan Anak Usia Dini’, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulfah, A. A. and Rahmah, E. (2017) ‘Pembuaatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang’, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(1), pp. 28–37.

‘Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003’ (no date). doi: 10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004.

Warner, P. (1993) Kids’ Party Games and Activities. New York.

Wondal, R. (2019) ‘Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karya Wisata (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelompok B TK Charis Kota Ternate Tahun Ajaran 2014/2015)’, Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), pp. 1–14. doi: DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.01.

Yumi, M., Atmazaki and Gani, E. (2019) ‘Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana : Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), pp. 191–198. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.162.


Article Metrics

 Abstract Views : 173 times
 PDF Downloaded : 54 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.